Perbedaan Zip Dan RAR Tips Pilih Mana Untuk Android

  • 3 min read
  • Jun 27, 2021
perbedaan zip dan rar

Droidinside berbagi informasi tentang perbedaan Zip dan Rar. Dua buah tipe file yang mungkin tidak asing di dunia komputer dan juga android. Jika kita menggunakan ponsel pintar, apakah Zip atau Rar yang perlu kita pilih? Berikut ini beberapa ulasannya perbedaan dan mengapa kita memilih salah satu dari keduanya.

Perbedaan Zip Dan Rar

Berkaca dari bahasa inggris Resleting, Zip adalah sebuah file yang mempack beberapa data menjadi satu bagian. Layaknya tas dengan resleting, semua barang dimasukkan kemudian dijadikan satu agar mudah dibawa. File ini tidak hanya dipacking namun juga dikompresi agar ukurannya lebih kecil dari awalnya.

Hampir sama dengan file Rar, memiliki konsep seperti layaknya Zip. Jenis file terkompresi yang dikembangkan oleh Eugene Roshal ini butuh tambahan software khusus untuk dapat dibuka. Selain itu, apa saja perbedaan Zip dan Rar yang perlu kamu ketahui?

Kompabilitas Untuk Android

Jika di ponsel android, file Zip sudah sangat lama digunakan sejak pertama kali muncul. Sebut saja untuk update.zip sebagai file untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Semua file manajer atau pengelola file ponsel android support/mendukung jenis format ini. Di hp android, bisa dengan mudah membuat file terkompresi menjadi Zip juga. Sehingga tanpa melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Berbeda dengan file Rar dimana tidak semua ponsel mendukung kompresi file ini. Perlu aplikasi pihak ketiga seperti RAR (RARLAB) sebagai aplikasi resmi untuk membuka dan membuat file terkompresi. Daripada harus melakukan instalasi aplikasi tambahan, menggunakan Zip akan lebih menguntungkan untuk hp android.

Selain di ponsel android, Zip merupakan sebuah standar file yang mendukung hampir dimana saja seperti komputer dengan Windows. Dan bisa dibuat dengan program yang berbeda seperti WinZIP, WinRAR, 7zip dan lain sebagainya. Sedangkan Rar hanya bisa dibuat dengan aplikasi WinRAR saja. Perbedaan Zip dan Rar yang satu ini yang membuat kamu akan lebih memilih salah satu di ponsel android.

Ukuran File Hasil Kompresi (Rasio)

Tujuan utama melakukan kompres file baik Zip maupun Rar adalah mengurangi ukurannya dari sebelum di pack. Dalam hal ini format Zip lebih inferior dari Rar. Menggunakan Rar lebih menguntungkan karena dapat mengecilkan ukuran file hingga 70% an dari ukuran asli. Sedangkan file Zip hanya 60% an dari ukuran awal sebelum dikompres. Anggap saja jika kamu punya file 10 Mb, jika pake Zip maka file akan berukuran 4 Mb saja dan 3 Mb untuk Rar.

Terkait dengan ukuran file, Zip memiliki keterbatasan untuk mengkompres sampai 2 Gb saja. Artinya ketika ukuran diatas itu, kompresi menjadi kurang berguna alias ukurannya sama seperti asli. Berbeda dengan Rar yang dapat mengkompres file hingga 8 Juta Gb sehingga cukup banyak digunakan di berbagai belahan dunia juga.

Gratis Vs Berbayar

Zip adalah sebuah standar file yang digunakan di hampir semua platform dan sifatnya gratis. Berbeda dengan Rar, jika pada komputer dengan Windows, kamu perlu membayar untuk dapat menggunakannya selamanya meskipun diberikan secara gratis dalam waktu 40 hari. Inilah perbedaan Zip dan Rar pada tipe penggunaannya yang Open Source Freeware (Zip) vs Shareware (Berbayar).

Kecepatan Saat Mengompres Dan Dekompresi

Perbedaan Zip dan Rar ada pada kecepatan atau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses. Menurut situs Github, dengan menggunakan aplikasi yang sama yaitu WinRAR waktu yang dibutuhkan untuk mengompres 100 Mb file menjadi Zip membutuhkan waktu kurang dari 5 detik. Sedangkan untuk membuat RAR perlu waktu hingga 15 detik. Untuk kecepatan, menang Zip karena berhubungan dengan algoritma.

Algoritma

Karena dibuat oleh orang yang berbeda, perbedaan Zip dan Rar ada pada metode untuk melakukan kompresi atau bisa disebut dengan algoritma. Zip menggunakan Deflate sedangkan Rar adalah LZMA (sebagian). Pada Rar lebih rumit yang membutuhkan kemampuan hitung lebih banyak sehingga membuatnya menjadi lebih lama daripada Zip. Ini juga berimbas pada ukuran file Zip yang lebih sama seperti ukuran awal daripada Rar yang jauh lebih kecil.

Keamanan

Secara umum file Zip dapat dibuat namun tidak memiliki Password atau kata sandi proteksi. Meskipun baik Zip dan Rar bisa ditambahkan kata sandi dengan menggunakan aplikasi tertentu. Seperti halnya jika kita ingin mengkompres file di android dengan file manajer bawaan. File Zip bisa dibuat tapi tidak ada pilihan untuk memasukkan password. Berbeda dengan Rar yang sejak awal bisa dipasang password.

Secara umum keamanan dalam kata sandi Rar menggunakan enkripsi 128 bit. Hal ini yang memberikan dampak lebih lamanya proses pembuatan file Rar. Sedangkan keamanan pada format Zip dikenal dengan ZipCrypto sebagai sistem berbasis kata sandi sederhana dan sangat rentan dengan serangan atau pembobolan. Jika dibandingkan dengan Rar yang bisa menggunakan enkripsi AES 256 bit membuatnya sangat sulit untuk bisa dibobol.

Penutup

Setelah kamu mengetahui perbedaan Zip dan Rar jika dihubungkan dengan penggunaan di ponsel Android. Bisa memilih mana yang cocok dengan keadaan kamu. Kalau pilih Zip berarti bisa dengan bebas menggunakan tanpa aplikasi tetapi keamanan dan besarnya file kurang kecil. Atau Rar dengan keamanan kata sandi dan file menjadi lebih kecil dengan proses dekompresi yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *