Cara Mengatasi Screenshot Gelap Xiaomi

  • Droidinside
  • Mar 26, 2022

Bagaimana cara mengatasi screenshot gelap Xiaomi? Kasus tangkapan layar yang menjadi buram, kurang terang atau cukup gelap dirasakan oleh banyak pengguna. Terkhusus juga mereka yang telah update ponsel Xiaomi ke antarmuka MIUI 12. Memang versi MIUI ini agak membadut atau bermasalah pada beberapa pengguna. Mungkin karena optimalisasinya masih kurang, screenshot jadi kena efek kurang bagus ketika dilihat.

Hasil tangkapan layar yang gelap dan buram tersebut diduga disebabkan oleh antarmuka MIUI yang mengalami bug. Karena pembaruan sistem bisa saja tidak hanya memberikan penambahan fitur maupun bug fix. Tapi terkadang malah nambahin masalah.

Kasus gambar gelap dan ada buram ini bisa langsung terlihat. Ketika kamu melakukan screenshot, hasil gambar bisa langsung dilihat dari galeri. Saat dilihat menjadi kurang pencahayaan atau terlihat gelap sedikit buram. Ketika gambar tersebut dikirim ke ponsel lain, hasilnya tetap gelap atau tidak ada perubahan sama sekali. Artinya sistem yang memproses tangkapan layar tersebut bermasalah.

mengatasi screenshot xiaomi gelap

Sebagian besar atau bahkan semua ponsel Xiaomi yang mengalami tangkapan yang gelap agak buram ini umumnya lagi pake Mode Gelap. Bisa dibilang masih ada optimasi yang kurang di MIUI 12 untuk ponsel-ponsel yang belum lahir dengan antarmuka tersebut. Biang keroknya bisa dibilang si Mode Gelap ini. Lalu bagaimanakah cara mengatasi screenshot gelap Xiaomi tersebut? Droidinside akan memberikan tips dalam mengatasinya.

Cara Mengatasi Screenshot Gelap Xiaomi

Kasus buram dan gelap ini berbeda dengan kasus layaknya status Whatsapp yang burik. Kasus status WA burik itu disebabkan oleh kompresi gambar yang dilakukan oleh aplikasi tersebut. Untuk kasus screenshot buram gelap Xiaomi ini, bahkan terjadi saat dilakukan preview/melihat dari galeri langsung. Jadi belum diapa-apain udah gelap alias buram sendiri. Berikut ini beberapa solusi untuk cara mengatasi screenshot buram Xiaomi tersebut:

Mengatur Fitur Mode Gelap

Salah satu bug pada Mode Gelap ponsel Xiaomi dengan MIUI 12 menyebabkan hasil screenshot jadi buram. Langkahnya kita bisa mematikan Mode Gelap, atau mengatur beberapa pilihan yaitu:

  • Buka Setelan
  • Pilih Tampilan
  • Klik Mode Gelap
  • Klik Pilihan Mode Gelap Lainnya
  • Klik untuk mematikan Sesuaikan Wallpaper Ke Mode Gelap
  • Klik untuk mematikan Otomatis Atur Teks Dan Latar Belakang
  • Cobalah untuk melakukan Screenshot kembali, jika masih buram atau gelap kembalikan setelan menjadi aktif kembali dan lihat hasil tangkapan layarnya lagi

Cara tersebut untuk ponsel Xiaomi generasi ke 9 dimana Mode Gelap lebih disempurnakan. Lalu untuk ponsel Xiaomi yang lebih lawas dari itu, kamu bisa mengaturnya dengan mematikan Penyesuaian Warna Otomatis:

  • Buka Setelan
  • Pilih menu Tampilan
  • Mode Gelap
  • Klik juga pada Penyesuaian Warna Otomatis untuk mematikannya
  • Cobalah untuk melakukan Screenshot kembali, gambar tidak akan menjadi gelap atau buram lagi
kenapa hasil screenshot gelap xiaomi

Mematikan Mode Gelap

Cobalah untuk mengaktifkan Mode Gelap terus kembali ke mode warna biasa. Melalui Setelan – Tampilan – Mode Gelap dinonaktifkan. Karena bug yang terjadi adalah saat Mode Gelap diaktifkan saja. Biasanya hal ini sudah bisa teratasi dengan baik. Tapi, masak pas mau screenshot harus ubah dulu ke mode gelap? Kan gak asik, mending beberapa solusi lain mengatasi screenshot gelap Xiaomi pada tulisan ini bisa kamu terapkan.

Menghidupkan Mode Baca

Setelan skema warna ponsel Xiaomi sebenarnya bisa diatur, ini sebenarnya tidak berhubungan dengan screenshot sih. Tapi cara mengatasi screenshot gelap Xiaomi bisa kok dilakukan hanya dengan menggunakan mode baca. Mode ini akan mematikan saturasi warna yang menyebabkan perubahan pada hasil screenshot. Tapi cara ini belum tentu berhasil juga di semua ponsel Xiaomi.

Lakukan Update Software

Salah satu cara mengatasi screenshot gelap Xiaomi atau agak buram karena masalah sistem adalah bisa diatasi dengan melakukan pembaruan perangkat lunak. Terdapat beberapa bug pada MIUI 12 versi tertentu yang menyebabkan hasil gambar agak gelap dari biasanya. Kebanyakan setelah melakukan update, masalah teratasi kok. Langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Tentang Ponsel
  • Klik Perbarui
  • Unduh Dan Instal pembaruan disana untuk mendapatkan versi MIUI terbaru

Penutup

Itulah cara mengatasi screenshot gelap Xiaomi karena kejadian bug. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini kamu bisa instal aplikasi Screenshot dari Play Store (pihak ketiga). Tapi cara tersebut ribet, harus download alias menambah aplikasi lagi.

Post Terkait :

2 thoughts on “Cara Mengatasi Screenshot Gelap Xiaomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.