Mengatasi Masalah Samsung M21 Mentok Logo

  • Droidinside
  • Apr 15, 2022

Samsung M21 mentok logo salah satu masalah yang dialami banyak usernya setelah ponsel dipakai setidaknya 1 tahun. Pas garansi habis, ternyata muncul penyakit tersebut. Apakah benar penyakit Samsung M21 mentok logo? Apa saja penyebabnya dan apakah kita bisa mencegah kerusakan itu terjadi? Droidinside akan membahasnya untuk kamu.

Dari survey yang admin lakukan di grup ponsel ini, umumnya hp Stuck Logo Samsung terjadi setelah penggunaan 6 – 12 bulan. Mungkin mereka yang kurang beruntung, garansi udah habis tapi penyakit ini baru muncul. Banyak yang meminang ponsel ini soalnya baterai besar dengan layar Super Amoled. Poin positif inilah yang membuat banyak orang suka. Tapi jadi agak kecewa ternyata Gacha ponsel ini malah muncul di ujung garansinya.

Kasus yang terjadi yaitu mentok logo (stuck Logo Samsung) ada yang langsung kejadian begitu aja. Tidak ada angin hujan, tiba-tiba hp mati sendiri dan pas dihidupkan dia cuma nyala sampai logo Samsung doang. Mencoba dicas, hp cuma sampai logo lingkaran dengan petir kecil di atasnya doang gak bisa dihidupin. Ada yang ngefreeze terus akhirnya dimatikan.

Ada juga yang awalnya hp Restart sendiri dalam beberapa waktu hingga lama kelamaan terus jadi mentok logo. Bisa dibilang kondisi mentok logo ini adalah Bootloop atau gagal masuk ke sistem. Kira-kira apa saja penyebabnya dan apakah ada penanganan kasus ini?

Ada beberapa poin yang menurut admin bisa dijadikan informasi mengapa hp yang terkenal dengan baterai badak dan chipset Exynos 9611 ini mengalami hal tersebut. Satu yang menjadi perhatian adalah banyak pengguna mulai merasa gejala bootloop ini setelah melakukan update. Seharusnya update tidak menjadi masalah karena ini akan menstabilkan performa dengan versi software dan keamanan yang terbaru. Tidak jarang beberapa waktu setelah Samsung Galaxy M21 tahun 2021 maupun generasi sebelumnya diperbarui. Kejadian mentok logo yang diawali restart sendiri menghantui penggunanya.

User dan tukang servis hp pinggir jalan bilang ini merupakan Gacha nya Samsung seri M khususnya M21. Yaitu punya kelemahan pada bagian IC RAM. Kelemahan tersebut sama halnya seperti EMMC yang lemah. Gak ada obat selain ganti mesin yang harganya gak murah pastinya.

Kasus ini menurut admin hampir kayak Xiaomi Poco M3, dimana seri ponsel pertama yang menggunakan jenis penyimpanan UFS. Akibat nyebrang dari EMMC ke UFS, bisa dibilang software kurang optimal. Kurang waktu Riset yang lebih panjang sebelum ponsel tersebut keluar. Bedanya kalau di Samsung M21 gak sampe matot gak bisa dihidupin. Meskipun ada juga yang mengalami matot sih.

Penyebab lain Samsung M21 mentok logo, sudah pasti ponsel yang terlalu sering digunakan untuk bermain game. Tapi gak sedikit juga mereka yang jarang maen game masih tetep kena penyakit Samsung M21 mentok logo. Sering banget disiksa untuk performa tinggi akan sangat memengaruhi keawetan part sebuah ponsel.

Tambahan lagi, memori atau penyimpanan hampir penuh juga jadi biang keladi masalah ini. Berhubungan dengan RAM diatas, penyimpanan internal kan juga dipake untuk membantu kinerja RAM. Akibat penyimpanan internal penuh, kinerja RAM semakin susah membuatnya tewas dalam waktu yang tidak lama. Lalu kira-kira apa solusi dan pencegahan untuk mengatasi hp matot atau mentok logo Samsung tersebut? Berikut beberapa solusinya.

Ada langkah pencegahan dan juga ada langkah pengobatan atau mengatasinya masalah tersebut. Kalau soal pencegahan, mungkin kamu harus sabar pada beberapa hal karena bakal mengurangi utilitas hp Samsung M21. Berikut cara-cara tersebut:

Pencegahan

  • Berhati-hati apabila membeli Samsung M21 bekas, bisa jadi dari user yang baru aja servis itu hp terus dijual akibat trauma (ya memang dunia FJB hp kerad bos)
  • Jangan Update hp ke versi Android 11 (untuk M21 versi 2020, kalau yakin ya silahkan aja)
  • Tidak bermain game di Samsung Galaxy M21 kamu secara berlebihan
  • Hindari multitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus (payah nih hp kok gak boleh gini gitu)
  • Sisakan penyimpanan internal minimal 20% (kalau bisa lebih juga bagus)
  • Segera isi daya ponsel ketika baterai udah 20%

Penyelesaian Masalah

Kalau udah si Samsung M21 mentok logo doang atau mati total. Kemudian gak bisa masuk mode recovery, diflash juga gak mempan sepertinya harus diobati. Berikut ini beberapa poin penting yang bisa dilakukan:

  • Saat hp udah gejala restart sendiri berkali-kali, segera kurangi berbagai kegiatan di ponsel. Kurangi jumlah file di hp. Sebagian yang belum parah, di flash di konter selesai dengan tambahan pencegahan diatas
  • Kalau udah parah, garansikan hp ke Service Center Samsung (kalau masih garansi gratis lho). Soalnya kalau udah gak garansi kamu akan dimintai ganti mesin/motherboard seharga kurang lebih 1 juta rupiah.
  • Ganti IC RAM ke tukang servis terpercaya kamu, biaya bervariasi dari 200 ribu sampai 500 ribu tergantung kerusakan dan lokasi kota
  • Ganti mesin copotan di tukang servis biasa sekitar 800 ribu-an sebagai solusi yang sama untuk Samsung M21 mentok logo kayak di SC
hp samsung galaxy m21 stuck logo droidinside
Sumber: Grup M21 FB

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.