Mematikan Rekomendasi Artikel Google Chrome

  • 2 min read
  • Jan 01, 2021
rekomendasi artikel google chrome

Rekomendasi artikel Google Chrome kadang muncul pada pemberitahuan. Hal ini bisa berisi iklan, berita, maupun rekomendasi bahan bacaan. Bagi sebagian orang mungkin hal ini dapat mengganggu layar ponsel. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana menghapusnya.

Rekomendasi Artikel Google Chrome

Big data adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan rekomendasi artikel yang sering kamu dapatkan. Akun Gmail kamu berisi bagaimana kamu berinteraksi dengan internet. Layaknya kata kunci apa saja yang sering kamu ketikkan pada pencarian Google akan mempengaruhi ini.

Jenis kata kunci yang dicari dan berbagai tautan akun Google akan sangat berpengaruh pada segala berita maupun konten yang muncul sebagai iklan. Beberapa muncul dari notifikasi Chrome. Biasanya jika website meminta untuk memberikan pemberitahuan/notifikasi, ini akan muncul sebagai notifikasi pada aplikasi Chrome.

Selain itu, ada sebuah fitur Discover dimana semua hal yang berkaitan dengan cara kamu mencari informasi di Google. Setiap kali kamu membuka sebuah tab baru di Google Chrome maka artikel berita akan muncul di bawah kotak pencarian dan website yang sering kamu kunjungi.

Konten yang muncul ini dapat disebut dengan rekomendasi artikel Google Chrome. Ini merupakan sebuah fitur yang disesuaikan dengan profil akun Google kamu. Meskipun kamu memiliki lebih dari satu akun Google. Setiap akun akan memberikan jenis berita/artikel yang berbeda juga.

Seringkali konten Discover ini diisi oleh website terkenal yang berada pada sebuah wilayah. Isinya bisa berhubungan dengan Hobby pemilik akun dan lain sebagainya.

Hal yang menjadi perhatian adalah konten rekomendasi artikel Google Chrome atau bisa disebut dengan Discover ini dapat memakan kuota. Kok Bisa ?

Konten Discover pada Google Chrome dapat diakses dengan sangat cepat. Karena berjalan di latar belakang. Menggunakan koneksi internet yang ada dan berjalan mendownload otomatis. Sehingga akan cepat muncul tanpa loading ketika kamu membaca dengan menekannya. Beberapa kasus ini berjalan saat menggunakan Wifi maupun data seluler.

Hal ini mungkin yang menyebabkan Google Chrome lebih lemot daripada browser lain. Chrome berjalan di latar belakang mengambil bandwith untuk memuat artikel Discovery. Lalu bagaimanakah cara mematikannya ?

Mematikan Rekomendasi Artikel Google Chrome

Caranya mudah:

  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Geser ke bawah untuk menemukan artikel-artikel
  • Klik 3 titik di sebelah kanan tulisan Discover
  • Klik Matikan
    mematikan discover chrome android

Mematikan rekomendasi artikel dapat menghemat kuota kamu. Agar Chrome bisa digunakan untuk mengakses hal lain tanpa terganggu. Selain pada pilihan mematikan fitur, kamu juga bisa mengubah isi dari rekomendasi artikel.

Kelola minat dapat kamu pilih, lalu pilih Interest. Terdapat daftar minat yang tersedia dari berbagai aktifitas akun kamu dalam berselancar dengan internet.

Meskipun kamu tidak memilih sebuah minat pun. Discover Chrome akan selalu tampil jika tidak dimatikan. Discover akan kembali hidup jika kamu menghapus data aplikasi Chrome.

Rekomendasi artikel Google Chrome dapat juga dimatikan melalui ponsel iPhone:

  • Buka aplikasi Chrome pada iOS
  • Klik tombol 3 titik untuk membuka opsi Chrome
  • Pilih Setelan
  • Temukan Sugesti Artikel (Article Suggestions)
  • Matikan dengan menjadikannya pada posisi Off
  • Klik Done/Selesai saat keluar Setelan

Penutup

Pada Chrome komputer, kamu mungkin tidak bisa menghapus rekomendasi artikel ini tanpa Flags. Akses ke Flags, lalu matikan #enable-ntp-remote-suggestions . Relaunch Chrome dan artikel tidak akan muncul pada Chrome Pc kamu lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *