Tips Atasi Masalah MIUI 11 | Droidinside

Tips Atasi Masalah MIUI 11

  • 3 min read
  • Okt 01, 2020
masalah miui 11 xiaomi

Apakah ponsel Xiaomi kamu sudah update ? Setelah update apakah ada masalah MIUI 11 yang menyerang ?

Bagi admin yang menggunakan Xiaomi yang sudah berumur beberapa tahun. Dan kamu juga yang mendapatkan MIUI 11 seharusnya sih bangga. Soalnya, brand dengan nama Beras Kecil ini masih ngasih dukungan ke ponsel yang terbilang jadul terpaut beberapa tahun sejak kemunculan. Antarmuka ini bahkan disematkan pada ponsel Xiaomi yang baru juga seperti lahirnya seri Redmi ke 8 dan ke 9 .

Seri Redmi ke 4, 5, 6 dan 7 merupakan ponsel yang mendapatkan update MIUI 11. Meskipun proses update tidak serentak namun banyak juga yang ingin mencicipi pembaruan ini. Ponsel admin sendiri, Redmi 4X juga mendapatkannya.

Pembaruan MIUI 11 yang dinanti-nanti sebenarnya kuncinya ada pada berbagai fiturnya. Salah satunya fitur mode hitam yang bahkan tersedia menyaingin Android 10. Tampilan serba gelap ini memberikan kamu kesan yang lebih fresh dari MIUI sebelumnya.

Tampilan icon dan tata letak ikon yang baru juga memanjakan kamu. Misalnya ikon volume yang biasanya diatas akan berubah disamping dengan bentuk yang lebih kekinian. Fitur membuka kunci dengan suara mungkin juga menjadi primadona mengapa ditunggu update MIUI 11 ini.

Namun, setelah update ada beberapa ponsel yang mengalami masalah MIUI 11. Apa saja hal yang membuat orang enggan memperbarui ponsel Xiaomi mereka ? Lantas adakah solusi untuk masalah tersebut ?

Beberapa Masalah MIUI 11

Secara singkat ini beberapa masalah yang banyak user temukan setelah mengupdate Xiaomi mereka ke MIUI 11:

  • Baterai Boros. Biasanya Screen On Time (SOT) waktu penggunaan baterai lebih lama menjadi lebih singkat. Mungkin beberapa pengguna merasakan penggunaan baterai berkurang 1/4 dari versi MIUI sebelumnya.
  • Ponsel Panas. Atau bisa menjadi lebih hangat dari sebelumnya.
  • Aplikasi Menutup Sendiri. Terjadi pada aplikasi bawaan seperti kalkulator dan perekam layar
  • Penggunaan Lag/ Kurang Smooth Apalagi Untuk Game Lebih Parah. Terjadi penurunan performa yang mungkin disebabkan oleh kondisi suhu ponsel yang panas

Tips Atasi Masalah MIUI 11

Menurut pengalaman yang admin tahu, beberapa tips dibawah ini mungkin bisa menyelesaikan masalah MIUI 11 sehingga ponsel Xiaomi kamu bisa kembali seperti semula penggunaannya. Rangkaian cara dibawah ini bisa dilakukan satu-persatu atau dengan kombinasi sampai keseluruhannya diterapkan:

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Dengan melakukan penghapusan semua data sistem/reset Xiaomi ke kondisi awal, maka sistem tidak perlu melakukan penyesuaian terhadap aplikasi atau file dalam penyimpanan setelah update. Menghapus data akan mempercepat proses sistem beradaptasi terhadap file yang belum baru.

Proses adaptasi sistem ini yang seringkali menyebabkan Hp menjadi panas dan boros baterai serta aplikasi sering force close. Namun cara ini kurang menyenangkan karena file penting dalam penyimpanan harus dicadangkan termasuk akun dan lainnya.

Mematikan Fitur Penghemat Baterai

Saat kamu ingin bermain game dengan antarmuka MI baru, penghemat baterai akan mencoba menekan aplikasi agar tidak berjalan menghabiskan daya. Hal ini merupakan masalah MIUI 11 yang membuat bermain game menjadi Lag atau kurang lancar.

Kamu bisa menggunakan fitur ini ketika sedang tidak digunakan untuk bermain game. Karena menurut admin, penghemat baterai MIUI 11 dengan versi sebelumnya berbeda. Dengan menghidupkan penghemat baterai saat ponsel tidak sering digunakan, ini akan mengatasi masalah baterai yang boros.

Penghemat baterai bisa dinonaktifkan pada Quick Access dengan mengusap layar dari atas kebawah. Untuk penghematan baterai Aplikasi bisa disetel juga. Buka aplikasi Keamanan – Baterai & Performa – Penghemat Baterai Aplikasi. Lalu pilih “tidak ada pembatasan” pada Game yang kamu mainkan.

Mematikan Beberapa Fitur Ponsel Dengan MIUI

Fitur-fitur dibawah ini seringkali dapat menyebabkan baterai menjadi boros. Meskipun dapat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan dan membuat tampilan antarmuka menjadi keren, namun kamu perlu memikirkan untuk menggunakannya. Berikut beberapa fiturnya:

  • Bola Pintas
  • Balasan Cepat
  • Tampilan Ambient
  • Sinkronisasi Otomatis
  • Game Booster

Pada menu Setelan, kamu bisa mencari kata kunci tersebut. Pastikan dinonaktifkan saja karena akan mempengaruhi daya. Khusus untuk sinkronisasi otomatis bisa kamu aktifkan lewat Panel Quick Access dibagian atas layar saat digunakan. Karena berjalan latar belakang, bisa dipastikan ini menguras baterai.

Untuk mengatasi masalah MIUI 11 yang panas, kamu bisa mematikan Game Booster yang biasanya otomatis menambahkan game favorit. Pada Menu Keamanan – Game Turbo (dibagian bawah) bisa kamu hapus saja aplikasi game yang ada disana.

Mengaktifkan Opsi Pengembang Dan Mengubah Parameter

Dengan mengetuk 7 kali pada versi MIUI di Setelan, Opsi Developer akan aktif. Lalu ubah setelan dalam developer sebagai berikut:

  • Matikan Optimisasi MIUI
  • Batas Proses Latar Belakang : Tidak ada Batas
  • Preferensi Driver Game: Klik Game pilihan dan Pilih Driver Game
  • Hidupkan Paksa 4x MSAA
  • Aktifkan Paksa Rendering GPU

Tinggalkan Komentar!