Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Play Store

  • 3 min read
  • Okt 29, 2021
tidak bisa download play store

Droidinside berbagi cara mengatasi tidak bisa download Play Store yang terjadi di ponsel android kamu. Sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai aplikasi didalamnya yang bisa diunduh kemudian diinstal. Play Store umumnya ada di ponsel android yang punya layanan Google.

Seringkali pas kita mencari aplikasi atau game di Play Store, ada error atau entah mengapa tidak bisa untuk Download. Muter terus atau ada tulisan error tertentu yang bikin kesel. Untuk itu, artikel ini akan membahas penyebab dan cara mengatasi tidak bisa download Play Store. Lakukan satu persatu dan simak ya.

Penyebab Tidak Bisa Download Play Store

Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah di aplikasi Play Store saat ingin download game misalnya. Tidak perlu panik, karena beberapa masalah tersebut disebabkan oleh hal-hal ini:

1. Koneksi Internet Lemot

Yang paling sering menjadi masalah mengapa tidak bisa mengunduh aplikasi di Play Store adalah koneksi internet. Umumnya kalau internet lemot, buka Play Store aja ngadat alias loading terus. Apalagi pas digunakan untuk mengunduh aplikasi tertentu. Loadingnya jadi lama terus tiba-tiba instalasi gagal.

Pastikan koneksi internet kamu bagus, agar bisa download aplikasi. Karena Play Store butuh koneksi yang cepat agar bisa dibuka dengan lancar.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Dan Penyimpanan Penuh

Meskipun tidak ada notifikasi penyimpanan penuh, instal aplikasi akan terjadi error atau loading tidak kunjung selesai. Jika kamu terlalu banyak memasang aplikasi di hp, maka memori yang dibutuhkan juga semakin besar. Jika penyimpanan tidak cukup, Play Store akan muter terus atau muncul error tertentu.

Spesifikasi hp kamu yang rendah juga berpengaruh. Padahal cuma instal sedikit aplikasi tapi sudah penuh saja, itu sering terjadi karena spesifikasi ponsel yang kurang tinggi.

3. Play Store Tidak Update

Penyebab paling umum tidak bisa download Play Store adalah ponsel sudah cukup jadul. Sehingga ketika pertama kali mau instal aplikasi, Play Store macet atau kosong saat dibuka. Jika terlalu lawas akan sering terjadi masalah seperti lemot dibuka, loading terus, dan tidak bisa tidak bisa download di Play Store.

Mengatasi Tidak Bisa Download Play Store

Setelah tahu beberapa penyebabnya, sekarang kita lakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut. Cara dibawah ini pastinya mudah dan bisa kamu lakukan sendiri:

1. Restart Atau Menghidupkan Ulang Hp

Cara pertama yang biasanya cukup manjur adalah mematikan ponsel lalu menghidupkan lagi kemudian coba download aplikasi di Play Store. Ponsel akan menjadi fresh atau seperti sedia kala. Masalah ini muncul karena seringkali ponsel tidak pernah dimatikan dalam waktu yang lama. Istilahnya hp nya capek jadi perlu dimatikan terlebih dahulu.

2. Pindah Pakai Koneksi Yang Cepat

Cek dulu koneksi hp kamu dengan nonton Youtube. Kalau gak lancar, berarti koneksi lemot dan ini berpengaruh pas mau instal aplikasi. Ganti ke kartu yang koneksinya lebih cepat atau menggunakan Wifi kenceng. Bisa minta tethering wifi ke hp temen kamu yang koneksinya bagus.

Tapi ingat kalau udah terkoneksi Wifi, semua aplikasi di Play Store akan update secara otomatis. Ini bisa jadi masalah, kalau kamu instal aplikasi bakalan nunggu yang update selesai. Matikan dulu proses update aplikasi secara otomatis. Bisa klik tombol X di pemberitahuan ponsel. Kalau udah bersih, barulah coba download aplikasi lagi pake wifi kenceng ini.

3. Melegakan Penyimpanan

Ada dua cara mengatasi tidak bisa download Play Store, pertama yaitu copot pemasangan atau hapus aplikasi yang tidak berguna. Aplikasi meskipun kecil, dia butuh namanya penyimpanan juga. Jadi misal aplikasi ukurannya hanya beberapa MB. Setelah terinstal ukurannya bisa membengkak, apalagi semakin lama dipakai ukurannya semakin besar.

Kedua dengan memindahkan file ke penyimpanan eksternal seperti kartu memori. Bisa juga menghapus file agar memori lebih lega. Biasanya file video dan foto yang terlalu banyak perlu dihapus. Sehingga memori akan tersedia lebih banyak dan mengatasi tidak bisa download Play Store.

4. Hapus Cache Dan Data Play Store

Langkahnya adalah:

  • Buka pengaturan atau setelan di hp kamu
  • Cari pengelola aplikasi, untuk membuka daftar semua aplikasi
  • Pilih Play Store
  • Klik pada Hapus Cache/Tembolok
  • Hapus semua Data aplikasi juga
  • Play Store akan kembali seperti semula

Setelah itu, tunggu Play Store melakukan update dan pengunduhan data sendiri. Barulah ketika sudah update bisa digunakan untuk unduh aplikasi lagi. Karena setelah aplikasi ini dihapus datanya, dia kembali versi yang lawas kemudian harus kembali ke versi terbaru. Karena Play Store tidak bisa berjalan lancar kalau bukan versi terbaru.

Penutup

Untuk mengatasi tidak bisa download Play Store, karena versinya masih lawas. Lakukan dibawah ini untuk memperbarui versinya:

  • Buka Play Store
  • Klik 3 garis bagian kiri (versi yang lawas masih ada)
  • Setelan
  • Tekan pada versi Play Store
  • Aplikasi akan update dengan sendirinya

Informasi tentang penyebab dan cara mengatasi masalah unduhan di Play Store mudah dipahami kan? Cara-cara diatas paling umum dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah Play Store lainnya juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *