Samsung Galaxy A70 Update Android 10 Intip Bug Nya Yuk | Droidinside

Samsung Galaxy A70 Update Android 10 Intip Bug nya Yuk

  • 3 min read
  • Jun 01, 2020
Samsung Galaxy A70 Update Android 10

Produk dari Samsung dengan tipe Galaxy 70, atau Samsung A70 sebelumnya menggunakan OS Pie dengan antarmuka One UI 1.0. Setelah di upgrade ke Android 10, apa saja yang kamu dapatkan?

Android 10 di Samsung Galaxy A70

Tepat bulan maret yang lalu pada tahun 2020, Samsung Galaxy A70 mendapatkan update ke Android 10. Dengan mengusung antarmuka baru yaitu One UI 2.0, Samsung satu persatu mulai memberikan penyegaran Sistem Operasi terbaru android ini seperti pada Galaxy A20.

Sebelumnya update ini hadir di beberapa negara, namun seiring berjalannya waktu semua region akan mendapatkannya. Samsung Galaxy A70 yang pertama kali terjun di Indonesia mendapatkan patch keamanan 1 Februari 2020. One UI 2.0 hadir sebagai antarmuka baru yang memiliki banyak fitur menarik dari Samsung dan Google.

samsung a70 android 10

Informasi yang diberikan sebelum update yaitu penyempurnaan mode gelap dimana gambar, teks, dan warna disempurnakan untuk penggunaan siang maupun malam hari. Ditambah tampilan, wallpaper, widget dan hampir keseluruhan tampilan dioptimisasi terutama ruang layar tidak ada yang terbuang. Animasi yang lebih smooth juga ditingkatkan pada versi ini.

Cara Update Samsung Galaxy A70 ke Android 10

  • Hanya dengan cek pada Pengaturan/Settings – Ketuk pada Update Perangkat Lunak
    cara update samsung galaxy a70 android 10
  • Jika Samsung Galaxy A70 kamu masih berada pada Android 9 dan sama sekali belum update ke patch keamanan 1 November 2019, kami sarankan update saja dulu. Selesai, maka update ke Android 10 patch 1 Febuari 2020 akan keluar.
    samsung update untuk galaxy a70
  • Proses update ke Android 10 Samsung ini bisa memakan waktu kurang lebih 35 menit dengan ukuran file sekitar 2 Gb.

Pastikan kuota data cukup ya, dan juga perhatikan tingkat baterai kamu sebelum update. Kamu bisa juga melakukan update Android 10 tanpa melakukan reset pabrik atau factory reset. Pastikan luangkan waktu untuk mencadangkan data di penyimpanan internal kamu apabila ingin melakukan reset setelah memperbarui.

Kelebihan dan Kekurangan (Bug) Setelah Samsung Galaxy A70 Update ke Android 10

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kekurangan maupun kelebihan yang ada setelah kamu update ke Android Q. Informasi bug android 10 di Galaxy A70 maupun kelebihan ini adalah pada versi patch keamanan 1 Febuari 2020.

Kelebihan Patch 1 Feb 2020

  • Peningkatan tampilan lebih smoth saat berganti antar layar
  • Multitasking lebih nyaman atau smooth
  • Penggunaan Fingerprint lebih responsif dari versi sebelumnya
  • Gesture yang lebih banyak digunakan pada Android 10 cukup nyaman digunakan pada produk dengan layar Super Amoled ini

Kekurangan (bug) Patch 1 Feb 2020

  • Pengaturan hanya perangkat yang diijinkan pada hotspot/thetering menghilang, kamu tidak akan menemukan pengaturan lawas dimana hanya perangkat yang diijinkan yang boleh connect ke hotspot. Fitur ini dirasa penting bagi sebagian orang yang ingin mengatur hotspot mereka
    bug samsung galaxy a70 android 10
  • Tidak support di beberapa mobile banking seperti BRI mobile. Ketika melakukan instalasi dan login aplikasi mBanking, terdapat eror
  • Saat menggunakan kamera, ada beberapa user yang mengatakan terjadi Hang. Saat menggunakan mode malam, lebih banyak night sight noise yang muncul pada hasil jepretan kameranya
  • Bug layar sedikit meredup saat lock screen
  • Aplikasi lock aplikasi masih banyak yang belum support pada versi android ini
  • Lemot dirasakan pada penggunaan beberapa aplikasi, termasuk untuk gaming PUBG ada yang menuturkan terdapat penurunan performa alias Lag. Beberapa merasakan ada error pada Gyro untuk game.
  • Baterai sedikit lebih boros pada penggunaan biasa maupun gaming
  • Sentuhan layar menjadi sangat sensitif pada beberapa waktu

Info Tambahan dan Penutup

Jika dilihat kok malah lebih banyak kekurangannya ya? Sepertinya memang iya. Kekurangan yang disebutkan diatas mungkin tidak terlalu mengganggu pada pengguna yang hanya menggunakan ponsel ini untuk kegiatan biasa sehari-hari. Tidak perlu khawatir untuk update, akan ada pembaruan susulan untuk mengatasi beberapa masalah diatas. Seperti update terbaru:

Patch Keamanan 1 April 2020

Setelah muncul pembaruan patch terbaru, belum banyak yang mencoba versi ini. Namun mereka yang melakukan update ini ada angin segar dimana beberapa masalah diatas hilang dan teratasi pada versi patch terbaru. Seperti aplikasi Mobile Banking kini sudah support untuk hampir semua bank, kecuali BRI Mobile (Gunakan pengganti yaitu BRImo).

Beberapa fitur dari update Samsung Galaxy A70 ada patch april ini adalah:

  • Peningkatan stabilitas GPS (versi sebelumnya gps sering kurang akurat)
  • Peningkatan pada Video Recording (meskipun sudah diupdate, perekaman video sedikit terkendala blur pada beberapa user)
  • Peningkatan keamanan dan kompabilitas dengan aplikasi pihak ke 3
  • Peningkatan performa gaming (benar dirasakaan banyak pengguna)

galaxy a70 kekurangan setelah update

Saran admin mungkin lebih bagus jika kalian melakukan update Android 10 pada Samsung Galaxy A70 ke versi Patch 1 April 2020. Jika memang masih ditemukan masalah, lakukan update versi ini kemudian kalian lakukan factory reset atau pengaturan pabrik. Reset ini akan mengatasi beberapa masalah pada Patch Febuari maupun April. Namun kekurangannya adalah kamu repot untuk mem-back up data penting ke penyimpanan lain. Adapun kalau penggunaan baterai menjadi sedikit lebih boros adalah wajar. Mereka juga merasakan charge dari 95 ke 100 persen menjadi agak lama dari biasanya, hal ini tidak masalah malah menambah aman baterai dari overcharging.

Reset ke pengaturan pabrik selain mengatasi masalah, hal ini juga akan membuat aplikasi yang lama menjadi bersih cache dan penyimpanannya. Dengan aplikasi yang lebih fresh, baru dan update mampu mengatasi masalah lemot karena data lawas dari sistem sebelumnya dan sistem baru yang harus menyesuaikan ke aplikasi yang masih lawas.

Terima kasih semoga bermanfaat, stay tune…

Tinggalkan Komentar!