Mengatasi Samsung A52s Boros Baterai

  • Droidinside
  • Apr 30, 2022

Cukup banyak pengguna mengalami Samsung A52s boros baterai, beberapa langkah diperlukan supaya pemakaian jadi lebih lama. Sebenarnya menurut admin wajar aja nih hp agak boros baterai, soalnya dapur pacu yang dimiliki ponsel ini bagus. Bahkan hp ini juga direkomendasikan oleh banyak Blogger/Youtuber sangat Worth It To Buy pada masa ponsel ini rilis. Bahkan banyak juga yang tetap membeli Galaxy A52s meskipun si Galaxy A53 yang sama-sama mendukung jaringan 5G. Meskipun lebih lawas, tapi performa A52s itu gak bohong.

Tapi yang menjadi masalah adalah hp Samsung Galaxy A52s yang boros baterai ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal. Paling sering admin temui dari pengguna yaitu mereka yang telah mendapatkan pembaruan One UI 4.1 berbasis Android 12 merasakan baterai menjadi boros padahal sebelumnya tidak.

Selain itu poin yang perlu diperhatikan penyebab Samsung A52s boros baterai yaitu Always On Display, Refresh Rate, penggunaan game, kelemahan sinyal dan beberapa hal lainnya. Untuk itu, butuh cara-cara agar menghindari pemborosan baterai dengan melakukan antisipasi penyebab yang terjadi. Lalu apa saja solusi untuk masalah ini? Droidinside akan memberikan tipsnya dibawah ini.

Tips Mengatasi Samsung A52s Boros Baterai

Dimulai dari beberapa cara dengan mengubah pengaturan pada ponsel, melakukan pencegahan, hingga melakukan penggantian part tertentu. Solusi dibawah ini bisa kamu sesuaikan dengan kondisi ponsel Samsung Galaxy A52s kamu:

hemat baterai samsung galaxy a52s

Tidak Menggunakan Refresh Rate 120 Hz

Satu hal ini memang gak ngotak membuat produk Samsung dengan spesifikasi IP67 dust/water resistant jadi boros baterainya. Memang ponsel jadi sangat mulus scroll sana sini, buka menu sana sini. Tapi hal ini menguras penggunaan daya bener. Untuk itu, kamu bisa menurunkan Refresh Rate ke 60 Hz saja (standar) biar baterai tetap awet. Dengan mengesampingkan performa, berikut langkahnya:

  • Buka Pengaturan
  • Tampilan
  • Kemulusan Gerakan
  • Pilih Standar

Aktifkan Power Saving Mode

Meskipun bisa mengatasi Samsung A52s boros baterai. Tapi pas mode ini diaktifkan, bakal ada sedikit penurunan performa. Kamu bisa menggunakan mode ini pas hp lagi agak sepi penggunaan. Hitung-hitung mengurangi proses untuk mengurangi penggunaan baterai oleh sistem. Langkah mengaktifkannya:

  • Buka Pengaturan
  • Baterai Dan Perawatan Perangkat
  • Baterai
  • Klik Mode Hemat Daya (Hemat Daya Medium, Hemat Daya Maksimum atau aktifkan juga Hemat Daya Adaptif)

Tidak Update Ke One UI 4.1 Atau Reset Setelah Update

Memang pembaruan software itu menggiurkan, tapi berkaca dari pengalaman penggunanya ini bisa jadi poin pencegahan. Sebaiknya mungkin kamu perlu menunda melakukan update perangkat lunak. Dari beberapa rumor yang admin dapatkan, fungsi update sistem ini memang membuat performa ponsel menjadi menurun. Ditambah dengan lahirnya generasi penerusnya yaitu Samsung Galaxy A53, membuat pihak Samsung sengaja membuat A52s jadi kentang untuk tujuan biar pada beli hp baru. Tapi entahlah apakah ini beneran atau nggak.

Jika memang kamu sudah melakukan update ke Android 12. Disarankan untuk Reset ke pengaturan pabrik atau pemulihan pabrik. Hal ini akan memberikan penyesuaian pada aplikasi agar pas di sistem operasi yang baru. Memang benar bakalan membuat kamu jadi lebih ribet karena harus back up data dulu. Tapi cara ini dinilai mampu mengembalikan penggunaan Samsung A52s boros baterai kembali seperti semula.

Mematikan Always On Display

Memang tidak terlalu bisa mengatasi Samsung A52s boros baterai hanya 1% saja. Tapi ini bisa jadi opsi yang gak bisa ditinggalkan. Kamu bisa mematikan AOD dari Pengaturan – Kunci Layar – Nonaktifkan Always On Display.

Gunakan Jaringan 4G Only Atau Wifi

Saat di daerah kamu belum ada layanan jaringan 5G, direkomendasikan untuk mematikan penerimaan sinyal tersebut. Aktifkan sinyal 4G only saja sehingga sistem tidak mencari-cari sinyal yang belum tersedia, karena ini membuat baterai menjadi boros. Karena mungkin butuh beberapa tahun kedepan jangkauan sinyal kenceng 5G bisa kita nikmati.

Selain menggunakan data seluler, menggunakan koneksi Wifi akan sangat menghemat baterai Samsung Galaxy A52s. Ya ini juga berlaku untuk ponsel-ponsel lainnya juga sih. Direkomendasikan terhubung ke jaringan Wifi untuk internetan, karena sangat berguna menghemat baterai ponsel ini.

Ganti Baterai

Sebagai solusi masalah Samsung A52s boros baterai untuk produk yang udah lama. Karena si A52s ini rilis tahun 2021 kemungkinan sudah ada penurunan performa baterai. Kamu bisa menggantinya di Service Center Samsung dengan harga sekitar 260 ribuan (belum termasuk pajak dan biaya penggantian).

Penutup

Itulah beberapa solusi mengatasi Samsung Galaxy A52s boros baterai dan juga beberapa pencegahan untuknya. Saran admin jangan di update sih, terus pake Wifi dan gunakan 60 Hz aja. Ya memang performa berkurang tapi ngirit baterai tujuannya. Mengingat kapasitas baterainya cuma 4500 mAh.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.