Perbedaan Classic Solitaire dan Klondike Solitaire

  • 2 min read
  • Okt 13, 2021

Hari ini, saya sangat jenuh bekerja. Sebagai wirastawan, saya senang kalau banyak pekerjaan namun di sisi lain saya merasa lelah. –”

Untuk menyegarkan pikiran di sela-sela pekerjaan, saya bermain solitaire yang saya akses di solitaire.org. Tidak seperti game komputer atau telepon genggam lain yang membutuhkan fokus yang tinggi, solitaire membantu otak untuk istirahat sejenak dan santai.

Dulu di computer saya ada permainan solitaire bawaan dari sistem operasi Windows. Tapi kok Sekarang tidak ada ya? Untung saja, sekarang sudah banyak permainan computer berbasis web sehingga hanya tinggal mencari di mesin pencari Google dan kita bisa mainkan permainannya.

Halaman web yang saya akses ini (solitaire.org) menyediakan berbagai macam permainan. Tentu saja, paling utamanya adalah Classic Solitaire – yang langsung bisa kamu akses saat membuka halaman utama.

Classic Solitaire merupakan permainan yang sama seperti dengan solitaire di computer-komputermu zaman dahulu (tentu saja tampilannya berbeda). Akan tetapi, di Classic Solitaire di web ini tidak bisa diatur supaya deck mengeluarkan kartu satu saja.

Perbedaan Classic Solitaire dan Klondike Solitaire

Ada permainan-permainan lain yang tersedia selain Classic Solitaire. Seperti misalnya:

1. Klondike Solitaire

Klondike Solitaire memiliki tampilan yang cukup berbeda dibanding dengan Classic Solitaire. Di Solitaire.org, tampilan Classic Solitaire didominasi dengan warna hijau dengan kartu berwarna biru tua sedangkan Klondike Solitaire memiliki latar belakang berwarna ungu dengan kartu berwarna merah.

Di Klondike Solitaire kita dapat memilih apakah deck-nya mengeluarkan satu kartu atau tiga kartu.

Lalu apa bedanya Classic Solitaire dengan Klondike Solitaire?

Ternyata… SAMA!

Jadi, sebenarnya solitaire merupakan istilah untuk semua permainan kartu yang dimainkan oleh satu pemain. Jenis-jenis solitaire yang kita sering lihat dan tahu adalah: Spider Solitaire, FreeCell, dan Klondike. Ada lagi, Tripeaks, Pyramid, Baker’s Dozen, dan lain-lain. (Yang tiga terakhir saya belum pernah coba, sih).

Sering kali nama solitaire tanpa embel apapun merujuk kepada permainan solitaire berjenis Klondike. Jadi Solitaire yang biasa kita mainkan di Microsoft Windows itu sama dengan Klondike. Istilah Klondike muncul pada abad 19 di daerah Klondike, Kanada.

game freecell droidinside

2. FreeCell

FreeCell juga merupakan jenis solitaire lain yang tersedia di solitaire.org. Berbeda dari classic atau Klondike solitaire, menurut saya main FreeCell cukup membutuhkan konsentrasi dan melelahkan otak. Untuk saya yang sudah lelah bekerja, malas ya buat main FreeCell. Eh tapi tadi saya setelah bekerja sudah main FreeCell lebih dari tiga kali. Kalau sudah mulai memang adiktif.

FreeCell juga merupakan permainan yang ada di Microsoft Windows. Tapi seingat saya dulu saya ngga suka main ini, karena susah, ngga semudah main solitaire biasa. Ada yang suka permainan FreeCell?

word search droidinside

3. WordSearch

Selain puluhan jenis game solitaire (iya, saya baru tahu kalau jenis permainan solitaire itu banyak sekali dari web ini), solitaire.org juga menyediakan permainan yang bukan solitaire. Game Zuma yang cukup popular pada zamannya juga ada, loh.

Bahkan permainan semacam WordSearch pun juga ada. Saya tadi mencoba permainan ini beberapa kali.

Untuk melihat jenis permainan lain, kamu bisa scroll halaman utama ke paling bawah. Kamu akan menemukan daftar permainan yang tersedia. Sayangnya, permainan yang linknya tersedia di header hanya sedikit: Klondike, FreeCell, Spider, Pyramid, Tripeaks, Golf, dan Mahjong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *