SiCepat HALU, Line Haul: Pengertian dan Lamanya Pengiriman

  • Android
  • Sep 14, 2023

Ketika berbicara tentang pengiriman barang dalam ekosistem E-Commerce, SiCepat HALU adalah salah satu opsi yang patut diperhitungkan. Tetapi, apa sebenarnya SiCepat HALU, dan bagaimana Anda bisa memahami lebih dalam mengenai layanan ini?

Apa Itu SiCepat HALU?

SiCepat HALU, singkatan dari “Harga Mulai Lima Ribu,” adalah salah satu varian layanan pengiriman dari SiCepat Ekspres yang tersedia eksklusif di platform E-Commerce terkemuka seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Ini berarti Anda tidak akan menemukan layanan ini untuk pengiriman langsung tanpa melalui platform-platform tersebut.

Salah satu keunggulan dari SiCepat HALU adalah estimasi pengirimannya yang relatif cepat, yakni 1-3 hari ke seluruh kota di Indonesia, sesuai dengan situs resmi SiCepat. Namun, perlu dicatat bahwa pengiriman kadang-kadang bisa memakan waktu lebih lama, bahkan hingga 5 hari, terutama ketika melibatkan “line haul darat.”

Apa Itu “Line Haul Darat”?

“Mengapa paket saya melewati ‘Line Haul Darat’?” Ini mungkin pertanyaan yang pernah muncul di benak Anda ketika melacak pengiriman menggunakan layanan SiCepat HALU. Line Haul Darat adalah istilah yang digunakan dalam pelacakan pengiriman untuk menandakan bahwa paket Anda sedang dalam perjalanan melalui jalur darat, baik dengan menggunakan truk atau kapal laut jika tujuannya ke luar pulau.

Sebagai contoh, mari kita lihat hasil pelacakan yang mencantumkan kode “Line Haul Darat.” Dalam contoh ini, pengiriman dari Bandung ke Medan memakan waktu sekitar 5 hari (tanggal 20-25). Status pada tanggal 21 Februari 2021, “Paket keluar dari DKI Jakarta [Line haul darat MP Jakarta],” mengindikasikan bahwa paket berangkat dari Jakarta di pulau Jawa menuju Medan di pulau Sumatera melalui darat, baik menggunakan truk atau kapal laut. Status pada tanggal 25 Februari 2021, “Paket telah diterima di Medan [Medan Hub],” artinya paket sudah tiba di kota tujuan (gudang cabang/pusat) dan akan dilanjutkan ke wilayah atau kecamatan SiCepat berdasarkan alamat tujuan.

Mengapa Pengiriman Melalui Line Haul Darat?

Ada beberapa alasan mengapa paket Anda mungkin dikirim melalui jalur darat ini:

  • Layanan Ekonomis (Murah) SiCepat HALU: Jika Anda memilih SiCepat HALU, ini bisa jadi karena Anda menginginkan opsi pengiriman yang lebih terjangkau.
  • Barang Tertentu yang Tidak Bisa Diangkut Melalui Udara: Beberapa barang, seperti benda tajam, baterai, laptop dengan baterai, atau cairan, tidak dapat diangkut melalui udara karena batasan keselamatan.
  • Kelebihan Muatan di Jalur Udara: Saat periode penuh pesanan, seperti menjelang lebaran atau Natal, jalur udara dapat kelebihan muatan, yang membuat pengiriman melalui darat menjadi alternatif yang lebih efisien.

Bagaimana dengan “Line Haul Udara”?

“Line Haul Udara” adalah istilah lain yang bisa Anda temui dalam pelacakan pengiriman SiCepat. Ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang dalam perjalanan melalui jalur udara, seringkali menggunakan pesawat cargo, untuk pengiriman antar kota atau antar pulau.

Keuntungan dari “Line Haul Udara” adalah kecepatan pengiriman yang lebih tinggi. Jalur udara ini diprioritaskan untuk layanan antar kota/pulau yang cepat, seperti SiCepat BEST (Besok Sampai Tujuan) dan SiCepat REG.

Kesimpulan

SiCepat HALU adalah opsi pengiriman yang ekonomis (murah) atau bahkan gratis jika Anda berbelanja di Tokopedia dan memilih layanan Bebas Ongkir. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa pengiriman melalui SiCepat HALU mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu dibandingkan dengan layanan yang lebih mahal atau yang menggunakan jalur udara.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi waktu pengiriman adalah jarak antara lokasi penjual dan pembeli serta jalur yang harus ditempuh. Jika pengiriman melibatkan lintas pulau, maka waktu pengiriman cenderung lebih lama karena melibatkan jalur laut (darat). Namun, untuk pengiriman antar kota dalam satu provinsi, layanan REG tetap menjadi pilihan yang cepat.

Terakhir, perlu diingat bahwa proses pengiriman adalah tanggung jawab ekspedisi, bukan penjual. Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan SiCepat jika Anda memiliki keluhan atau pertanyaan terkait pengiriman. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang SiCepat HALU dan jalur pengirimannya yang beragam.

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments