Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Play Store

  • 3 min read
  • Okt 01, 2021
tidak bisa instal aplikasi di play store

Droidinside memberikan beberapa tips untuk kamu yang tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Seringkali muncul beberapa pesan Error dengan angka yang menunjukkan masalah yang terjadi. Tanpa memperhatikan berbagai jenis pesan Error tersebut, kamu bisa coba beberapa tips dari admin dibawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Play Store

Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan aplikasi Play Store sendiri hingga pada penyimpanan ponsel kamu. Saat menggunakan penyedia aplikasi dari Google ini, koneksi internet atau kecepatan data juga berpengaruh pada proses instalasi aplikasi yang diunduh. Sehingga apabila ada masalah disitu, kamu tidak bisa instal aplikasi di Play Store.

Tidak bisa instal aplikasi di Play Store meliputi: aplikasi tidak muncul pada pencarian, terdapat notifikasi bahwa aplikasi tidak kompatibel, proses download terhenti, loading yang lama, hingga berbagai masalah yang memunculkan kode angka/Error pada aplikasi Play Store.

Sebelum menuju ke solusi, ada baiknya kamu menggunakan koneksi Wifi yang cepat. Untuk menghindari loading lama maupun proses unduhan yang terjeda karena koneksi internet (ini juga merupakan salah satu kuncinya). Selanjutnya beberapa solusi tersebut adalah:

1. Menghidupkan Ulang/Restart Ponsel

Jika ada masalah dalam instalasi aplikasi di Play Store, cobalah cara pertama ini dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali ponsel android. Proses ini sebagian akan menghapus Cache aplikasi yang mungkin bermasalah sehingga menahan proses instalasi.

2. Play Store Perlu Di Update

Jika Play Store posisinya masih lawas, pengoperasian aplikasi tidak akan sempurna. Seperti gambar tidak dimuat sempurna, loading terus menerus, meskipun aplikasi bisa dicari dan diketuk Instal/Pasang.
Perlu kamu ketahui bahwa secara otomatis aplikasi Play Store akan meng-update dirinya ke versi yang paling baru. Ini berlaku untuk koneksi data seluler maupun Wifi. Biarkan Play Store update sendiri ditandai dengan loading lingkaran pada layar. Jika koneksi internet lancar seperti dipersyaratkan diatas, tidak bisa instal aplikasi di Play Store karena stuck bisa teratasi.

Adapun jika ponsel kesulitan mendapatkan pembaruan Play Store, kamu bisa melakukan update sendiri:

  • Buka Play Store
  • Ketuk 3 garis pojok kiri atas (karena versi Play Store masih lawas)
  • Setelan
  • Klik Versi Play Store
  • Dalam beberapa waktu, aplikasi akan diperbarui secara otomatis

Jika masih belum menunjukkan bisa dipakai, bisa update manual. Dengan membuka browser seperti Chrome. Ketikkan pencarian: Apkmirror lalu unduh Play Store. Lengkapnya:

  • Kunjungi apkmirror.com
  • Klik tombol pencarian/lup
  • Ketikkan Play Store lalu enter
  • Unduh salah satu versi aplikasi Google Play Store (disarankan paling baru)
  • Instal hasil unduhan, dan perbarui versinya

3. Hapus Cache Dan Data Aplikasi Play Store

Cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store selanjutnya adalah membersihkan aplikasi tersebut karena dinilai terjadi Error. Langkanya:

  • Buka pengaturan atau setelan ponsel android kamu
  • Cari atau pilih menu manajemen seluruh aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi terinstal
  • Pilih Play Store
  • Hapus Cache dan Data aplikasi penyimpanan yang dimilikinya

Setelah kamu menghapus data, aplikasi Play Store. Tunggu beberapa saat , lalu lanjutkan memasang aplikasi lagi.

Lewat pengaturan aplikasi tersebut, ada pilihan untuk copot pembaruan (pembaruan pemasangan). Pilihan ini bisa kamu ketuk untuk mengembalikan Play Store ke versi semula ketika belum update. Selanjutnya lakukan tutorial nomor 2 diatas untuk kembali memperbarui aplikasi ini. Soalnya kalau tidak update, Play Store tidak bisa berjalan semestinya. Proses ini adalah melakukan instalasi ulang aplikasi tersebut sehingga jika ada masalah/Error bisa teratasi akibat penggunaan aplikasi yang lama.

4. Melegakan Penyimpanan Internal Ponsel (Hapus Data Dan Aplikasi)

Biasanya proses instalasi macet karena sistem bingung, karena penyimpanan tidak mencukupi. Hingga berujung tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Padahal ada sisa beberapa ratus MB penyimpanan internal. Perlu kamu ketahui bahwa sistem masih membutuhkan ruang memori untuk aplikasi kedepannya. Untuk mengatasi kekurangan ruang, sistem akan membiarkan ruang kosong tapi akan digunakan di kemudian waktu.

Masalah ini ditandai dengan tidak cukup ruang, atau proses instalasi muter terus tidak selesai. Solusinya adalah kamu pindahkan data di penyimpanan internal atau dihapus sehingga lebih lega.

Gak cuma itu sih, hapus/copot pemasangan aplikasi lain dari Play Store juga harus dilakukan untuk melegakan penyimpanan. Pastikan aplikasi yang dihapus tersebut tidak terpakai. Ruang kosong yang diprediksi bakal dipakai sebuah aplikasi akan menjadi benar-benar tidak digunakan sistem dan kamu bisa menempatkan aplikasi lain untuk diinstal.

5. Instal Aplikasi Dari Penyedia Lain

Telah disebutkan ada APKMirror ditambah APKPure, QOOApp, GETApk dan lain sebagainya bisa jadi alternatif. Cari dan unduh aplikasi dari sumber selain Play Store tersebut. Aplikasi yang tidak muncul di Play Store, tetap bisa kamu cari pada penyedia tersebut. Meskipun ponsel kamu tidak kompatibel

6. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Hal ini untuk mengatasi ruang penyimpanan yang penuh sehingga tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Padahal semua file udah dihapus, aplikasi tidak penting juga sama. Namun masih saja penyimpanan tidak mencukupi. Lakukan Reset dari pengaturan ponsel kamu. Simpan data penting ke memori eksternal, jangan lupa Log Out akun Google dan matikan sandi dahulu baru Reset.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Langkah kecil berhubungan dengan sistem dan tentunya utak-atik sedikit aplikasi Play Store. Pastikan koneksi internet kamu cepat dan tersedia penyimpanan yang cukup ketika ingin menambah sebuah aplikasi dalam ponsel android. Solusi-solusi diatas juga bisa kamu terapkan jika proses unduhan di Play Store tertunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *