Tips Rekam Panggilan Telepon Xiaomi

  • 3 min read
  • Mar 16, 2021
rekam panggilan telepon xiaomi

Bagaimana cara rekam panggilan Telepon Xiaomi ? Droidinside punya beberapa tips dan cara untuk melakukannya. Karena salah satu fitur yang dimiliki MIUI ini dapat membantu kamu saat melakukan panggilan. Mungkin sebagian dari kalian akan membutuhkannya.

Kegiatan menelpon menggunakan pulsa tidak jauh beda dengan sebuah kebiasaan yang dilakukan pengguna ponsel. Terkadang ada hal penting yang harus dicatat dalam percakapan saat melakukan panggilan suara ini. Sebagian mungkin akan menggunakan kertas untuk mencatat poin-poin penting saat menelpon.

Perekam Suara Telepon Xiaomi

Mencatat di kertas hampir tidak mungkin dilakukan jika percakapan yang dilakukan terlalu banyak dan setiap perkataan adalah poin penting. Apalagi untuk tujuan wawancara terkait pekerjaan, penelitian, maupun hanya sekedar daftar belanjaan yang harus dibeli.

Kamu membutuhkan perekam suara saat melakukan panggilan telepon. Untuk memudahkan mencatat berbagai hal dengan kembali mendengarkan rekaman tersebut. Xiaomi punya fitur ini di MIUI nya. Sehingga kamu tidak perlu instal aplikasi pihak ketiga untuk dapat merekam momen percakapan di telepon. Bagaimanakah caranya ?

Cara Rekam Panggilan Telepon Xiaomi

Sebagai prasyarat, ponsel Xiaomi kamu menggunakan MIUI. Bisa versi yang paling lawas sampai yang paling baru bisa menggunakan fitur perekaman panggilan. Bisa dengan mudah melalui langkah:

  • Buka aplikasi Telepon untuk memanggil
  • Masukkan nomor atau pilih dari kontak
  • Lakukan pemanggilan menggunakan sim 1 atau 2
  • Pada saat itu, di layar akan muncul opsi panggilan
  • Klik pada Rekam
  • Rekaman panggilan akan dilakukan

Saat menerima panggilan pun, kamu bisa juga menekan tombol Rekam. Fitur ini ada secara default. Akan tetapi perlu mengetuk secara manual dan tidak otomatis.

Cara Rekam Panggilan Telepon Xiaomi Otomatis

Pada ponsel dengan MIUI juga, rekaman dapat dilakukan secara otomatis. Melalui setelan, langkah lengkapnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Aplikasi Sistem (pada Xiaomi yang lebih baru di Apl-Setelan Aplikasi Sistem)
  • Telepon (Setelan Panggilan)
  • Setelan Rekam Panggilan (Rekam Panggilan)
  • Klik Otomatis Merekam Panggilan
  • Perekaman panggilan akan aktif

Ketika setelan ini diaktifkan, setiap melakukan panggilan baik itu panggilan keluar maupun masuk semuanya akan direkam. Disimpan dalam folder:

Penyimpanan Internal – MIUI -sound_recorder/call_rec

Untuk menonaktifkannya cukup mudah, tinggal menyesuaikan dengan setelan diatas. Rekaman suara akan otomatis merekam apabila panggilan telah terhubung. Apabila belum terhubung, perekaman tidak dapat dilakukan.

Rekaman yang disimpan akan memiliki format mp3 dan cukup jelas. Karena suara telepon terekam oleh sistem, suara dari lawan bicara hanya sedikit terganggu. Format nama file juga lengkap dimana tersurat nomor yang dipanggil dan waktu panggilan yang dilakukan.

Rekam Panggilan Telepon Xiaomi Dengan Android One

Sayangnya apabila ponsel Xiaomi kamu bukan menggunakan antarmuka MIUI hal tersebut tidak dapat dilakukan. Untuk rekam panggilan telepon Xiaomi dengan sistem operasi Android One layaknya MI A1 atau MI A2 dan ponsel sekelasnya berbeda. Karena tidak dilengkapi dengan perekam suara saat panggilan, kamu perlu melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga:

  • Perekam Panggilan
  • Otomatis Panggilan Perekam Bebas
  • Call Recorder Automatic

Droidinside juga punya tips untuk rekam panggilan telepon Xiaomi dengan Android One. Yaitu menggunakan Perekam Layar. Bagi ponsel Xiaomi yang sudah update ke Android 10 akan memiliki fitur rekaman layar.

Dengan merekam suara sistem dan dari microfon, kamu bisa mendengarkan lagi isi percakapan telepon dengan orang lain. Kelemahannya adalah format yang akan muncul adalah dalam bentuk video dari layar. Namun akan memiliki hasil suara dari panggilan.

Apabila belum ada, bisa juga mengunduh aplikasi perekam layar di Play Store. Fitur ini juga bisa kamu gunakan di ponsel Xiaomi dengan MIUI.

Penutup

Dengan rekam panggilan telepon Xiaomi secara otomatis, setiap panggilan yang masuk dan keluar akan tersimpan dalam bentuk mp3. Manfaat lainnya biasanya adalah untuk kode verifikasi atau OTP yang dikirim dalam bentuk suara/panggilan.

Beberapa penyedia verifikasi seperti Facebook menggunakan suara dari penelepon luar negeri berbahasa inggris. Dengan merekamnya, kita bisa menyimak angka-angka kode yang perlu dimasukkan untuk verifikasi. Untuk mereka yang sudah pintar berbahasa inggris pasti tidak perlu melakukan rekaman terlebih dahulu.

Beberapa penelpon yang suaranya cukup cepat sehingga sulit untuk dipahami juga bisa diatasi dengan merekamnya. Menyimak lagi sumber suara penelpon akan mengetahui maksud yang penelpon inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *