Mengatasi Redmi Note 4 Restart Sendiri

  • Droidinside
  • Feb 28, 2022

Viral beberapa waktu yang lalu, Redmi Note 4 Restart sendiri terjadi begitu saja tanpa ada penyebab yang pasti. Bahkan sampai produk Xiaomi Mid End di zamannya ini mengalami Bootloop. Sebenarnya apa yang terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Redmi Note 4 Restart Sendiri Hingga Bootloop

Sebenarnya bukan tidak ada penyebab mengapa ponsel Xiaomi yang memiliki 2 spesifikasi yang berbeda ini bisa Restart sendiri dan kemudian bootloop. Baik versi Snapdragon maupun Mediatek dari Redmi Note 4 Restart sendiri mengalami hal tak terduga yaitu mati sendiri dan kemudian hidup lagi. Kejadian mati lalu hidup ini berlanjut hingga ponsel mengalami Bootloop.

Setelah diusut ternyata masalah yang menyebabkan masalah Restart hingga Bootloop ini adalah update Google Play Service terbaru. Sebagian juga disebabkan oleh Google Play Store yang error setelah memperbarui diri. Mengapa hp Redmi Note 4 bisa alami masalah kayak gitu padahal Play Store dan Play Service gak di update?

redmi note 4 bootloop setelah update google
Ilustrasi tukang servis banyak orderan Redmi Note 4 Restart dan Bootloop

Simpel jawabannya adalah Google Play Store dan Google Play Service melakukan update secara otomatis berjalan di latar belakang. Jadi pas akhir bulan Februari 2022 kemarin, semua ponsel mendapatkan pembaruan kedua komponen aplikasi Google tersebut termasuk Redmi Note 4 dan Note 4X. Pembaruan dari Google selesai namun menyebabkan masalah baru yaitu ponsel Xiaomi tersebut menjadi Restart sendiri. Kondisi diperparah karena pada saat itu kan Xiaomi masih ada garansi distributor dengan ROM China belum CKD dan masih impor.

Gejala Redmi Note 4 Restart Dan Bootloop

Beberapa saat setelah sistem melakukan pembaruan aplikasi Play Service dan Play Store secara otomatis. Ponsel tiba-tiba mati sendiri dan layaknya dihidupkan kembali (restart) masuk ke logo MI. Setelah itu kembali ke layar utama, tidak lama ponsel tiba-tiba masuk ke Booting yaitu muncul logo MI. Begitu seterusnya hingga berkali-kali sebelum akhirnya ponsel Redmi Note 4 Restart sendiri jadi Bootloop atau gak kembali ke layar beranda. Yang paling gak beruntung, ada yang hp nya langsung Bootloop tanpa melalui proses kembali ke layar utama. Lalu adakah penyelesaian atas kasus ini? Droidinside punya jawabannya untuk kamu.

Cara Mengatasi Redmi Note 4 Restart Hingga Bootloop

Masalah ponsel Redmi Note 4 dan Note 4X ini mencuat membuat banyak tukang service hp mendapat cuan. Ya itu udah rejeki mereka sih. Tapi berikut ini ada tips dari admin untuk kamu yang mengalami masalah ponsel Xiaomi Note 4 dan Note 4X restart sendiri:

1. Menghapus Pembaruan Aplikasi Google (Jika Hp Masih Bisa Dipakai) Dan Mode Pesawat

Jika ponsel Redmi Note 4 dan Note 4X kamu ternyata mengalami gejala restart sendiri, masuk logo MI secara tiba-tiba pas ponsel lagi digunakan. Dan masih bisa kembali masuk ke menu utama/bisa dioperasikan langkah penyelamatannya yaitu dengan menghapus pembaruan aplikasi Google Play Service dan Google Play Store. Langkahnya:

  • Hidupkan mode Pesawat (matikan Data)
  • Buka Setelan
  • Pilih menu Aplikasi Terinstal
  • Klik 3 titik pojok kanan atas, tampilkan Semua Apl
  • Pilih Layanan Google Play
  • Klik Paksa Henti
  • Lalu klik Hapus Data
  • Pilih Kelola Ruang
  • Hapus Semua Data

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan klik Cari Di Antara ~ Apl. Ketik Google. Selanjutnya:

  • Pilih Google Play Store – Uninstal Pembaruan
  • Pilih Google Play Service For Instant Apps – Hapus Data – Hapus Semua Data
  • Pilih Google – Uninstall Pembaruan

Cara ini mampu mengatasi Redmi Note 4 Restart sendiri dan mencegahnya menjadi Bootloop. Karena pembaruan aplikasi Google serta jajarannya. Setelah itu, kamu juga perlu terus memantau apakah pembaruan yang dilakukan secara otomatis tersebut membuat ponsel Restart sendiri lagi. Lakukan tindakan pencegahan diatas tersebut lagi. Kemungkinan besar Google Play akan update sendiri. Langkah pencegahannya jangan sambungkan Redmi Note 4 dengan jaringan seluler atau Wifi terlebih dahulu.

2. Wipe Data Dan Instal Google Play Service Manual

  • Matikan ponsel
  • Masuk ke mode Recovery
  • Dengan menekan tombol Power dan Volume + saat ponsel mati
  • Pilih Bahasa Inggris (jika ada pilihan menu bahasa China)
  • Pilih Wipe Data (dengan tombol Volume -)
  • Tekan tombol Power
  • Klik tombol Power untuk Wipe All Data
  • Pilih Confirm
  • Ponsel akan membersihkan semua data termasuk layanan Google Play penyebab error
  • Setelah ponsel bisa hidup, sebisa mungkin jangan hidupkan data seluler atau terkoneksi Wifi
  • Unduh dan instal Google Play Service V22 atau V21 (cari di Google, sesuaikan yang gak bikn Bootloop lagi)
  • Buka Pengaturan – Privasi – Lokasi – Centang Khusus Perangkat (atau matikan lokasi sekalian)
  • Restart
  • Coba login akun dan instal beberapa aplikasi di Play Store
  • Cek apakah ponsel Restart Lagi
  • Jika Restart, lakukan Wipe Data lagi hingga tidak ada gejala Restart sendiri

3. Hidupkan Mode Pesawat Dan Jangan Terkoneksi Ke Internet

Salah satu solusi paling ampuh untuk mengatasi Redmi Note 4 Restart sendiri adalah menghentikannya dari mengakses internet. Ketika terkoneksi ke internet, Play Service update sendiri dan mengakses data menyebabkan masalah tersebut. Disarankan untuk menghidupkan USB Debugging untuk berjaga-jaga ketika ponsel Bootloop agar bisa diflash sendiri menggunakan komputer.

4. Flash Sendiri Atau Ke Tukang Service

Cara mengatasi Redmi Note 4 Restart sendiri adalah melakukan Flash menggunakan aplikasi MI Flash Tools via komputer. Admin tidak akan memberikan tutorialnya, karena bisa kamu temukan di Google sendiri. Tidak admin rekomendasikan juga untuk melakukan Flashing sendiri. Kalaupun kamu sudah bisa, lakukan Downgrade Redmi Note 4 dan Note 4X ke MIUI 8 (versi paling awal). Setelah itu lakukan secara manual instal Google Play Service versi sebelum Februrari 2022.

Kalaupun kamu bawa Redmi Note 4 Restart sendiri /bootloop tersebut ke tukang servis agar bisa mengatasi Bootloopnya. Pastikan kamu meminta Garansi Servis. Soalnya, banyak yang sudah ke tukang servis tapi hp nya Bootloop lagi. Ini karena layanan Google Play dan jajarannya melakukan update lagi ke versi terbaru akibat konek data seluler/wifi. Sarankan ke tukang servis untuk instal Google Play Service versi lama.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi Redmi Note 4 Restart sendiri dan ponsel Note 4 sejenisnya lainnya akibat pembaruan aplikasi Google. Disarankan untuk menunggu update Google Play Service yang paling baru sebelum mengaktifkan data (jika bisa dan diperlukan) karena versi saat itu mengalami bug menyebabkan Redmi Note 4 Restart sendiri hingga Bootloop.

Post Terkait :

20 thoughts on “Mengatasi Redmi Note 4 Restart Sendiri

    1. Sama sama kak, ikut berbela sungkawa data kakak hilang. Semoga foto kenangan dengan mantan didalamnya jadi hilang. heheheh. Terima kasih telah meninggalkan jejak kak

    1. Hampir sja saya buang note 4x saya.. biar ilang sekalian kenangan bersama mantan…. xixixux. eee taunya google play. sekarang da balik normal lagi. mkasih min infonya

  1. Oh ternyata karena google play servis. Tadi aku unduh google play servis v21 tapi tidak bisa terinstall, jadi aku coba versi 22.12 baru bisa terinstall. Tapi versi ini keluaran tahun 2022, apakah aman ataukah akan bootlop lagi? :mrgreen:

    1. Admin belum bisa menjawab kak. Coba instal aja, dan konek ke internet. Jaga-jaga aja kalau hp ada tanda-tanda restart langsung matikan koneksi. lalu hapus pembaruan Play Service, atau Wipe Data lagi kak. Kalau sudah gak ada tanda-tanda, berarti versi Play Service tersebut aman.

    1. Versi dibawah 21 kak, tapi juga gak jamin masih bisa dipakai atau tidak. Mending update ke yang paling baru. Jaga-jaga aja kalau hp ada tanda-tanda restart sendiri, matikan data dan hapus pembaruan instalasi Play Service nya lagi kak. Kalau udah gak restart, berarti versi tersebut udah fix

  2. Tanya dong gan, bagaimana perkembangan selanjutnya?? Sudah masuk bulan mei ini.. apakah ada cara buat mengatasi ini semua?? Mohon di jawab

    1. Belum bisa memastikan kak, sepetinya masih banyak yang mengalami masalah ini. Solusinya adalah tunggu versi Play Service terbaru yang udah gak ada gejala masalah lagi. Terima kasih sudah meninggalkann jejak

    1. Saya udh ikutin cara agan, tpi google play nya versi 22 dan tetep restart terus menerus, mohon pencerahannya gan🙏🏻

    2. Download di APKpure/APKMirror, unduh versi yang dibawah 21. Setelah itu, uinstal pembaruan aplikasi Google Play. Baru lakukan instal file tersebut

  3. Mau tanya min
    Rekomen play servis yang oke min
    Saya sudah nyoba 15x dengan versi yang bebeda hasilnya gak jauh beda sama aja
    Ada versi ahir tahun 2021 amana dan lancar
    Karna masalah lowbet hape mati
    Pas di idupin sama seperti sedia kala restar terus menerus

    1. Kalau rekomen usahakan yang ada tulisan Stable kak, tapi kalau untuk memilih mana yang bagus itu banyak hal yang harus di cek kak, seperti versi firmware dan update miui berapa, karena itu sangat berpengaruh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.