Atasi Samsung Dicas Keluar Tanda Air Dan Seru

  • Droidinside
  • Mar 02, 2022

Apakah kamu pernah mengalami ponsel Samsung dicas keluar tanda air dan seru ketika posisi dimatikan? Biasanya masalah ini pasti selalu berhubungan dengan air, sebuah zat yang sebenarnya wajib dihindari untuk perangkat elektronik seperti ponsel. Namun sebagian pengguna bahkan merasakan masalah ini padahal ponselnya tidak terkena air sebelumnya.

Ponsel Samsung yang mengalami masalah pengecasan ditandai dengan tanda seru dibagian tengah layar dan tanda air dibawah saat ponsel dimatikan. Saat ponsel hidup, notifikasi yang muncul pada layar yaitu “Peringatan: Jangan Gunakan Port Pengisian Daya/USB. Kami mendeteksi kelembapan atau materi asing di port pengisian daya/USB anda”. Hal ini menandakan bahwa ada kotoran dan hal lain yang menyebabkan perangkat pengisian data lembab.

samsung charger tanda air

Penyebab utamanya memang air yang membasahi kabel dan lubang USB pada ponsel. Kehujanan, terkena uang makanan, kemasukkan butiran nasi, berada di daerah basah/kelembapan tinggi dan penyebab lainnya. Ada kasus yang tidak berhubungan dengan air seperti Samsung Galaxy A20 dan ponsel sejenis dirasakan oleh pengguna. Peringatan tersebut muncul sendiri ketika ponsel dimatikan, ponsel Samsung yang sedang diisi daya keluar tanda air dan seru serta tidak mau mengisi daya. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah pengisian daya tersebut? Dibawah ini tutorialnya dari Droidinside.

Mengatasi Samsung Dicas Keluar Tanda Air Dan Seru

Paling sering memang ketika ponsel terkena cipratan air dibagian colokan USB (untuk tipe bukan anti air), maka peringatan jangan gunakan port pengisian daya akan muncul. Bahkan hal ini bisa terjadi pada ponsel Samsung yang memiliki sertifikasi anti air IP67 (water resistant). Bukan berarti sertifikasi tersebut tetap mengizinkan kita bisa sembarangan memasukkan ponsel ke air. Bahkan kalau ketahuan ponsel error karena kemasukkan air, garansi akan tetap hangus (untuk kasus ponsel Samsung).

Tidak hanya air, ada pengguna yang port USB kemasukkan butiran nasi, debu kotoran dan hal lainnya menyebabkan ponsel Samsung dicas keluar tanda air dan seru. Berikut ini beberapa langkah untuk menormalkan kembali pengisian daya:

1. Membersihkan Port USB Dan Kabel Dengan Tisu

Jika memang lembab terkena air, lap kabel USB dengan kain halus atau tisu. Kamu juga bisa memilin tisu yang berkualitas baik kemudian memasukkan perlahan ke lubang USB di hp untuk membersihkan area lembab secara hati-hati. Pastikan tidak ada sisa tisu yang tertinggal mengotori lubang USB. Lebih jauh lagi, kamu bisa mengoleskan cotton bud dengan thinner yang dimasukkan ke lubang USB juga.

2. Memasukkan Ponsel Ke Beras

Sebenarnya cara ini cukup Worth It ketika ponsel dibuka casing belakangnya. Tapi kan ponsel Samsung model sekarang kan baterai tanam dan sulit membuka casing belakangnya. Boleh sih, ketika ponsel Samsung ada notifikasi kelembapan atau keluar tanda air saat mati kamu bisa menggunakan cara ini.

3. Menggunakan Hair Dryer

Jika kamu memiliki alat sederhana untuk memanaskan rambut tersebut tidak ada salahnya untuk digunakan pada ponsel. Perhatikan penggunaan panas hair dryer yang paling kecil dan tidak boleh melebihi 3 menit. Arahkan suhu panas alat tersebut ke lubang charger/USB beserta kabel USB dengan waktu yang telah disesuaikan. Cara mengatasi hp Samsung dicas keluar tanda air dan seru saat dimatikan ini cukup bisa berguna. Diamkan ponsel setelah dipanaskan, kemudian coba untuk hubungkan kembali dengan pengisian daya.

4. Ganti Kabel USB Dan Kepala Charger

Seperti yang telah admin utarakan diatas, masalah hp Samsung dicas keluar tanda air dan seru pas dimatikan tapi tidak ada sangkut pautnya dengan debu maupun air. Kerusakan bisa diperoleh dari kabel maupun kotak charger. Kamu bisa mencoba menggunakan yang lain dengan spesifikasi yang sesuai. Charger yang lebih cepat boleh, namun jangan terlalu lama menggunakannya. Hanya sebagai percobaan apakah kabel dan kepala charger milik kamu yang rusak.

5. Atur Ulang Pengaturan Atau Reset Ke Pengaturan Pabrik

Jika kesalahan hp Samsung dicas keluar tanda air dan seru murni karena software dan bukan kerusakan hardware. Layaknya kasus tanpa terkena air atau debu sama sekali, kamu bisa mencoba mereset pengaturan ponsel Samsung. Jika belum berhasil, coba reset ke pengaturan awal atau pabrik tapi back up dulu data penting kamu.

6. Servis Ke Tempat Terpercaya

Jika memang masalah ponsel Samsung dicas keluar tanda air dan seru diatas kamu alami setelah terkena air. Sudah pasti kejadian tersebut tidak ditanggung oleh garansi. Membawa ke service center resmi mungkin akan membutuhkan biaya pembersihan. Apabila ada kerusakan papan bawah, tempat dimana IC Charger dan tempat colokan kabel USB berada. Akan memakan biaya yang lebih mahal lagi. Untuk itu, bawa ke tempat servis kepercayaan kamu untuk mengatasi masalah Samsung dicas keluar tanda air dan seru meskipun bukan berhubungan dengan air juga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.