Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti

  • Droidinside
  • Jul 04, 2022

Pesan sayangnya kamera telah berhenti ketika kamu akan mengambil foto biasa atau selfie, merupakan tanda ada masalah. Baik permasalahan software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat keras) bisa menyerang pada kamera ponsel android. Sebelum menuju pada kerusakan hardware dimana harus ada penggantian, Droidinside berikan tips supaya kamu bisa mengatasi kamera telah berhenti pada android.

Pesan error yang muncul ketika kamu membuka kamera, atau sedang ingin menjepret sebuah momen menunjukkan ada hal yang salah dengan aplikasi kamera atau kameranya sendiri. Istilah lain yang menunjukkan sayangnya kamera telah berhenti cukup beragam. Kamera hp force close, unfortunately camera has stop working, kamera terus berhenti, tidak dapat terhubung ke kamera, can’t connect to camera dan pesan lain berhubungan dengan kamera ini perlu kamu perhatikan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi permasalahan ini. Simak informasinya.

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Pada beberapa pesan error yang menunjukkan bahwa kamera ponsel android sedang tidak bisa digunakan. Langkah untuk penyelesaian diperlukan. Kamu bisa memulai langkah kecil dibawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut langsung dari ponsel sendiri. Berikut ini hal yang perlu dilakukan:

Restart/ Hidupkan Ulang Ponsel

Aplikasi kamera yang sering dibuka atau dipakai oleh aplikasi lain seperti Media Sosial bisa membuat error. Sehingga muncul pesan sayangnya kamera telah berhenti ketika kamu membuka aplikasi kamera bawaan. Berhubungan dengan cache dan mungkin sebuah aplikasi memakai kamera di latar belakang. Matikan lalu hidupkan kembali ponsel android kamu. Bisa juga dengan Restart dengan tombol power.

Dengan begitu, file cache aplikasi kamera atau aplikasi lain yang menggunakan perangkat keras ini bisa dibersihkan. Hp yang lama gak dimatikan juga jadi penyebab masalah kamera force close juga. Cara pertama ini simpel bisa dicoba siapa saja, dan perlu dilakukan rutin setidaknya 2 minggu sekali untuk kestabilan ponsel.

Hapus Cache Dan Data Aplikasi Kamera

  • Buka Pengaturan/ Setelan
  • Cari Pengaturan Aplikasi yang berisi daftar aplikasi yang terpasang di ponsel kamu
  • Pilih aplikasi Kamera (Camera)
  • Pilih menu penyimpanan aplikasi
  • Hapus Cache terlebih dahulu
  • Cek apakah kamera sudah bisa berjalan, jika belum
  • Hapus Data aplikasi Kamera
  • Coba untuk membuka Kamera kembali
mengatasi kamera telah berhenti pada android

Menghapus Data Aplikasi kamera akan mengembalikan semua setelan kamera dan perizinan aplikasi kamera. Apabila permasalahan sayangnya kamera telah berhenti ini diakibatkan dari akses penyimpanan yang bermasalah dan perizinan yang error. Maka biasanya akan selesai dengan melakukan cara tersebut.

Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Pada beberapa kasus, update OS atau sistem operasi hp android malah membuat aplikasi kamera hp force close. Karena ada kesalahan pada perangkat lunak, gagal proses update dan sejenisnya. Namun brand hp juga kadang memberikan Fix Bug atau solusi permasalahan kamera melalui update. Jadi buka Pengaturan/ Setelan ponsel android kamu. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak, Pembaruan, Sistem Update dan sejenisnya. Unduh yang paling baru dan instal pembaruan tersebut.

Reset Ke Pengaturan Pabrik (Factory Reset)

Apabila berbagai cara diatas sebelumnya telah kamu lakukan namun masalah sayangnya kamera telah berhenti masih juga belum terselesaikan. Lakukan reset, atur ulang ke setelan pabrik, kembali ke pengaturan pabrik atau menu sejenisnya yang ada di ponsel kamu. Pastikan kamu sudah mencadangkan data penting seperti kontak, pesan, dan semua data di penyimpanan internal. Karena bakal hilang setelah reset. Langkah ini akan mengembalikan semua fungsi ponsel seperti semula termasuk aplikasi kamera.

kamera hp force close

Perbaiki Ke Service Center Atau Konter

Jika masih dalam kategori garansi, maka kamu bisa melakukan pengecekan di Service Center (SC). Ada beberapa brand hp yang ngasih garansi software seumur hidup. Bisa kamu manfaatkan dengan membawa dusbook hp dan bukti pembelian. Jika karena kesalahan software kemungkinan ponsel akan di flash. Dan jika kerusakan hardware, akan diganti kemudian membayar kalo garansi udah habis.

Di tempat servis non SC, beberapa hal akan dicek terlebih dahulu jika masalah sayang kamera telah berhenti terjadi. Jika kamu sudah melakukan semua hal diatas, dan masih juga belom fix. Pengecekan seperti Socket kamera hingga penggantian hardware kamera dilakukan. Ini pun biasanya cukup sulit jika jaringan tempat servis/ konter tidak luas (ketersediaan sparepart kamera).

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di ponsel android. Sebelum perbaikan ke servis resmi atau konter, ada baiknya berbagai cara diatas kamu terapkan terlebih dahulu. Sehingga bisa meminimalisir pengeluaran untuk mengatasi masalah tersebut.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.