Tips Atur Peringatan Penggunaan Data Xiaomi

  • 3 min read
  • Feb 01, 2021
peringatan penggunaan data xiaomi

Agar tidak boros kuota, kamu perlu mengaktifkan peringatan penggunaan data Xiaomi. Namun bagi beberapa user, seringkali peringatan penggunaan data ini malah mengganggu. Karena bisa muncul sebagai notifikasi diatas saat ponsel digunakan.

Bagi kamu yang merasa fitur ini berguna atau tidak, mungkin perlu sedikit penjelasan. Apakah dengan mematikan atau menghidupkannya dapat membuat penggunaan ponsel lebih baik atau tidak.

[lwptoc]

Jika disesuaikan dengan kuota yang kamu miliki, fitur ini sebenarnya cukup berguna. Apalagi mereka yang berhemat saat penggunaan kuota. Akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Sebut saja untuk mengurangi pengeluaran akibat penggunaan kuota berlebih. Bahkan bisa dikatakan buang-buang kuota untuk kegiatan yang kurang bermanfaat.

Fitur ini bagi orang tua bisa cukup berguna. Untuk anaknya yang dipegangi ponsel untuk bermain. Karena seringkali, orang tua sudah membeli paket kuota untuk tujuan beberapa hari. Namun habis tak bersisa ketika digunakan anaknya bahkan dalam satu hari. Mungkin dengan penggunaan peringatan penggunaan data ini dapat membantu mengatasi hal ini.

Fitur yang berhubungan dengan data ini memberikan sebuah notifikasi. Tersedia juga di ponsel Xiaomi. Bahkan, selain hanya memperingatkan penggunaan data, Hp akan otomatis mematikan data seluler. Tentunya akan membantu dalam melakukan manajerial penggunaan data. Bagaimanakah menggunakan fitur peringatan penggunaan data Xiaomi ?

Menggunakan Peringatan Penggunaan Data Xiaomi

Sebelum mengetahui cara menggunakan maupun mematikannya, kamu perlu melihat cara mengaksesnya. Di semua ponsel Xiaomi dari MIUI yang lawas atau yang lebih baru. Beserta sistem operasinya juga, kamu dapat mengaksesnya melalui:

Aplikasi Keamanan – Penggunaan Data

Melalui menu ini, kamu dapat secara langsung mengetahui besarnya penggunaan data ponsel Xiaomi kamu di hari itu (ditujukkan dibagian bawah kiri) dan pada bulan tersebut di tengah.

Dapat diakses juga melalui setelan dengan membuka:

Pengaturan – Kartu SIM & Jaringan Seluler – Atur Penggunaan Data

Mematikan Peringatan Penggunaan Data Xiaomi

Bagi kamu yang tidak menginginkan peringatan data bisa mematikannya. Yaitu dengan:

  • Buka Atur Penggunaan Data
  • Klik untuk menghilangkan Penggunaan Data (pada SIM 1 dan SIM 2)
  • Ketika sudah dimatikan, kamu tidak akan menemukan peringatan penggunaan data lagi

Mengatur Peringatan Penggunaan Data Xiaomi

Terdapat beberapa menu yang bisa kamu manfaatkan. Fitur untuk membatasi data tidak sekedar membatasi, namun juga mengatur perhari sampai bulanan.

Gunakan Menu Dari Pengaturan

Paket Data

Untuk mengatur batas data kuota di jam kerja (diatur dalam ukuran MB/GB). Saat paket data yang diatur sudah menyentuh batas, dapat diatur dengan hanya menampilkan peringatan atau mematikan data secara otomatis.

Peringatan penggunaan data juga dapat diatur. Tingkat peringatan guna data akan memberikan notifikasi. Sesuai jumlah persentase yang diinginkan.

Tgl setel ulang penggunaan digunakan untuk menyesuaikan tanggal berapa kamu mulai daftar paketan internet. Bagi pengguna yang menggunakan data tiap bulan, fitur ini akan cukup membantu. Tidak perlu dihiraukan untuk kamu yang paketannya bolong-bolong atau tidak mesti bulanan.

Peringatan Penggunaan Data

Jika pengaturan sebelumnya hanya mengatur di jam kerja saja, pengaturan ini untuk dalam 1 hari. Bisa mengatur batas data harian jika diaktifkan. Ukuran data harian bisa disesuaikan. Apabila melampaui dapat secara otomatis mematikan data seluler. Dapat ditampilkan di peringatan layar kunci beserta besaran data peringatan yang digunakan.

Blokir Sebuah Aplikasi Agar Tidak Dapat Mengakses Internet

Selain hanya membatasi data untuk keseluruhan penggunaan ponsel. Kamu juga bisa langsung membuat sebuah aplikasi tidak dapat mengakses internet. Cara ini bisa juga mengatasi iklan di ponsel Xiaomi.

Saat mengakses penggunaan data dari Keamanan, kamu dapat membatasi akses internet sebuah aplikasi. Jadi sebuah aplikasi tidak akan dapat menggunakan data dari SIM 1, SIM 2 maupun Wifi.

  • Buka Keamanan
  • Penggunaan Data
  • Batasi Penggunaan Data
  • Centang Hijau untuk memperbolehkan sebuah aplikasi mengakses data
  • Centang Merah sebuah aplikasi akan diblokir untuk tidak dapat mengakses data

Penutup

Peringatan penggunaan data Xiaomi sebenarnya cukup detail juga. Dari hanya memberikan peringatan untuk harian dan untuk bulanan. Selain itu di layar kunci dapat juga memberikan notifikasi.

Untuk sekedar mematikan mungkin cukup mudah. Namun saat mengatur penggunaan datanya cukup banyak hal yang harus diisi. Tujuannya bagus juga, untuk mengatasi kelebihan penggunaan kuota. Dengan demikian peringatan penggunaan data Xiaomi akan muncul disesuaikan dengan keinginan pengguna.

mengatur penggunaan data di Xiaomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *