Baru! Simpan Transkrip Terjemahan Langsung Google Translate | Droidinside

Baru! Simpan Transkrip Terjemahan Langsung Google Translate

  • 2 min read
  • Okt 28, 2020
Simpan Transkrip Terjemahan Langsung Translate

Ada fitur baru Google Translate, dimana kamu bisa simpan transkrip terjemahan langsung dengan mudah. Jadi kamu bisa merekam percakapan/seseorang berbicara secara langsung akan diubah menjadi tulisan dan otomatis diterjemahkan.

Fitur Simpan Transkrip Terjemahan Langsung

Untuk menerjemahkan sebuah percakapan memang sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan mudah. Karena teknologi penerjemahan milik Google terus berbenah, segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa dan tulisan bisa kamu lakukan sekarang.

Seperti layaknya menerjemahkan gambar yang ada tulisannya. Kamu bisa langsung memfoto objek tersebut untuk tahu artinya dalam bahasa lain. Selain itu, terjemahan bisa dilakukan hanya dengan mengucap beberapa kata dan kalimat melalui mikrofon yang kemudian akan diubah menjadi tulisan.

Kecanggihan teknologi Google juga dapat membuatmu menerjemahkan percakapan secara langsung. Hanya dengan mengaktifkan mikrofon, dan bersuara menggunakan bahasa masing-masing. Dua orang dengan berbeda bahasa dapat diterjemahkan bahasanya dalam bentuk tulisan oleh Google Translate. Fitur ini kemudian semakin diperbarui, sehingga kamu bisa simpan transkrip terjemahan langsung.

Artinya percakapan 2 orang yang sebelumnya hanya bisa dilihat dalam bentuk tulisan, kini dapat disimpan. Fitur simpan transkrip terjemahan langsung ini menggunakan aplikasi Google Translate. Kamu bisa menyimpan hasil percakapan atau suara yang terekam dalam bentuk tulisan pada aplikasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Tidak hanya percakapan saja, jika kamu ingin merekam dan mencatat apa saja pidato seseorang/apa yang seseorang tersebut suarakan. Google Translate bisa langsung merekam, mencatat dan menerjemahkan secara real-time. Jadi bagaimanakah caranya memaksimalkan fitur Translate ini?

Cara Simpan Transkrip Terjemahan Langsung Dengan Google Translate

Seluruh proses menggunakan aplikasi Google Translate. Update aplikasi terbaru pada Google terjemahan yaitu versi 6.11 sudah mendukung fitur ini. Selanjutnya, fitur ini belum 100% tersedia pada ponsel seluruh pengguna yang menggunakan Google Translate.

Setelah mengetahui informasi tersebut, dapat diteruskan dengan langkah-langkah:

  • Instal aplikasi Google Translate (Google Terjemahan dalam bahasa Indonesia) melalui pencarian di Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut
  • Lihat dan pilih Transcribe
  • Izinkan aplikasi merekam suara
  • Klik oke/Got It pada halaman awal sebelum masuk Transcribe
  • Pada bagian atas, pilihlah bahasa
  • Disebelah kiri merupakan bahasa yang digunakan, sebelah kanan hasil terjemahan
  • Klik tombol Mikrofon di bagian bawah
  • Jika proses transkrip sudah selesai, maka kamu bisa menyimpannya dengan klik ikon bintang di pojok kanan atas
    transkrip google translate realtime

Saat tombol mikrofon ini ditekan, maka aplikasi akan mulai melakukan transkripsi yaitu mengubah suara yang masuk menjadi tulisan. Kemudian menerjemahkan ke bahasa yang diinginkan secara Real-Time atau langsung.

Kamu bisa melihat hasil transkrip yang disimpan pada ikon Tiga Garis pojok kiri atas pada berada aplikasi Translate. Kemudian pilih Saved Transcripts (transkrip disimpan). Kamu juga bisa mengubah nama dari daftar transkrip yang telah disimpan sesuai dengan kebutuhan.
transkrip realtime google translate

 

Penutup

Jika sebelumnya kamu harus manual melakukan penerjemahan suara per kalimat/paragraf. Sekarang kamu bisa dengan mudah simpan transkrip terjemahan langsung yang bahkan untuk jenis suara yang panjang seperti pidato. Atau semacamnya seperti guru/dosen menerangkan pelajaran di depan kelas.

Jika android kamu masih belum ada fitur Transkrip padahal sudah update. Sabar saja, karena pembaruan masih perlu pemerataan di berbagai wilayah di seluruh dunia. Atau mungkin saja ponsel kamu belum mendukung fitur ini karena terlalu tua/jadul. Dapat dimungkinkan juga, ponsel kamu perlu update sistem sehingga mendukung fitur baru yang lebih canggih.

Fitur simpan Transkrip terjemahan langsung membutuhkan koneksi internet yang bagus. Semakin bagus, maka proses penerjemahan dan penulisan kata semakin cepat. Fitur ini belum tersedia untuk transkrip ke bahasa Indonesia sampai postingan ini dirilis.

Tinggalkan Komentar!