Mengatasi Samsung A52 Layar Berkedip Setelah Update

  • Droidinside
  • Apr 03, 2022

Pembaruan One UI 4.0 memunculkan problem Samsung A52 layar berkedip yang muncul saat fingerprint digunakan. Banyak pengguna ponsel dengan layar Super Amoled mengalami permasalahan tersebut. Seperti kita ketahui, spesifikasi layar ponsel yang memiliki Refresh Rate layar lebih dari 60 Hz sebenarnya lebih halus daripada layar dengan Hz biasa (60). Tapi terkadang mengalami bug dan ini dirasakan pada banyak merek ponsel lain.

Samsung Galaxy A52 mengalami layar berkedip ketika membuka kunci menggunakan sidik jari atau fingerprint. Menurut admin ini merupakan perpaduan bug dari software berupa layar 90 Hz dan Always On Display (AOD) yang dimilikinya. Jadi ketika layar mati atau dalam mode sleep dimana AOD aktif, coba menempelkan jari pada fingerprint tiba-tiba layar berwarna putih dalam waktu singkat sebelum akhirnya hitam lagi lalu terbuka kuncinya.

One UI 4.0 yang membawa pembaruan versi Android 12 menjadi penyebabnya karena para pengguna mengalaminya setelah melakukan pembaruan. Bukan berarti fitur baru yang ada didalamnya membuat bug Fix, tapi ada juga yang menambah masalah baru salah satunya Samsung A52 layar berkedip. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Droidinside memberikan solusinya.

Cara Mengatasi Samsung A52 Layar Berkedip

Seperti yang telah disinggung admin di bagian atas. Dua bagian yang perlu kamu perhatikan berkaitan dengan Refresh Rate dan versi Android maupun One UI yang diperbarui. Keduanya perlu diperhatikan supaya kamu bisa melakukan perbaikan dan juga menghindari adanya bug atau kesalahan sistem tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy A52 baik saat memakai sidik jari atau kegiatan biasanya:

Mengubah Refresh Rate Menjadi 90 Hz

Salah satu bug yang terjadi pada One UI 4 adalah bagian penyegaran layar. Beberapa pengguna mengatakan, sistem baru ini membuat ponsel kurang bisa menyesuaikan dengan spesifikasi hardware. Sehingga mengalami bug layar berkedip pada saat fingerprint digunakan untuk membuka layar atau ketika kecerahan layar berada di bawah 20%. Langkah untuk mengganti Refresh Rate menjadi tinggi di ponsel ini yaitu:

  • Buka Pengaturan (menu ini bisa diklik dengan usap layar dari ujung atas ke tengah, tekan tombol Gear)
  • Pilih menu Tampilan (Display)
  • Kemulusan Gerakan (Motion Smoothness)
  • Klik Tinggi (Adaptive)
  • Tekan Terapkan

Sekarang layar akan disetel memiliki Refresh Rate paling tinggi sesuai dengan spesifikasi ponsel ini yaitu 90 Hz. Ketika setelan ini sudah diterapkan, masalah Samsung A52 layar berkedip ketika membuka kunci dengan sidik jari bakal teratasi.

Menjaga Kecerahan Layar Diatas 20%

Salah satu bug yang dialami yaitu sama-sama Samsung A52 layar berkedip namun tidak sedang menggunakan sidik jari adalah Screen Flickering. Istilah tersebut adalah layar berkedip dengan sangat cepat sehingga tidak terdeteksi mata, namun ketika ponsel dimiringkan akan kelihatan. Ketika layar ponsel direkam menggunakan ponsel lain, hasil videonya layar Samsung A52 seperti punya garis berjalan layaknya gelombang. Hal ini juga disebabkan setelah ponsel Samsung A52 di update ke One UI 4.

Saat kecerahan rendah dengan Refresh Rate 90 Hz, maka Screen Flickering dapat terjadi. Solusinya yaitu buka Quick Access atau usap layar dari ujung atas ke tengah. Geser kecerahan layar hingga lebih dari 20% agar layar tidak lagi seperti berkedip.

Menghidupkan Always On Display

AOD merupakan fitur keren yang memunculkan sebuah animasi pada saat layar sleep. Setelah update, disarankan untuk mengaktifkan AOD pada pengaturan ponsel Samsung A52 layar berkedip kamu. Karena ada masalah bug pada software, tunggu update an selanjutnya sehingga masalah teratasi dengan baik. Gunakan minimal sebuah jam atau AOD bawaan dari Samsung yang ada di pengaturan untuk menghilangkan kedipan yang terjadi saat ponsel dibuka kuncinya.

Wipe Cache Partition

Cara mengatasi Samsung A52 layar berkedip ini kelihatan cukup mengerikan ya? Soalnya pake kata-kata yang asing bagi pengguna awam. Cara ini mungkin tidak perlu kamu lakukan jika ragu. Cukup menunggu update software selanjutnya yang memberikan fix terhadap layar berkedip pada produk A52 tersebut.

Jika yakin, langkah Wipe Cache Partition yaitu:

  • Matikan ponsel Samsung Galaxy A52 kamu
  • Colokkan ponsel dengan kabel USB ke komputer hingga logo charging muncul
  • Tekan tombol Volume Atas dan Power (bersamaan)
  • Setelah muncul logo Samsung, lepas tombol Power saja (vol atas masih)
  • Tekan tombol Volume Bawah ke pilihan Wipe Cache Partition
  • Tekan tombol Power
  • Arahkan ke bawah dengan Tombol Volume Bawah
  • Tekan Yes dengan tombol Power
  • Setelah itu tekan tombol Power pada Reboot System Now
  • Ponsel akan kembali ke layar utama/dihidupkan kembali

Penutup

Itulah beberapa solusi mengatasi Samsung A52 layar berkedip yang salah satu penyebabnya adalah hanis update software. Sebagian cara yang admin jabarkan diatas punya kelemahan. Sudah pasti penggunaan baterai akan lebih tinggi dari biasanya. Ya karena untuk menutup kekurangan kedipan layar yang terjadi pada produk tersebut.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.