Penyebab EMMC Cepat Rusak

  • Droidinside
  • Jun 14, 2022

Cara penggunaan ponsel yang kurang benar menjadi penyebab EMMC cepat rusak. Sebagai bagian vital dari ponsel android yang berfungsi untuk penyimpanan internal ini juga memiliki masa pakai. Kalau hp digunakan tanpa aturan masa pakai EMMC menjadi lebih singkat alias nggak awet. Jika sudah terjadi kerusakan, biasanya biaya ganti EMMC itu gak murah sih. Gak cuma itu, kadang udah diganti tapi jangka waktu beberapa bulan udah rusak lagi dan minta ganti lagi. Kira-kira apa saja yang menjadi penyebab EMMC lebih mudah rusak dan ciri-cirinya? Droidinside jabarkan untuk kamu.

Ciri-Ciri EMMC Cepat Rusak

Sebuah perangkat keras dengan kepanjangan Embedded Multi Media Controller ini berfungsi sebagai IC penyimpanan pada ponsel android. Di dalamnya berisi sistem operasi, file sistem, file di penyimpanan internal, driver, kernel dan berbagai file penting supaya ponsel bisa menjalankan sistem secara normal. Apabila perangkat ini tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar biasanya hp bisa hidup tapi tidak bisa masuk ke menu utama (bahkan bisa mati total).

Untuk mempermudah kamu mengetahui bagaimana kondisi hp yang EMMC nya lemah memiliki beberapa ciri diantaranya:

  • Banyak aplikasi/ proses android tertentu sering berhenti bekerja (stop working). Tiba-tiba muncul pesan tersebut semakin lama semakin sering (seperti contoh android process acore stopped working).
  • Loading hp lama ketika dihidupkan kembali
  • Bootloop atau menjadi sering bootloop setelah di Wipe Data/ di Flash
  • Tidak bisa di Flash atau Wipe Data biasa maupun dipasang Custom ROM
  • Hp sering ngehang atau macet
  • Gagal menyimpan foto/video dari kamera maupun tidak bisa untuk dokumen apapun
  • Tidak bisa menghapus file dalam penyimpanan internal

Penting mengetahui cirinya sebelum ke penyebab EMMC cepat rusak. Karena, ketika EMMC hp rusak namun posisinya masih hidup biasanya terjadi ngehang atau banyak aplikasi berhenti sendiri. Setelah kamu paksa hidupkan ulang, hp cuma mentok di logo saja. Setelah itu mungkin beberapa user mencoba Wipe Data (reset). Sebagian berhasil namun gak lama hp butuh di reset kembali. Kalau parah sih, ketika dimatiin setelah kejadian tersebut maka hp akan mentok logo atau gak bisa masuk mode Wipe Data. Paling parah di flash mental atau gak bisa. Gak jarang juga ketika EMMC rusak hp mati total gak bisa hidup sama sekali (karena kerusakan gak cuma bagian EMMC nya doang alias ada kerusakan lain).

Penyebab EMMC Cepat Rusak

Sangat penting untuk mengetahui penyebab EMMC cepat rusak agar kamu bisa mengantisipasi hal ini terjadi. Karena komponen vital pada hp ini juga lumayan butuh biaya kalau rusak. Belom lagi kalau rusak, resiko ganti EMMC adalah semua data di hp kamu hilang. Ganti EMMC apakah awet? Ya belum tentu juga, kalau kamu kurang beruntung maka bisa jadi gak awet padahal udah ganti mahal-mahal. Maka dari itu, kamu harus menghindari beberapa penyebab EMMC cepat rusak dibawah ini yang membuat umur EMMC menjadi lebih pendek:

Bermain Game Berat Gak Aturan

Kamu perlu tahu spesifikasi hp kamu dulu, kalau kentang lebih baik jangan terlalu sering maen game. Apalagi hp dengan spek menengah tapi buat maen Genshin atau jenis game berat lainnya. Memang awalnya hp bisa dipaksa maen game berat lancar. Tapi lama kelamaan bakalan lag bahkan bisa ngehang. Bermain game online apalagi yang berat dengan ukuran besar akan memaksimalkan semua performa ponsel kamu. Sinyal, baterai, GPU, CPU, termasuk EMMC akan bekerja dengan keras menyajikan pengalaman bermain game yang bagus.

Semakin sering bermain game berat, maka EMMC tidak bisa bertahan lama. Penyebab EMMC cepat rusak karena dia dijadikan tambahan RAM untuk menguatkan ponsel bekerja dengan keras. Lebih baik kamu cek kembali apakah sebuah game itu memaksa performa ponsel kamu atau nggak. Mainkan game yang gak berat di ponsel kamu dan pake jangka waktu ya, jangan terlalu lama.

Penyimpanan Ponsel Sering Penuh

Ketidakmampuan ponsel dalam menjalankan sistem akibat file yang terlalu banyak merupakan penyebab EMMC cepat rusak yang lain. Karena sistem memiliki ruang yang pas, seringkali ada bagian yang dihapus oleh sistem dulu untuk melegakan penyimpanan sejenak kemudian nanti akan dikembalikan. Proses ini sebenarnya meningkatkan jumlah baca tulis file dimana setiap EMMC punya batas (dijelaskan di bagian bawah). Jadi setidaknya kosongkan 15% dari penyimpanan atau sebisa mungkin hindari notifikasi penyimpanan penuh/habis muncul.

Kegagalan Daya Pada Ponsel

Kesalahan yang berhubungan dengan daya yaitu hp sering dilepas baterai tanpa dimatikan, hp kehabisan baterai, menggunakan charger yang tidak cocok. Menurut sumber XDA Developer, meskipun EMMC didesain bahkan tahan terhadap ledakan tapi kesalahan dalam daya didalamnya bisa menyebabkan cepat rusak/ mengalami kegagalan proses. Daya terlalu tinggi diakibatkan dari papan sirkuit/ mesin yang gak sesuai diakibatkan oleh kesalahan-kesalahan itu.

Bug Pada Perangkat Lunak

Software yang kacau atau ada bug menjadi penyebab EMMC cepat rusak karena ada proses baca tulis di dalamnya. Pembaruan perangkat lunak tertentu yang mengalami bug bisa berdampak pada EMMC menjadi tidak awet karena tidak efisien dalam prosesnya. Ini berhubungan dengan masa pakai EMMC.

Masa Pakai

Barang elektronik itu punya masa pakai atau lifetime. Termasuk EMMC itu juga memilikinya. Dilansir dari berbagai sumber, EMMC memiliki write cycle atau siklus tulis sebagai tanda umur. EMMC memiliki cycle sekitar 300-1000 kali. Ketika masa ini telah terpenuhi, maka EMMC tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti. Lama waktu hidup EMMC berkisar antara 3-5 tahun secara umum normalnya. Semakin sering hp digunakan untuk menyimpan – hapus file sama halnya semakin sering di Wipe Data, Flash, pasang Custom ROM maka semakin pendek umurnya.

Penutup

Setelah tahu penyebab EMMC cepat rusak, jika sudah terjadi EMMC rusak apa bisa diperbaiki? Bisa diperbaiki, mengatasi EMMC rusak tanpa ganti dengan Reball EMMC (salah satunya) yang merupakan cara mengatasi EMMC lemah juga (tapi ini biasanya gak bertahan lama). Ganti EMMC mungkin lebih awet.

mengatasi emmc rusak tanpa ganti dengan reball

Berbagai informasi tentang ciri dan penyebab EMMC cepat rusak. Setelah mengetahuinya, ada kalanya kamu harus sejenak berhenti jika terlalu sibuk dengan ponsel apalagi buat bermain game gak aturan. Sehingga masa pakai EMMC bisa diperpanjang. Berbagai hal juga harus kamu hindari supaya bisa tetap awet sebelum mengganti atau beli baru.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.