Mudah Atasi Rekam Layar Samsung Tidak Berfungsi | Droidinside

Mudah Atasi Rekam Layar Samsung Tidak Berfungsi

  • 3 min read
  • Jun 28, 2020
rekam layar samsung tidak berfungsi

Fitur baru ponsel setelah update Android 10 adalah perekaman layar. Namun ada masalah pada rekam layar Samsung yang tidak berfungsi. Bagaimana cara mengatasinya?

Rekam Layar Android

Membuat sebuah video pada layar Android yang sedang digunakan merupakan salah satu tugas yang dapat dilakukan oleh aplikasi rekam layar. Hanya dengan satu ketukan kamu bisa merekam aktifitas keseluruhan layar di android kamu.

Fungsi dari rekam layar cukup banyak, kamu bisa berbagi tutorial lewat aplikasi ini misalnya. Mau menunjukkan ke orang lain langkah-langkah agar bisa dilihat dan dipelajari dengan tangkapan layar berupa video ini. Hingga yang paling sering adalah melakukan rekaman saat bermain game, sekedar menunjukkan skill atau memang share aja ke orang lain cara bermain atau walkthrough ada pemain lain.

Apalagi dewasa ini, ponsel yang telah update dibekali dengan aplikasi rekam layar dengan dukungan perekaman suara dari internal sistem. Jadi kamu bisa rekam suara dari sistem tanpa harus mengeraskan suara speaker agar tertangkap mic ponsel seperti aplikasi yang lebih lawas. Bahkan rekam layar juga dapat diiringi dengan mengaktifkan kamera depan, buat kamu yang ingin melihat wajah kamu saat maen game misalnya bisa pakai fitur ini.

rekam layar android samsung

Dibalik sangat bergunanya rekam layar pada android, ternyata pada beberapa ponsel dapat mengalami masalah saat melakukan perekaman. Misalnya kasus yang paling sering adalah rekam layar pada Samsung Galaxy A51 yang telah diupdate dari versi pertama kali beli. Rekam layar tidak berfungsi, dimana pada saat kamu menekan ikon rekam layar, tidak terjadi apa-apa di layar ponsel Galaxy A51. Seharusnya ketika diklik, langsung masuk aplikasi rekam layar. Ditambah aplikasi rekam layar menghilang entah kemana. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Atasi Rekam Layar Samsung Tidak Berfungsi

Seperti halnya yang pernah admin bahas pada Samsung Galaxy A20 yang telah mendapatkan update ke android 10. Belum tersedia perekam layar sehingga harus mengambil aplikasi rekam layar dari Samsung tipe lebih tinggi. Berbeda dengan kasus Samsung Galaxy A51, sebelum update ke One UI 2.1, bisa dipakai rekam layarnya namun setelah update kok malah tidak bisa. Cara mengatasinya adalah:

  • Buka Pengaturan
  • Klik Aplikasi
  • Cari aplikasi Gambar Samsung (Samsung Capture) lalu pilih
  • Klik 3 titik pojok atas kanan
  • Hapus Instalan Pembaruan/ Uninstall

Setelah aplikasi Gambar Samsung dihapus instalasinya, kamu kemudian mengupdate kembali aplikasi ini dengan

  • Buka Galaxy Store
  • Cari Gambar Samsung (Samsung Capture)
  • Klik Instal atau Update

Setelah selesai, atur kembali aplikasi rekam layar pada bilah alat dengan

  • Geser layar dari atas ke bawah untuk membuka bilah alat
  • Klik tiga titik pada bagian atas kanan
  • Scroll kebawah
  • Pilih urutan tombol
  • Klik Reset

Setelah kamu melakukan hal diatas, cek lagi pada bilah alat dibagian atas. Pasti rekam layar Galaxy A51 akan kembali ke tempat semula bersama dengan alat lainnya. Rekam layar yang sebelumnya tidak merespon akan berfungsi kembali.

rekam layar samsung error

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab rekam layar samsung tidak berfungsi adalah setelah update ke One UI 2.1 aplikasi rekam layar tidak ikut diperbarui. Sehingga mungkin versi rekam layar Samsung lebih lawas dan tidak berfungsi pada sistem yang baru. Kasus ini terjadi pada rekam layar Samsung A51 dan selain itu, aplikasi rekam layar mungkin mengalami kerusakan pada file cache maupun data aplikasinya. Sehingga membutuhkan untuk di reinstal.

Saat kamu mengupdate aplikasi rekam layar Samsung ini, kamu tidak bakal rugi kok. Malahan kamu akan mendapat hal baru seperti perekaman layar akan menjadi lebih lancar dan tidak patah-patah dari versi sebelumnya.

Untuk versi lawas yang belum menggunakan One UI, kamu bisa akses rekam layar di Pengaturan – Fitur Lanjutan – Gambar Layar dan Perekam Layar – Pengaturan Perekam Layar. Disana kamu bisa memilih untuk mengatur sumber audio dan kualitas audio. Namun kalau ponsel kamu belum support rekam layar seperti Galaxy A10 maupun A20, ya jangan harap dapat menemukan aplikasi tersebut. Tapi tenang, untuk Samsung kamu yang belum memiliki perekam layar kamu bisa cek perekam layar Samsung Galaxy A20 yang bisa dipasang universal pada model Samsung Galaxy lain.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!