Tips Aktifkan 3 Shortcut Fingerprint Xiaomi

  • 2 min read
  • Mar 28, 2021
shortcut fingerprint xiaomi

Salah satu produk kelas High End yang dimiliki ponsel ini adalah Shortcut Fingerprint Xiaomi. Tahukah kamu apa maksudnya fitur tersebut ? Ini adalah sebuah fitur yang memiliki arti Pintasan Sidik Jari pada Hp Xiaomi.

Jadi dengan fitur pintasan sidik jari, kamu bisa membuka beberapa aplikasi hanya dengan meletakkan jari di sensor jari pada ponsel Xiaomi. Bagaimanakah cara menggunakannya dan apa saja program yang ada pada jalan pintas tersebut ?

Mengaktifkan Shortcut Fingerprint Xiaomi

Berhubungan dengan pengaturan pengenalan sidik jari, ketika fitur ini kamu aktifkan maka akan ada sebuah pintasan aplikasi berupa 3 logo:

  1. Pemindai kode QR
  2. Pencarian/Search
  3. Kalender

Fitur pintasan sidik jari ini dimiliki ponsel tipe Xiaomi atau MI yang masuk kategori High End. Seperti MI 9, MI 9 SE, Redmi K20 dan K20 Pro. Lebih jelas lagi, fitur ini hadir pada MIUI 12. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Buka Setelan/Settings
  • Sandi & Keamanan
  • Klik pada Buka kunci dengan Sidik Jari (Fingerprint Unlock)
  • Buat pin atau pola untuk penguncian (jika sudah membuat, konfirmasi untuk membuka setelan)
  • Pilih Pintasan/Shortcut
  • Ketuk pada Pintasan Sidik Jari (Fingerprint Shortcut) untuk mengaktifkan atau mematikannya
  • Dibagian atas pilih untuk bagaimana mengakses aplikasi pintasan dari sidik jari
    pintasan sidik jari xiaomi

Untuk membuka akses Shortcut Fingerprint Xiaomi, Press and Hold (tekan dan tahan) atau Quick Swipe (usap cepat) bisa kamu pilih.

Manfaat Dan Cara Menggunakan Pintasan Sidik Jari Xiaomi

Setelah update ke MIUI 12, seri MI 9 bisa menggunakan fungsi ini. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah dengan mudah membuka akses 3 aplikasi. Pemindai, Pencarian, dan Kalender.

Cara menggunakannya adalah pada saat ponsel berada di layar depan, gunakan sensor sidik jari untuk mengaktifkannya. Yaitu dengan meletakkan sidik jari dan tahan atau swipe sesuai pengaturan diatas.

Layar akan blur dan terbuka pintasan 3 aplikasi diatas. Shortcut Fingerprint Xiaomi aktif dan ketika kamu membuka ikon aplikasi, maka akan langsung terbuka.

3 aplikasi tersebut memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan harus bisa dengan cepat diakses. Misalnya kamu sedang melakukan sesuatu, kamu menemukan kode untuk di scan, atau informasi untuk dicek, maupun membuka kalender untuk melihatnya. Kamu gak perlu bingung mencari aplikasi pemindai yang biasanya ada di folder alat, begitu juga pencarian dan kalender hanya dengan memanfaatkan sidik jari.

Sebagai tambahan informasi, ikon pencarian tersebut akan membuka MI Browser. Pencarian akan dilakukan melalui aplikasi peramban web bawaan ponsel Xiaomi ini.

Penutup

Fitur Shortcut Fingerprint Xiaomi hanya tersedia pada ponsel yang sensor sidik jarinya ada dibawah layar seperti disebutkan diatas. Kemungkinan untuk disematkan pada ponsel kalangan menengah kebawah tidak mungkin karena berbeda tempat dan fungsi Fingerprint.

Kamu perlu mematikan fitur pintasan sidik jari ini jika memang dapat terjadi kesalahan seperti tertekan dan lain sebagainnya. Atau untuk kamu yang tidak memerlukan fungsi ini.

Kamu tidak bisa mengubah jenis aplikasi yang muncul sebagai pintasan pada fitur ini. Ini adalah murni bawaan ponsel. Akan tetapi kamu bisa memanfaatkan Search pada pintasan sidik jari ini untuk membuka aplikasi lain yang terinstal pada Hp.

  • Aktifkan Shortcut Fingerprint Xiaomi sesuai aturan tersebut
  • Klik ikon Search
  • Pada kolom pencarian
  • Ketikkan nama aplikasi yang ingin kamu buka
  • Otomatis aplikasi kamu akan nampang di pencarian bagian atas dan kelihatan
  • Klik pada logo aplikasi untuk membukanya

Cara ini persis sama seperti membuka aplikasi lain saat bermain game melalui Pintasan Game Booster bawaan ponsel Xiaomi. Karena MI Browser cukup cerdas, memberikan akses pintasan ke aplikasi yang terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *