Atasi Setelan AP Band Xiaomi Tidak Muncul

  • 2 min read
  • Jul 19, 2021
setelan ap band xiaomi tidak muncul

Droidinside berbagi cara mengatasi setelan AP Band Xiaomi tidak muncul. Apakah kamu udah tahu apa itu setelan AP Band? Ini berhubungan dengan jenis frekuensi pada Wifi yang disematkan pada ponsel pintar.

Apa Fungsi AP Band ?

Seperti yang telah dijelaskan admin, kita mengenal wifi 2,4 GHz dan 5 GHz. Kedua jenis frekuensi ini punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Soal kecepatan, wifi 5GHz lebih powerful dengan 1300 Mbps transfer data dibanding 2,4 GHz yang cuma 450-600 Mbps.

Wifi 5 Ghz juga gak dimiliki oleh semua ponsel. Hanya ponsel dengan spesifikasi Wifi AC dan Dual Band mampu membaca sinyal ini. Ponsel Xiaomi banyak juga yang mendukung jaringan Wifi dengan AP Band 5 GHz juga. Umumnya kategori ponsel Mid – High End Xiaomi bisa menikmatinya. Artinya ketika kamu berbagi koneksi Hotspot, hanya ponsel dengan spesifikasi tersebut yang bisa membacanya. Inilah fungsi setelan AP Band biar lebih aman dan cepat saat berbagi koneksi internet.

Sayangnya, ada beberapa masalah sehingga AP Band Xiaomi tidak muncul di pengaturan Hotspot. Sepertinya memang disembunyikan oleh sistem meskipun secara spesifikasi sudah tersedia. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Atasi AP Band Xiaomi Tidak Muncul

Sebelum membuka setelan AP Band Xiaomi tidak muncul, sebaiknya cek dulu apakah ponsel Xiaomi kamu mendukung Wifi 5GHz atau Dual Band atau enggak. Bisa dicari lewat situs GSM Arena ditunjukkan spesifikasi AC dan atau Dual Band seperti dibawah ini, ketika dibuka di pengaturan Hotspot ada pilihannya:

Jika ponsel Xiaomi memang mendukung spesifikasi tersebut lalu nggak bisa memilih jenis frekuensi atau AP Band maka ada yang salah dengan software/sistem. Seperti contoh pada Redmi Note 9 milik admin, secara spesifikasi udah support AC dan Dual Band, tapi dicek setelan Hotspot kok gak ada ya Wifi 5 GHz nya. Posisi nya di MIUI 11 dengan OS Android 10 (belom pernah update sejak beli)

Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Redmi Note 9 biasa yang masih MIUI 11 memiliki keterbatasan dalam menyetel jaringan wifi ke 5 GHz. Cara atasi AP Band Xiaomi tidak muncul pada setelan hotspot adalah dengan update perangkat lunak. Setelah update pada kasus ponsel tersebut sudah bisa memilih AP Band.

Ini berlaku juga pada ponsel Xiaomi lain yang mendukung namun di setelan tidak ada. Update Software memang dibutuhkan untuk mengatasi bug dan salah satunya setelan tidak muncul pada beberapa kasus.

Menggunakan Activity Launcher

Di ponsel Xiaomi kamu yang udah android 9, bisa memunculkan setelan AP Band Xiaomi tidak muncul dengan Activity Launcher. Pada MIUI 11 maupun MIUI 12, langkahnya:

  • Instal lalu buka aplikasi Activity Launcher dari Play Store
  • Hidupkan Hotspot ponsel Xiaomi kamu
  • Buka aplikasi Activity Launcher dan tunggu loading-nya
  • Klik bagian pencarian/tombol Lup
  • Ketikkan Wifi
  • Cari dibagian bawah Setelan
  • Pilih menu Hotspot Wi-Fi (com.android.settings.Settings$WifiTetherSettingsActivity)
  • Klik pada AP Band
  • Pilih Frekuensi yang kamu mau
    membuka setelan ap band xiaomi

Dengan mudah dapat merubah setelah jenis frekuensi Hotspot sekaligus membuka setelan AP Band Xiaomi tidak muncul. Pada beberapa kasus, setelah kamu membuka setelan di Activity Launcher ini. Secara otomatis setelan AP Band akan muncul kembali pada menu Hotspot di Setelan ponsel. Entah mengapa hal ini terjadi.

Kelemahan menggunakan metode ini sebagian ponsel Xiaomi tidak mendukung. Jadi ketika diubah setelan melalui Activity Launcher, AP Band tidak berubah.

Penutup

Itulah salah satu cara mengatasi setelan AP Band Xiaomi tidak muncul. Dengan memunculkannya kamu bisa memilih jenis jaringan agar tidak terganggu dengan ponsel lain. Misalnya menggunakan AP Band 5 GHz yang hanya bisa terbaca pada ponsel yang punya spesifikasi Dual Band atau AC.

Kasus setelan AP Band Xiaomi tidak muncul ini juga cukup jarang muncul kok. Namun dengan tutorial ini semoga dapat membantu kamu mengatasi masalah diatas.

2 thoughts on “Atasi Setelan AP Band Xiaomi Tidak Muncul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *