Search Engine Selain Google Wajib Coba

  • Droidinside
  • Des 15, 2021

Apakah kamu mencari search engine selain google? Meskipun search engine/mesin pencari ini adalah yang paling luas jangkauannya. Ada kalanya kita mungkin membutuhkan hasil lainnya yang anti mainstream. Karena ada banyak faktor termasuk akun yang membuat hasil pencarian di google bisa berbeda di setiap ponsel orang.

Melalui search engine yang berbeda ini kamu akan menemukan hasil pencarian yang berbeda juga. Sehingga bisa menemukan lebih banyak informasi dari internet. Selain itu, jika kamu menggunakan search engine selain google maka hasil pencarian yang diblokir bisa muncul. Dengan keuntungan ini, jadi apa sajakah mesin pencari alternatif selain google?

Rekomendasi Search Engine Selain Google

Berikut ini Droidinside berikan beberapa mesin pencari informasi di internet yang bisa dicoba. Siapa tahu dengan menggunakan alternatif ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap termasuk konten yang diblokir oleh pencarian Google.

1. Yandex

Bisa kamu akses melalui yandex.com, sebuah situs yang berasal dari Rusia. Layanan yang diberikan situs ini hampir mirip kayak google, dimana ada fitur pencarian gambar, video, peta, translate dan tersedia dalam beberapa bahasa seperti Rusia, Turki, Kazakhstan serta lainnya. Search engine yang sudah memiliki Browser sendiri ini paling sering memuat berbagai konten yang diblokir oleh google dan pemerintah kita (misal Reddit). Meskipun pas dibuka tetep keblokir, namun informasi tulisan masih bisa terbaca oleh kamu.

2. Duck Duck Go

Search engine selain google ini memberikan keuntungan yaitu tanpa pelacakan. Setiap kegiatan kamu berselancar di internet, google melacaknya untuk keperluan penelitian yang intinya dia memperhatikan apa yang kamu cari. Melalui situs pencarian duckduckgo.com, kamu gak bakal lagi dilihat jejaknya. Hal ini memberikan keuntungan hasil pencarian yang selalu konsisten meskipun kamu berganti ponsel/komputer.

Kelebihan yang dimiliki Duck Duck Go diantaranya dapat membuka akses pencarian terblokir. Paling sering buat kamu yang ingin cari film, lewat mesin pencari ini jadi kelihatan semua tanpa disortir. Tetap aman, terprivasi, tidak terlacak dan mampu memberikan hasil berbeda dari google. Adalah alasan kamu wajib mencoba Duck Duck Go.

3. Bing

Bagi kamu yang suka dengan artikel tentang berita dan info hangat, Bing.com bisa jadi pilihan. Tampilan berita pada situs pencarian ini sangat informatif. Dalam pencariannya, kamu bisa mengatur hasil pencarian topik tertentu yang ingin ditampilkan sesuai minat. Kelebihan yang dimiliki mesin pencari ini yaitu hasil pencarian akan hampir sama seperti google. Menurut Pcmag, jika di Bing sebuah kata kunci tidak ada hasil maka akan sama jika dicoba di google. Kelemahannya, hasil pencarian tidak sebagus google. Hanya pada beberapa bagian (seperti berita) search engine ini bagus dalam algoritma pencariannya.

4. Baidu

Search engine selain google yang satu ini dijuluki dengan google-nya China. Selain sebagai salah satu mesin pencari paling banyak digunakan masyarakat negaranya. Tampilan mesin pencari berbahasa China ini punya kelengkapan seperti video, gambar, buku, penerjemah dan lainnya. Kamu akan menemukan konten berkualitas baik dari search engine ini. Namun kekurangannya, segala hal yang dicari di baidu diawasi langsung oleh pemerintah negaranya. Jadi akan cukup sulit mencari beberapa kata kunci tertentu berhubungan dengan konflik maupun hal lainnya.

5. Yahoo

Sebelumnya, para netter jaman old pasti sudah kenal dengan search engine selain google yang lahir sebelumnya ini. Sempat redup beberapa waktu yang lalu, namun sekarang bangkit lagi. Melalui pencarian di yahoo, kamu akan mendapatkan hasil organik dan lebih baik untuk kategori belanja. Kelebihan yang dimiliki yahoo daripada mesin pencari lainnya. Kekurangannya, terkadang cukup sulit untuk membedakan mana hasil pencarian organik dengan sebatas iklan saja.

6. Naver

Naver.com merupakan google-nya Korea Selatan yang dibangun sejak 1999. Menawarkan email, berita, tanya jawab online dan sebagainnya. Karena berbahasa korea, kamu bisa menemukan konten lebih mendalam dari negara ginseng tersebut. Kelebihan yang dimilikinya yaitu untuk kategori bisnis menjadi rekomendasi kuat dicari pada search engine selain google ini. Algoritma pasar yang dimilikinya sangat besar dengan basis bahasa Korea akan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan. Namun, crawling dan indexingnya tidak sekuat google. Sehingga konten baru tidak selalu muncul dengan cepat.

Penutup

Beberapa mesin pencari selain google di atas memang tidak bisa mengungguli rajanya mesin pencari saat ini. Setidaknya, kamu bisa mendapatkan informasi yang berbeda untuk sebuah kata kunci/keyword jika dilakukan pencarian. Dengan membandingkan beberapa hasil pencarian, kamu akan punya lebih banyak informasi untuk diolah.