Aktifkan Pratinjau Aplikasi Blur Xiaomi Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Sep 05, 2021
pratinjau aplikasi blur xiaomi

Pernahkah kamu menggunakan fitur pratinjau aplikasi blur Xiaomi? Atau mungkin belum tahu maksud dari aplikasi blur ini? Sebuah fitur yang sebenarnya menambah privasi ponsel kamu. Agar tidak mudah orang melihat apa yang ada pada kolom chat atau aplikasi apa yang sedang kamu buka.

Untuk kamu yang belum ngerti, pratinjau aplikasi blur adalah membuat aplikasi nampak blur ketika kamu pencet recent app (tombol kotak di navigasi sebelah kiri). Biasanya kita tekan tombol recent app, aplikasi masih tetap terlihat dalemannya. Contohnya kalau WA masih kelihatan tulisannya. Ini riskan untuk privasi penggunanya. Jadi misalkan kamu membuka recent app ketika orang lain melihat ponselmu, aplikasi bakalan tidak bisa dibaca (menjadi blur).

Selain pada chat, kamu mungkin membutuhkan privasi pada aplikasi lain. Semua aplikasi bisa dibuat blur ketika kamu membuka recent app di ponsel Xiaomi. Lalu, bagaimanakah cara mengaktifkan pratinjau aplikasi blur Xiaomi? Droidinside berikan langkah-langkahnya.

Cara Mengaktifkan Pratinjau Aplikasi Blur Xiaomi

Fitur ini hadir sejak antarmuka MIUI 11. Artinya kalau hp Xiaomi kamu udah update ke versi ini dan ponsel keluaran 2020 awal. Bisa dipastikan bisa menggunakan fitur penjaga privasi tersebut. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan fitur ini:

  • Buka Setelan
  • Apl
  • Kelola Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang akan dijadikan blur ketika menekan recent app
  • Aktifkan toggle Pratinjau Aplikasi Blur (di bagian bawah menu Setelan Lanjutan)
  • Setelah aplikasi terbuka, lalu kamu menekan tombol recent app maka akan tertampil menjadi blur

Melalui recent app sendiri, kamu juga bisa menyetel pratinjau aplikasi biar jadi blur. Langkahnya:

  • Buka aplikasi yang ingin dijadikan blur saat menekan recent app
  • Ketuk tombol recent app (tombol navigasi kiri berbentuk kotak)
  • Tekan dan tahan aplikasi tersebut
  • Pilih ikon Gear (beberapa ponsel Xiaomi akan langsung membuka setelan aplikasi ketika tekan dan tahan aplikasi di recent app)
  • Klik untuk mengaktifkan Pratinjau Aplikasi Blur
    fitur tersembunyi miui 11 aktifkan pratinjau aplikasi blur

Setelah kamu mengaktifkan pratinjau aplikasi blur Xiaomi tersebut, privasi bakalan jadi meningkat. Soalnya recent app selalu menunjukkan layar terakhir kamu membuka sebuah aplikasi. Jika didalamnya terdapat informasi pribadi, misalnya chatmu dengan pacar atau mantan. Gak bakal ketahuan saat kamu mau berpindah ke aplikasi lain melalui tombol multitasking atau recent app.

Penutup

Menurut admin, dengan mengaktifkan fungsi aplikasi blur saat recent app di ponsel Xiaomi. Hal ini tidak berpengaruh dengan performa ponsel. Aplikasi tidak akan direload kembali jika dibuka meskipun kamu menggunakan fitur blur aplikasi ini. Tergantung spesifikasi ponsel, jika hanya dua aplikasi kemungkinan reload cukup kecil.

Fitur pratinjau aplikasi blur Xiaomi ini tidak cocok jika kamu membutuhkan gambar terakhir aplikasi sebelum berpindah (multitasking). Seperti mencatat nomor telepon atau sebuah pesan penting. Karena fungsi recent app memang seperti itu, kita berpindah ke aplikasi lain tapi masih bisa mengintip aplikasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *