Mengatasi Tidak Bisa Split Screen Di MIUI 12

  • 3 min read
  • Agu 30, 2021
tidak bisa split screen di miui 12

Sebagian pengguna ponsel Xiaomi kentang, tidak bisa Split Screen di MIUI 12. Maksudnya kentang seperti halnya Redmi 9A dan Redmi 9C yang versi softwarenya 32 bit. Sehingga fungsinya tidak bisa maksimal. Meskipun kedua ponsel tersebut kentang, tapi gak juga sih karena worth it to buy dibanding penantang dikelas harga yang sama.

Kejadian tidak bisa Split Screen di MIUI 12 dialami juga pada ponsel Xiaomi dengan versi RAM paling kecil dari jajarannya. Misalnya Redmi 9 versi RAM 3GB dan Redmi Note 9 untuk versi RAM 4GB. Keduanya bakalan gak bisa untuk mengaktifkan fungsi sistem tersebut setelah update ke MIUI 12.

Padahal Redmi Note 9 pada posisi MIUI 11 (sejak lahir) bisa menggunakan Split Screen dengan lancar. Tapi setelah update menjadi agak sulit untuk menggunakan fungsi layar belah tersebut. Ini juga terjadi pada ponsel Xiaomi generasi sebelumnya yang masuk ke kategori hampir Low-End. Fitur-fitur disunat untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Seperti halnya informasi pembaruan MIUI 12 yang memang tertera dengan jelas pada kolom Sistem. Masuk kategori perbaikan, beberapa fitur yang tidak penting akan menjadi tidak tersedia untuk sementara karena perlunya perbaikan dan pengoptimalan. Info tersebut dimungkinkan karena Xiaomi ingin pengguna tidak merasakan Lag atau kurang Smooth dalam penggunaan ponsel setelah update. Nyatanya memang harus memangkas beberapa fitur yang sebenarnya dinilai penting.

Biasanya Split Screen bisa diakses langsung dengan tombol Recent Apps, kemudian tekan dan tahan sebuah aplikasi. Ikon Split Screen langsung muncul dan bisa dieksekusi untuk membagi layar menjadi dua dan bisa multitasking untuk dua aplikasi.

Lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa Split Screen di MIUI 12 atau setelah update ke versi tersebut? Droidinside akan berikan caranya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Split Screen Di MIUI 12

Jangan panik dulu ketika di Recent Apps kamu tidak bisa menekan aplikasi untuk masuk mode Split Screen. Umumnya fitur ini masih ada kok tapi sedikit tersembunyi. Kamu perlu mengaktifkannya dengan membuka:

  • Setelan (bisa dibuka dari menu layar utama, atau dari akses cepat usap layar dari atas lalu tekan tombol Gear)
  • Pilih Setelan Tambahan
  • Pintasan Tombol
  • Buka Layar Split
  • Pilihlah tombol untuk membuka Layar Split dari pilihan yang ada (tombol Beranda, Menu, Kembali) yang ditekan lama
  • Setelah aktif, bukalah sebuah aplikasi
  • Tekan tombol untuk membuka Layar Split
  • Layar akan terbagi menjadi dua alias layar belah bisa aktif
    miui 12 tidak bisa split screen

Kamu juga bisa langsung cari pada kolom pencarian Setelan dibagian atas. Ketikkan Layar Split. Lalu pilih menu Buka Layar Split. Pilih tombol yang sesuai. Pastikan tombol tidak digunakan oleh fungsi lainnya. Karena jika kamu pilih nanti akan dialihkan fungsi. Sebagai alternatif mengatasi tidak bisa Split Screen di MIUI 12.

Itu adalah langkah untuk membuka Split Screen pada ponsel Xiaomi seri 7,8,9 yang telah update ke MIUI 12. Untuk kategori versi RAM yang paling kecil. Soalnya kasus Redmi Note 9 yang pake RAM 6 dan 8 GB tidak mengalami kehilangan fungsi Split Screen pada Recent Apps. Memang RAM kentang agak dianak tirikan sama Xiaomi.

Mengatasi Tidak Bisa Split Screen Di MIUI 12 Redmi 9A dan 9C (A Series)

Untuk kedua ponsel ini dan juga seri 9 kebawah dengan tipe A biasanya menggunakan sistem operasi android 32 bit. Yang membuatnya memang jadi kentang dan tidak bisa menggunakan fitur Xiaomi secara maksimal (dalam kasus ini Split Screen).

Untuk cara Split Screen di Redmi 9A dan 9C cukup mudah. Hanya tinggal instalasi aplikasi yang sesuai untuk layar belah. Instal aplikasi Split Screen dari Play Store. Kamu akan diminta mengaktifkan aksesibilitas dan menambah tombol untuk bisa Split Screen pada ponsel tersebut.

Karena pada tipe ponsel ini kamu tidak akan menemukan Setelan untuk membuka fitur layar belah. Mau tidak mau harus instalasi aplikasi pihak ketiga untuk memperlancar penggunaan fitur multitasking ini.

Penutup

Sepertinya cukup mudah ya mengatasi tidak bisa Split Screen di MIUI 12 ? Sebagian bisa dibuka lewat pengaturan yang tersembunyi. Dan yang kentang banget harus instal aplikasi tambahan. Beberapa pengguna juga mengalami masalah bug ketika mengaktifkan Split Screen. Perlu untuk menunggu pembaruan versi MIUI untuk lebih stabil dalam penggunaan Split Screen. Semoga infonya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *