Penyebab Status Whatsapp Burik Jangan Panik

  • 3 min read
  • Sep 04, 2021
penyebab status whatsapp burik

Droidinside berbagi informasi beberapa penyebab status Whatsapp burik atau hasilnya jadi kurang jelas alias ngeblur dikit. Kasus ini terjadi pada aplikasi Instagram juga. Padahal gambar atau video yang direkam hasilnya jelas dan bagus. Namun ketika dijadikan status WA, hasilnya kurang memuaskan.

Status yang burik atau kurang jelas tersebut nggak cuma pas dilihat sendiri. Namun juga pas dilihat dari hp temen yang mantengin status WA kita. Sebenarnya apa sih penyebab dari hasil status Whatsapp yang jadi kurang jelas ini?

Penyebab Status Whatsapp Burik

Yang menjadikan hal ini jengkel adalah gambar atau video sudah bagus. Tapi kok setelah dijadikan status Whatsapp hasilnya mengecewakan. Tulisan di video atau gambar jadi kurang jelas dan terkesan beresolusi kecil.

Jika memang melihat kemampuan aplikasi Whatsapp, dia bisa mengkompres gambar atau video yang kamu miliki ketika dikirim ke kontak teman. Makanya, video ratusan MB dalam 30 detik untuk status bisa jadi puluhan MB doang setelah dikompres aplikasi ini. Kelebihannya jadi mungkin untuk ditonton orang lain meskipun kualitasnya berkurang. Kekurangannya ya itu dia, gambar jadi burik.

Tapi gak cuma dari proses kompresi sebagai penyebab status Whatsapp burik terjadi. Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan untuk ponsel kamu:

Spesifikasi Layar Android (Full HD Plus)

Banyak pengguna ponsel android mengeluh pada produk yang baru mereka beli di tahun 2019 sampai 2021 sekarang. Sebelum mereka ganti ponsel, status Whatsapp masih manis gambarnya jelas dan gak ada kesan burik. Setelahnya, pasti banyak mengeluh seperti di grub Samsung Galaxy M series, Xiaomi Redmi 9,10 dan sejenisnya.

Karena ponsel jaman now layaknya Xiaomis seri ke 9, memberikan resolusi layar Full HD contohnya 1080 x 2400 pixel. Ini kelebihan yang membuat kamu memandang layar lebih segar dan jelas. Namun ini berdampak ke kualitas gambar atau video hasil kompres Whatsapp.

Ya, penyebab status Whatsapp burik adalah kualitas layar ponsel kamu yang sangat tinggi. Yang sebelumnya HD doang (720 pixel) sekarang jadi sebesar itu untuk menyesuaikan dimensi layar yang melebar. Mungkin status kamu yang kelihatan burik itu dilihat dan dibuat dari ponsel yang resolusinya lebih rendah hasilnya bakalan bagus atau tidak burik.

Terlalu Banyak Jenis Ponsel Android

Ini kasusnya mirip dengan developer aplikasi Instagram. Mereka bisa dengan mudah mengembangkan proses gambar/video yang diupload lebih baik pada ponsel iPhone. Karena jumlahnya tidak sebanyak android. Generasi sistem operasi android, banyaknya merek android, dengan berbagai resolusi layar membuat developer bingung. Karena mendesain atau processing gambar untuk kualitas tertentu menjadi cukup sulit. Ini salah satu penyebab status Whatsapp burik juga.

Makanya ada ponsel android yang kelihatan burik status Whatsapp-nya dan ada yang masih terlihat bagus. Yang paling kelihatan mereka yang berpindah resolusi layar yang lebih besar dari sebelumnya. Layar yang terlalu lebar dengan kepadatan/desity yang tinggi membuat kualitas gambar yang ditampilkan membuat mata dimanjakan. Namun apabila gambar ternyata hanya cocok untuk layar kualitas lebih rendah, hasilnya bakalan ngeblur atau kualitasnya kurang baik.

Metode Kompresi Whatsapp

Mungkin dibutuhkan beberapa tahun atau update Whatsapp selanjutnya lagi untuk mengatasi penyebab status Whatsapp burik ini. Sehingga gambar yang dikompres tidak terlihat terlalu buruk untuk jenis layar Full HD (+). Sejauh ini metode kompresi dari aplikasi Whatsapp mungkin yang perlu diperbarui. Sekelas ponsel Flagship pun mengalami gambar yang mereka upload ke status Whatsapp kualitasnya lebih blur. Dimungkinkan dari proses kompresi video atau gambar yang kurang baik.

Beberapa sumber forum memberikan informasi bahwa rekomendasi resolusi status Whatsapp adalah 1080×1920 pixel. Padahal kalau ponsel yang lumayan jaman now punya kamera 48 Megapixel hasil gambarnya bisa sampai 3000 x 4000 pixel. Jelas akan dikecilkan ukuran sesuai dengan kapasitas Whatsapp. Ini juga ikut andil gambar yang dikirim sebagai status menjadi kurang jelas.

Penutup

Itulah beberapa penyebab status Whatsapp burik yang perlu kamu tahu. Buat kamu yang hp nya udah terlalu canggih, balik lagi ke layar yang beresolusi 720 pixel. Sebenarnya hasil gambarnya tidak akan seburik sekarang. Tapi kamu mungkin butuh sabar aja, sampai Whatsapp mengembangkan aplikasinya jadi lebih baik khususnya saat berkirim status.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *