Perbedaan One UI Dan One UI Core Sebelum Beli

  • Droidinside
  • Nov 27, 2021

Sebelum membeli ponsel Samsung, kamu harus tahu perbedaan One UI dan One UI Core supaya tidak ragu. Agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna juga. Secara tampilan luarnya, jika dilihat perbedaannya hampir tidak ada. Namun ada fitur yang mungkin tidak bisa kamu nikmati jika memilih salah satu ponsel dengan antarmuka tersebut.

Samsung memberikan beberapa nama antarmuka untuk ponsel mereka. Sebenarnya yang paling terkenal adalah Samsung One UI yang disematkan pada ponsel mereka tepatnya versi 1.0 atau 1.1 untuk pertama. Versi pertama yang menggunakan One UI Core adalah Samsung Galaxy A10s dan A20s. Masuk ke kategori ponsel low end. Diatas itu ada seri A20, A30 dan seterusnya yang menggunakan seri One UI biasa. Meskipun secara spesifikasi tidak berbeda jauh, namun perbedaan versi One UI akan menyebabkan berbeda Experience atau pengalaman penggunaannya. Maka dari itu, Droidinside akan membahas beberapa perbedaan pada One UI versi biasa dengan edisi Core.

Perbedaan One UI Dan One UI Core

Sebelum mengarah ke perbedaannya, kamu mungkin perlu tahu dulu versi One UI yang dipake di ponsel Samsung sendiri. Cara cek varian UI nya yaitu:

  • Buka Pengaturan/Settings (dari menu utama, atau klik tombol Gear pada akses cepat dibuka dengan usap layar dari atas ke tengah layar)
  • Pilih Tentang Ponsel (About Phone)
  • Ketuk Informasi Perangkat Lunak (Software Information)
  • Dibagian atas, akan muncul Versi One UI dan Versi One UI Core pada ponsel Samsung kamu

One UI Core

Setelah mengetahui spesifikasi versi software tersebut, sedikit yang menjadi pembeda One UI Core bukanlah versi beta dari One UI biasa. Edisi Core diperuntukkan untuk ponsel Samsung Low-Mid End. Bisa dibilang untuk jajaran hp kentang Samsung dengan harga murah hingga sedang. Jadi fitur yang disematkan lebih sedikit. Hal ini bertujuan untuk kestabilan ponsel. Karena semakin banyak fitur akan berpengaruh ke performa yang dibutuhkan. Pengurangan ini bisa membuat versi One UI Core lebih ringan daripada yang biasa.

Fitur Yang Tidak Ada Di One UI Core

Perbedaan One UI dan One UI Core utamanya ada pada beberapa fitur dibawah ini. Absen pada versi Core untuk memperingan penggunaan sumber daya ponsel Samsung. Jadi fitur dibawah ini tidak disematkan pada One UI versi Core. Diantaranya:

Aplikasi Good Lock

Sebagai fitur yang mempercantik tampilan ponsel Samsung. Banyak modul yang disematkan untuk membuat tampilan ponsel Samsung menjadi lebih berwarna. Modul ini membutuhkan penyimpanan dan juga fungsi yang cukup berat. Sehingga ditiadakan pada versi Core. Namun tenang aja, meskipun kamu tidak bisa menggunakannya ada alternatif Nice Lock sebagai pengganti.

Layanan Bixby

Biasanya kita pake Oke Google. Tapi Samsung punya namanya Bixby yang merupakan asisten suara digital. Perbedaan One UI dan One UI Core, dalam versi One UI Core fitur Bixby Routines, Bixby Vision tidak tersedia. Menu aplikasi tidak bisa kamu temukan. Namun, anehnya Samsung memberikan akses Bixby pada Samsung Galaxy M51 meskipun menggunakan One UI Core. Ini yang bikin agak pusing mengelompokkan kategori versi One UI dengan versi yang dimiliki produk Samsung.

Mode Mudah (Easy Mode)

Sebuah tampilan yang memudahkan kamu dalam penggunaan ponsel Samsung. Fitur ini sebenarnya hadir di semua merk ponsel Android. Akan tetapi pada versi One UI Core ditiadakan. Tampilan mode mudah seperti layaknya ponsel lawas dengan menu yang simpel dan tradisional.

Samsung Pay

Kelihatan banget untuk ponsel Samsung yang ada garis putih bagian bawah (Samsung Pay) aktif adalah versi hp Mid-High End. Perbedaan One UI dan One UI Core terletak pada garis ini. Samsung Pay merupakan fitur pembayaran yang dimiliki oleh Samsung dan tentunya untuk versi yang lebih mahal.

Knox Security

Perbedaan One UI dan One UI Core selanjutnya ada pada versi Knox Security. Ini merupakan sebuah fitur keamanan yang menciptakan lingkungan aman untuk data dan aplikasi. Kamu tidak perlu menggunakan tambahan antivirus untuk keamanan lagi. Pada versi One UI Core lama (2.0), fitur ini sama sekali tidak ada. Namun untuk One UI Core baru (2.1) yang disematkan pada
Samsung Galaxy M51 sudah tersedia. Kemungkinan fitur ini ada untuk Samsung versi Mid-High End saja tanpa terkecuali untuk versi One UI nya.

Fitur Edge Panel Dan Lightning

Panel sisi yang bisa membuka daftar aplikasi hanya dengan usap layar dari samping. Selain itu itu ada Edge Lightning yang berfungsi memberikan warna pada tepi layar. Fitur ini menjadi perbedaan One UI dan One UI Core yang paling kelihatan yaitu mempercantik dan mempermudah penggunaan ponsel. Namun fitur ini absen di semua One UI Core.

Folder Aman

Memberikan kata sandi untuk aplikasi atau folder yang berada di layar utama maupun didalam File Saya. Versi One UI Core tidak ditambahkan dengan fitur ini. Secure Folder sampai saat ini hanya diberikan untuk One UI biasa.

Game Launcher

Pengaturan Mode Game yang disematkan pada Game Launcher menjadi perbedaan One UI dan One UI Core selanjutnya. Pada versi One UI 2.0 Core tidak ada sama sekali. Sedangkan untuk One UI 2.1 Core pada Samsung Galaxy M51 fitur ini telah disematkan. Untuk Mid-End meskipun menggunakan Edisi Core, masih bisa digunakan.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan One UI dan One UI Core Edition dimana fitur yang disunat bisa kamu lihat. Jadi jangan lupa untuk mengecek versi One UI sebelum kamu membeli ponsel Samsung. Edisi Core kemungkinan akan lebih sedikit fitur yang dimiliki. Terlepas dari itu, versi Core bisa sangat cocok untuk pengguna yang tidak terlalu aneh-aneh. Sekedar untuk komunikasi saja dan tidak perlu tambahan fitur lainnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.