Mengatasi Sinyal Redmi Note 9 Hilang Kadang Muncul

  • Droidinside
  • Mar 07, 2022

Apakah kamu sebagai pengguna mengalami sinyal Redmi Note 9 hilang dan terkadang muncul lagi? Kejadian ini mungkin tidak sedikit dialami oleh mereka yang membeli ponsel ini. Jika dihitung-hitung, umur ponsel ini sudah memasuki 2 tahun sejak postingan ini dirilis.

Yang menjadi kurang mengenakkan, sinyal ponsel Xiaomi dengan chipset Mediatek Helio G85 ini hilang tanpa sebab yang jelas. Jadi beberapa pengguna merasakan, sinyal ada dan full untuk 2-3 hari. Kemudian di hari selanjutnya, sinyal hilang 1 sampai seharian penuh. Hari selanjutnya sinyal aman-aman saja. Pada beberapa kesempatan, sinyal menjadi sangat lemah. Batang sinyal hanya 1-2 saja menyebabkan sulit untuk mengakses internet dari data seluler.

Dari pengalaman pengguna, kejadian tersebut sering menimpa mereka. Bahkan ada yang sampai 1 minggu sinyal lemah dan selanjutnya 2-3 hari saja sinyalnya normal. Jadi dalam periode beberapa waktu sekali, sinyal jadi hilang dengan tanda X dan sebagian sinyal jadi sangat lemah (1-2 batang saja). Kira-kira apa penyebabnya ya?

Penyebab Sinyal Redmi Note 9 Hilang Kadang Muncul Lagi

Dilansir dari mereka yang menggunakan ponsel yang cukup keren ini karena bisa mendengarkan radio tanpa headset. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa sinyal ponsel ini lemah dan bahkan hilang dalam beberapa waktu. Pengalaman yang mereka dapatkan admin Droidinside rangkum di bawah ini:

  • Update ke MIUI 12.5 atau Android 11. Salah masalah mengapa sinyal Redmi Note 9 hilang dan lemah hanya 1-2 bar adalah pembaruan perangkat lunak ini. Ya meskipun hal ini tidak dirasakan oleh sebagian besar pengguna, bug software ini dimungkinkan jadi penyebab masalah.
  • Hp pernah jatuh. Antena internal penerima sinyal sepertinya cukup letoy, lemah dan lebay milik Xiaomi kayaknya nih. Beda dengan produk pendahulunya yang sampai di bontang banting atau jatuh gak sengaja masih aman aja. Walau retak layar sehelai gak ngaruh ke sinyal. Dari beberapa info yang admin dapat, memang kayaknya sinyal lemah atau hilang ini terjadi pada pengguna yang hp nya pernah jatuh. Lalu apakah ada solusi untuk mengatasi hal ini? Simak penjelasannya dibawah.

Cara Mengatasi Sinyal Redmi Note 9 Hilang Kadang Muncul Kembali

Beberapa penyebab udah kamu ketahui. Sekarang tinggal rekomendasi solusi yang diperlukan. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan sinyal tersebut:

Menggunakan Hanya SIM 1 Saja

Salah satu yang admin temukan, sinyal lemah atau hilang pada ponsel Xiaomi ini terjadi pada banyak pengguna yang menggunakan semua slot SIM hp mereka. Jadi trik untuk mengatasi sinyal hilang yaitu:

  • Hidupkan Mode Pesawat
  • Matikan ponsel
  • Buka kartu SIM, gunakan hanya SIM 1 saja
  • Hidupkan ponsel kembali
  • Setelah itu matikan Mode Pesawat
  • Tunggu hingga sinyal muncul pada SIM 1 cukup bagus
  • Barulah hidupkan Mode Pesawat kemudian masukkan SIM 2

Downgrade Versi MIUI

Cara mengatasi sinyal Redmi Note 9 hilang atau ndut-ndutan kadang lemah kadang biasa. Yaitu menurunkan versi MIUI. Sebagian yang mengalami sinyal lemah dikarenakan habis update. Jadi solusinya kamu bisa menurunkan versi Android menjadi kembali ke 10. Melalui metode Rename atau mengganti nama file seperti tutorial Downgrade MIUI 12.5 ke 12 yang pernah admin jelaskan.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Sebenarnya dengan kamu Downgrade versi MIUI itu udah wajib Wipe Data. Sama seperti kembali ke pengaturan pabrik sih. Beberapa pengguna merasakan dengan reset ke pengaturan pabrik, sinyal Redmi Note 9 hilang menjadi kembali normal. Hal ini mungkin disebabkan ada error dalam sistem yang menyebabkan sinyal tidak stabil.

Garansikan Ke Servis Resmi Atau Bawa Ke Tempat Servis Terpercaya Lain

Kalo ponsel Redmi Note 9 masih dalam masa garansi, setidaknya sebelum 15 bulan setelah pembelian. Coba untuk membawa hp bermasalah ke MI Service Center terdekat di kota kamu. Jika hp masih bagus, bakalan dikasih garansi kalau sebaliknya untuk biaya mungkin dikenakan cukup mahal sesuai diagnosa.

mengatasi sinyal redmi note 9 pro dan biasa lemah atau hilang

Kalau ke servis diluar resmi, mengatasi sinyal Redmi Note 9 hilang kemudian muncul beberapa hari ini paling mahal sekitar 300 ribuan. Yaitu mengganti IC WTR atau IC sinyal, sebuah IC yang ada dalam penerima sinyal Radio. Kalau bukan bermasalah disitu, berarti pada penggantian antena penerima sinyal saja dan biayanya tidak lebih dari sekitar 100 ribu. Ya tergantung diagnosis kerusakan yang terjadi.

Keduanya juga bisa jadi jalan untuk kamu dalam melakukan Downgrade versi MIUI. Dikarenakan perubahan sinyal terjadi setelah update. Bagi yang ragu takut bootloop atau hp nya mati bisa dibawa ke tempat servis untuk melakukannya.

Penutup

Coba hp Redmi Note 9 kamu diubah pengaturan sinyalnya ke prioritas 3G. Karena sebagian ada yang merasakan sinyalnya jelek di 4G dan lancar di 3G. Menggunakan setelan jaringan ini agak lama baru kembalikan ke LTE lagi. Untuk pengecekan lebih lanjut, coba juga aktifkan mode 2G saja untuk melihat sejauh mana masalah sinyal Redmi Note 9 hilang atau muncul ini bisa dideteksi untuk diperbaiki.

Post Terkait :

6 thoughts on “Mengatasi Sinyal Redmi Note 9 Hilang Kadang Muncul

  1. Kenapa yah kalo di kota jaringanku 4gnya kadang hilang jadi h+, stelah di apdet, trus kalo di kampungku 4gnya hilang jadi edge, jika di search manual jaringan dapat 4g trus tiba2 hilang lagi jadi edge, pdahal sebelumnya hpku di kampung dapat 4g, mohon arahannya min

  2. Udah coba tpi tetap aja sinyal nya gak balik tpi klo di tempat tertentu sinyal nya enak padahal temen di samping bagus aja sinyal nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.