Tips Agar Anak Tidak Kecanduan HP

  • Mimin Droid
  • Agu 10, 2022

Tips agar anak tidak kecanduan hp merupakan cara yang perlu dilakukan tidak hanya oleh orang tua, kita sendiri yang sudah beranjak dewasa harus mulai memikirkan hal tersebut. Karena kecanduan hp merupakan salah satu hal yang mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak.

Ada banyak metode dan pilihan yang bisa kalian pilih untuk mengatasi agar anak tidak kecanduan hp. Tetapi tidak semua metode bisa diterapkan ke setiap anak, butuh kesabaran dan keuletan dari kita sendiri, dan kita juga harus mencoba dengan berbagai metode yang cocok untuk kepribadian anak tersebut.

Lalu! Bagaimana metode atau tips agar anak tidak kecanduan hp, berikut droidinside sampaikan dengan sederhana dan bisa dipahami oleh keluarga dan tentunya kita sendiri.

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan HP

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan HP

Berikut adalah beberapa tips agar anak tidak kecanduan hp, beberapa mungkin bisa kalian terapkan, menyesuaikan dengan kepribadian anak itu sendiri.

Contoh yang baik

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah, menjadi pribadi dan contoh yang baik, supaya kalian tidak di counter balik oleh anak itu sendiri, kalau anak tidak boleh terlalu sering menggunakan hp, maka kita juga harus bisa kontrol penggunaan hp tersebut saat kita bersama anak atau adik kecil kita.

Jauhkan HP sembarangan

Anak dapat menggunakan hp karena sering melihat kita menggunakan hp tersebut, maka untuk dapat menghindari hal tersebut, hindarilah menaruh hp/ponsel yang mudah diambil atau mudah dilihat oleh anak.

Batasi Penggunaan HP

Jika HP digunakan untuk pembelajaran, maka batasi penggunaan ponsel atau HP seketat mungkin, batasi penggunaan hp di luar kegiatan sekolah. Atau dampingi anak ketika sedang menggunakan ponsel.

Dampingi Anak

Jika ada waktu senggang, cobalah untuk mendampingi anak saat sedang menggunakan hp, arahkan mana aplikasi yang baik dan jauhkan lalu ajarkan jika aplikasi tersebut belum dapat digunakan oleh anak seumuran dia.

Berikan Mainan anak

Untuk mengurangi ketergantungan pada hp, cobalah belikan anak kamu mainan yang dapat mengasah kecerdasan atau mainan yang bisa membuat anak tersebut betah untuk bermain sendiri, seperti mobil-mobilan, puzzle, lego dll

Ajak Bermain dan Terapkan Pengasuhan Jaman Dulu

Ajak dan temani anak untuk bermain, temani anak dan bangun imajinasi anak untuk dapat berekspresi dengan baik, luangkan waktu lebih banyak untuk anak, karena kita dapat melihat perkembangan anak kita sendiri dengan bahagia.

Sewa Pengasuh

Jika Ibu dan Ayah sibuk bekerja maka cobalah untuk menyewa jasa asuh anak, jangan biasakan ditinggal sendiri, jangan biarkan anak kamu diasuh oleh hp atau smartphone. Bila memungkinkan cobalah untuk memasang CCTV untuk membantu kamu mengawasi anak dan pengasuhnya

Bersikap Tegas dan konsisten

Memang sikap tegas terkadang membuat anak menjadi tantrum, sulit sebenarnya tapi demi masa depan anak itu sendiri cobalah untuk tegas, jangan sampai iba.

Konsultasi ke Profesional

Jika cara-cara diatas belum juga menyelesaikan masalahmu, cobalah untuk konsultasi ke orang yang profesional seperti dokter atau psikolog anak. Coba diskusikan hal tersebut untuk mendapatkan solusi yang terbaik

Demikian tips agar anak tidak kecanduan hp semoga bermanfaat 😀

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.