Cara Sembunyikan Tombol Navigasi Xiaomi Mudah | Droidinside

Cara Sembunyikan Tombol Navigasi Xiaomi Mudah

  • 2 min read
  • Nov 21, 2020
sembunyikan tombol navigasi xiaomi

Kamu bisa sembunyikan tombol Navigasi Xiaomi sehingga bisa seperti Iphone yang tidak ada tombolnya.

Ponsel keluaran baru dari berbagai brand umumnya sekarang menggunakan layar sepenuhnya. Tidak ada lagi tombol yang berbentuk fisik, yang biasanya ada di bagian dagu/bawah layar smartphone. Tombol kembali, recent apps, dan home sekarang ada didalam tampilan LCD/layar.

Tombol-tombol tersebut dapat disembunyikan dengan berbagai tujuan. Agar keren layaknya ponsel yang tidak menggunakan tombol navigasi. Bagi sebagian orang mungkin ini cukup keren.

Tombol navigasi secara umum sedikit memakan ruang dalam layar. Ketika disembunyikan, kamu bisa mendapat ruang lega layar saat scroll atau geser-geser layar untuk membaca sesuatu. Karena layar lebih lebar, lebih banyak hal yang bisa dilakukan tanpa menggeser ke bawah lagi karena tertutup tombol navigasi.

Bagaimana cara sembunyikan tombol navigasi Xiaomi sehingga kamu bisa mendapat manfaat seperti disebut diatas ?

Cara Sembunyikan Tombol Navigasi Xiaomi

Sudah pasti untuk sembunyikan tombol navigasi Xiaomi, ponsel yang kamu miliki sudah tidak bertombol. Yaitu penuh dengan layar bagian depan, sehingga sistem yang dimiliki sudah berbeda. Seperti pada ponsel Xiaomi keluaran seri Redmi Note 5 keatas sampai yang paling baru. Untuk model ponsel Xiaomi dengan Android One seperti MI A2 dan generasi penerusnya tidak dapat menghilangkan bar navigasi kecuali dengan akes Root dan beberapa aplikasi pihak ketiga.

Untuk ponsel yang bisa dengan MIUI berikut langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Setelan Tambahan
  • Pilih Tampilan Layar Penuh
  • Ketuk untuk memilih di bagian kanan, Gerakan Layar Penuh
    menonaktifkan bar navigasi xiaomi
  • Jika ada pesan pelajari gerakan, tekan nanti
  • Tampilan telah berubah yaitu tombol navigasi disembunyikan

Pada saat pertama kali kamu menggunakan fitur ini, kamu akan diminta untuk mempelajari gerakan pada saat navigasi sistem. Inti dari pembelajaran menggunakan navigasi tanpa tombol yaitu:

Kembali ke layar utama/home. Geser layar dari ujung bawah ke atas bagian tengah layar
Membuka recent apps/aplikasi terkini. Geser layar dari ujung bawah ke seperempat bagian layar
Untuk kembali ke menu sebelumnya. Geser layar dari tepi sebelah kiri atau kanan ke bagian tengah layar

Pada menu tampilan layar penuh, kamu juga bisa mengaktifkan Kembali Ke Apl Sebelumnya. Jika diaktifkan, kamu tidak perlu membuka recent apps kembali ke aplikasi sebelumnya.

Sembunyikan Tombol Navigasi Xiaomi Pada Aplikasi Tertentu

Jika kamu ingin tombol disembunyikan pada aplikasi tertentu saja, tidak pada semua tempat. Langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Pintasan Tombol
  • Otomatis Nonaktifkan Tombol Navigasi
  • Pilih aplikasi sesuai keinginan

Tombol navigasi akan muncul apabila kamu keluar aplikasi terpilih. Pada saat aplikasi terbuka, navigasi bisa dimunculkan dengan ketuk layar 2 kali.

Menambahkan Bola Pintas Xiaomi

Untuk lebih mendekati sistem navigasi pada iOS, kamu bisa menggunakan bola pintas untuk lebih mempermudah menggunakan android. Pada menu yang sama di Setelan Tambahan kamu bisa mengaktifkan bola pintas Xiaomi.

Pada pengaturan tersebut kamu bisa mengubah bola pintas sesuai dengan keinginan kamu. Seperti cara membuka bola pintas, apakah dengan ketuk atau geser. Selain itu, segala jenis pintasan yang dapat disesuaikan sesuai keinginan.

Penutup

Jika sebelum sembunyikan tombol navigasi Xiaomi dilakukan, kamu terbiasa menggunakan tombol. Siap-siap aka bakal agak kaku. Soalnya jadi bingung dan agak mikir sedikit, kemana tombol navigasi ini.

Manfaat lain menggunakan cara ini adalah jumlah ketukan bagian pixel pada tombol navigasi Xiaomi bisa berkurang. Sehingga dapat membuat layar bagian navigasi bisa lebih awet. Cara ini juga bisa membantu kamu apabila memiliki masalah layar seperti kerusakan LCD di bagian tombol navigasi misalnya.

Tombol navigasi bisa digunakan juga untuk melakukan tangkapan layar di Xiaomi. Saat menyembunyikan navigasi pada ponsel ini, tidak ada masalah. Performa, kehalusan saat menggunakan ponsel tidak berubah sedikitpun. Lain kata tidak berpengaruh atau berbeda performa jika memuculkan tombol navigasi.

Tinggalkan Komentar!