Penyebab Nomor Whatsapp Diblokir Dan Tips Mencegah

  • 4 min read
  • Feb 24, 2021
penyebab nomor whatsapp dibokir

Beberapa pengguna tidak tahu penyebab nomor Whatsapp diblokir, sehingga nomor tidak dapat digunakan lagi. Kasus ini dalam waktu dekat ini sempat viral pada circle pertemanan admin. Bagaimana tidak meresahkan, beberapa saudara dan teman tiba-tiba tidak bisa menggunakan nomor Whatsapp lagi. Padahal tidak pernah aneh-aneh seperti melakukan instalasi WA tidak resmi. Sehingga perlu penjelasan lebih mendalam tentang penyebab nomor diblokir oleh Whatsapp.

Hal ini menjadi kekhawatiran beberapa pengguna soalnya pemblokiran nomor Whatsapp pada beberapa kasus tidak terjadi begitu saja. Berikut ciri-ciri yang beberapa pengguna alami sebelum Whatsapp mereka terblokir:

  • Nomor Whatsapp seperti dibajak. Otomatis membaca semua pesan dalam daftar Chats
  • Nomor mengirim pesan ke kontak lain sendiri (kontak tidak ada nama)
  • Aplikasi whatsapp keluar sendiri dan butuh untuk memasukkan nomor lagi untuk login

Puncak dari segala aktivitas Whatsapp yang bermasalah ini adalah nomor diblokir oleh sistem. Nomor yang tidak dapat login ke Whatsapp tidak sepenuhnya hilang. Masih tetap bisa dikirimi pesan, namun kondisinya offline (centang 1). Nomor tersebut biasanya kehilangan foto profil Whatsapp. Sistem melakukan pemblokiran terhadap seluruh kontak yang terhubung.

Ketika nomor diblokir oleh sistem, tidak ada lagi yang dapat menggunakan nomor tersebut. Dapat dimungkinkan segala aktivitas pembajakan/hack terhenti. Nomor aman karena tidak mengirimkan chat aneh. Maupun hal lain yang berhubungan dengan nomor yang telah terhubung dengan Whatsapp. Ketika ini sudah terjadi biasanya kita baru mencari penyebab nomor Whatsapp diblokir oleh sistem.

Kejadian ini merupakan asal mula nomor Whatsapp teman kamu tidak bisa dihubungi karena diblokir oleh Whatsapp. Masalah penyebab nomor Whatsapp diblokir ini coba droidinside jelaskan, beberapa diantaranya ada alasan tertentu.

Penyebab Nomor Whatsapp Diblokir

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab nomor terblokir oleh Whatsapp. Kamu bisa mencari informasinya dari laman resmi. Singkatnya dalam peraturan laman resmi Whatsapp tidak boleh menggunakan aplikasi Whatsapp tidak resmi (seperti GB WA, WA Mod dan Whatsapp Plus).

Hal tersebut menjadi alasan mengapa nomor ponsel dapat terblokir. Mudahnya kamu hanya perlu mentaati peraturan tersebut. Hal ini bagi orang awam yang tidak pernah menggunakan atau bahkan tidak tahu penggunaan aplikasi Whatsapp tidak resmi seharusnya aman.

Artinya yang menggunakan Whatsapp original akan selalu aman. Apalagi user bapak-bapak yang tidak mengganti Whatsapp mereka yang Mod. Tetapi hal ini ternyata tidak juga membuat Whatsapp dengan nomor yang kita miliki cukup aman.

Pasalnya admin menemukan kasus beberapa pengguna tiba-tiba diblokir nomornya. Menurut admin penyebabnya adalah pembajakan dan hacking. Nomor Whatsapp yang akan terblokir menunjukkan ciri-ciri diatas yang telah disebutkan. Tidak lain dan tidak bukan, sebelum terblokir nomor telah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan berikut ini beberapa alasan dapat terkena Hack:

1. Pernah Menggunakan Whatsapp Web

Metode pembajakan Whatsapp menggunakan Browser di komputer ini memang bisa mudah dilakukan. Karena banyak pengguna yang menggunakan Whatsapp Web, tetapi lupa untuk Log Out perangkatnya. Apalagi ditambah login pada komputer/laptop yang kurang dipercaya.

Beberapa kasus WA yang belum keluar pada perangkat komputer dapat dibajak orang lain. Dengan browser yang sama, untuk Whatsapp Web dapat dengan mudah dilakukan. Karena seringkali notifikasi Whatsapp masuk ke Web tidak diperhatikan oleh pengguna sehingga lupa untuk keluar. Akses ke Whatsapp ini dapat dengan mudah digunakan untuk melancarkan aksi kejahatan.

Penyebab nomor Whatsapp diblokir tidak lain adalah dari akses nomor oleh orang lain. Sehingga digunakan untuk bom atau mengirim pesan banyak dalam satu waktu. Penyebab nomor diblokir oleh Whatsapp karena terbaca oleh sistem menggunakan aplikasi ilegal untuk mengirim banyak pesan/chat.

2. Chat Whatsapp Diekspor Ke Email Orang Lain

Penyebab nomor Whatsapp diblokir kedua adalah ada unsur ketidaksengajaan. Ekspor chat untuk kemudian digunakan untuk diambil nomornya bisa memudahkan pekerjaan kamu. Akan tetapi, ekspor pesan ke tempat/email yang salah malah berdampak pada keamanan akun Whatsapp kamu. Meskipun orang awam hanya dapat membaca history chat yang diekspor. Tetapi sekelas Hacker dapat menggunakannya untuk sarana membajak Whatsapp kamu.

3. Membuka Pesan Berisi File Dari Orang Tidak Dikenal

Seperti halnya membuka chat biasa, di dalamnya bisa disisipkan file seperti dokumen dan foto. Lewat hal ini kamu yang tidak sengaja membuka pesan misterius dari nomor misterius berisi Virus atau Phising yang mencuri data Whatsapp kamu.

4. Sembarangan Memberikan/Menyebar Nomor Whatsapp

Berawal dari ini, orang tidak dikenal bisa mengirim pesan berisi file pencuri data. Mereka bisa dengan mudah melakukan operasi pembajakan atau hack nomor Whatsapp kamu.

Layaknya aplikasi-aplikasi pembajak seperti POCWAPP, WSP 3.0, WA Spy dan sejenisnya menggunakan metode dengan mengirim pesan yang ketika diklik/dibuka akan mengakses data ponsel. Ada juga yang melakukan pencurian akses kode Verifikasi Whatsapp dari SMS.

Akhir dari nomor dan rahasia pribadi pada Whatsapp mu yang diketahui orang lain, akan berujung pada pembajakan Whatsapp. Kemudian digunakan untuk mengirim pesan ke banyak kontak dalam satu waktu (normal hanya 5-10 kontak), inilah penyebab nomor Whatsapp diblokir karena terbaca oleh sistem.

Mencegah Nomor Whatsapp Diblokir Oleh Sistem

Setelah mengetahui beberapa alasan penyebab nomor Whatsapp diblokir diatas. Tentunya kamu akan semakin berhati-hati dengan nomor Whatsapp dan segala kegiatan dengan aplikasi tersebut. Tetapi ada beberapa tips dari admin untuk menghindari terblokir nomor oleh Whatsapp:

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Hal ini dapat memperkuat kuat keamanan akun Whatsapp kamu dari penyebab nomor Whatsapp diblokir. Ada tambahan PIN atau kode yang dibutuhkan untuk masuk ke aplikasi Whatsapp.

2. Nonaktifkan Unduh Otomatis Media.

Cara ini memang membuat ribet, gambar atau media tidak akan langsung diunduh. Tetapi setidaknya berjaga-jaga ada orang tidak dikenal yang mengirim berbagai pesan mencurigakan untuk Hacking.

3. Periksa Dan Logout Whatsapp Web

Komputer yang terinfeksi virus pencuri data dapat dengan mudah mengeksploitasi Whatsapp yang kamu akses dari Browser Komputer. Pastikan kamu yakin pada komputer kamu, bila mungkin tidak ada virusnya. Terakhir ketika tidak digunakan, keluar dari Whatsapp Web untuk menjaga keamanan nomor Whatsapp.

Penutup

Nomor yang telah diblokir Whatsapp memang bukanlah akhir. Kamu bisa meminta bantuan pada pesan layar yang menyatakan bahwa nomor kamu diblokir. Disana kamu bisa menuliskan mengapa Whatsapp kamu tiba-tiba diblokir oleh sistem. Bisa menambahkan penyebab nomor Whatsapp diblokir juga pada pesan tersebut.

Beberapa user mencoba mengirim pesan ke Email resmi Whatsapp dan mencoba menjelaskan apa yang terjadi dengan nomornya. Sebagian yang berhasil membutuhkan jangka waktu sampai 6 bulan. Waktu tunggu untuk kembali dapat menggunakan nomor lawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *