Tips Atasi Penyimpanan Penuh Whatsapp

  • 3 min read
  • Feb 07, 2021
penyimpanan penuh whatsapp

Seringkali menerpa hp jadul atau hp yang memori internalnya kecil, penyimpanan penuh Whatsapp seringkali muncul dalam notifikasi. Beberapa terdapat pesan “penyimpanan hampir penuh” bisa juga ruang penyimpanan hampir habis. Pesan ini biasanya muncul dan bisa dengan mudah dihilangkan atau bisa juga sulit dihilangkan.

[lwptoc]

Umumnya yang mendeteksi penyimpanan penuh adalah sistem. Saat notifikasi ini dapat dengan mudah di gesek dengan jari lalu hilang, umumnya masih ada ruang di hp yang bisa dimanfaatkan sistem. Ketika notifikasi ini tidak dapat dihilangkan, berarti penyimpanan memang sudah benar penuh dan kamu harus melakukan penghapusan data.

Penyebab Penyimpanan Whatsapp Penuh

Secara umum penyebab penyimpanan penuh menurut admin ada 3:

Penyimpanan di Whatsapp sendiri

Whatsapp selalu berhubungan dengan Gambar, Video dan bahkan Stiker dalam kehidupan sekitar kamu dalam menggunakan aplikasi Chatting ini. Penyimpanan penuh Whatsapp terjadi karena semua gambar dan video yang ada di aplikasi ini ada di penyimpanan internal.

Kamu pasti sering membuka gambar maupun video dari grup atau pesan pribadi. Jika terlalu banyak yang dilihat, file ini semakin lama semakin banyak. Sehingga menjadi penyebab penyimpanan Whatsapp penuh.

Terlalu banyak aplikasi terinstal

Meskipun aplikasi tidak pernah digunakan, terlalu banyak aplikasi akan mengganggu ruang memori. Sebenarnya hal ini berdampak pada penyimpanan internal. Hal ini membuat terjadi juga penyimpanan penuh Whatsapp. Saat aplikasi sering digunakan, akan menambah penyimpanan data maupun cache.

Aplikasi yang sering diinstal oleh anak-anak membuat hp orang tuanya selalu penuh. Seperti Tik Tok, Instagram, Likee, Snack Video, Cocofun dan aplikasi Game lainnya. Kalau hp nya sudah lama/jadul, mending tidak perlu instal aplikasi-aplikasi ini. Kamu juga perlu melihat apakah aplikasi Chrome memakan penyimpanan juga.

File di penyimpanan memori internal ponsel

Selain data aplikasi dan data Whatsapp sendiri, file di memori internal dapat membuat penuh penyimpanan. Biasanya didapat dari file hasil download. Berupa file PDF, video, atau file Office berupa Word, PPT atau Excel.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Whatsapp

Penyimpanan hampir penuh Whatsapp dapat mengganggu penggunaan aplikasi ini, sehingga tidak dapat digunakan dengan baik. Seperti contoh ketika penyimpanan hampir penuh ini, dapat menyebabkan tidak bisa melakukan telepon Whatsapp. Saat hp digunakan untuk memanggil, akan menghubungkan ulang terus. Selain itu, membuka aplikasi Whatsapp akan lemot atau loadingnya lama.

Ada lagi yang mengalami Whatsapp tidak dapat mengupdate karena tidak cukup ruang. Kesalahan saat mengunduh Whatsapp Messenger, tidak cukup ruang pada perangkat menjadi masalah yang fatal karena penyimpanan penuh.

Kamu perlu melakukan penghapusan berbagai file di ponsel sehingga Whatsapp kembali bisa digunakan semestinya. Berikut ini cara simpel untuk mendapatkan kembali penyimpanan ponsel menjadi lega sehingga WA dapat digunakan maupun di update kembali:

Hapus/Uninstal Aplikasi Selain Whatsapp

Dapat dilakukan dengan mudah melalui tekan dan tahan aplikasi yang ada di layar ponsel. Tekan uninstal atau hapus aplikasi. Beberapa aplikasi yang tidak penting seperti Game dan yang disebut di atas dapat menyebabkan penyimpanan penuh. Seringkali anak-anak menginstal aplikasi yang tidak penting. Sehingga perlu dilakukan cek berkala oleh orang tua untuk dihapus.

Hapus Database Whatsapp

Hal ini aman dan akan sangat melegakan penyimpanan ponsel kamu atau mengatasi penyimpanan penuh Whatsapp. Karena file Database akan selalu dibuat sebagai bahan pencadangan Whatsapp. Saat dihapus, tidak terjadi apa-apa dan file akan kembali ada setelah beberapa minggu. Caranya:

  • Buka penyimpanan internal ponsel kamu (lewat file manajer/file saya)
  • Pilih folder Whatsapp
  • Buka Databases
  • Hapus semua file dalam folder Databases tersebut

Hapus Semua File Dalam Penyimpanan

Bukalah file manajer atau file saya. Buka satu persatu folder yang ada video atau fotonya. Kemudian hapus file tersebut atau dipindah ke penyimpanan kartu memori.

Karena seringkali sudah menghapus semua file yang ada di penyimpanan internal termasuk video dan gambar maupun file namun masih saja terdapat notifikasi penyimpanan penuh Whatsapp sehingga tidak dapat melakukan update atau membuka aplikasi untuk chatting. Kamu perlu melakukan 2 hal diatas dulu untuk mengatasi hal ini.

Terakhir, sekiranya chat di Whatsapp di ponsel kamu tidak begitu penting. Begitu juga file file dalam penyimpanan internal, kamu bisa melakukan Reset ke pengaturan pabrik. Semua file dalam penyimpanan internal akan dihapus. Kamu bisa mulai instal aplikasi Whatsapp lagi.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, perlu dilakukan pencegahan penyimpanan penuh Whatsapp. Jika sudah terjadi, bisa juga dengan melakukan kelola penyimpanan Whatsapp penuh.

Kelola Penyimpanan Whatsapp Penuh

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Setelan
  • Data Dan Penyimpanan
  • Penggunaan Penyimpanan (tunggu sampai besarnya data muncul)
  • Klik pada sebuah akun atau Grup
  • Klik Kosongkan Ruang
  • Klik Hapus Item

Ini akan menghapus berbagai file (sesuai centang-an) yang akan melegakan penyimpanan Whatsapp kamu. Pilihlah sesuai prioritas yang tidak penting untuk dihapus. Sehingga penyimpanan dapat digunakan untuk menjalankan atau update Whatsapp.

Unduh Otomatis Media

Di menu Data Dan Penyimpanan, unduh otomatis media dapat dimatikan semua untuk mengatasi penyimpanan penuh Whatsapp. Untuk berjaga-jaga agar semua file dalam pesan Whatsapp tidak diunduh semua secara otomatis. Kamu akan manual dalam mengunduh gambar/video dalam pesan.

  • Klik Saat Menggunakan Data Seluler, hapus seluruh centang
  • Saat Terhubung Ke Wi-Fi, hapus seluruh centang

2 thoughts on “Tips Atasi Penyimpanan Penuh Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *