Penyebab Baterai Android Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya | Droidinside

Penyebab Baterai Android Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Sep 08, 2020
baterai android cepat habis

Seperti yang kita ketahui baterai Android cepat habis menjadi masalah yang cukup serius. Soalnya bisa mengganggu aktifitas kamu menggunakan ponsel pintar. Kamu juga gak mau kan terus-terus an jadi sahabat colokan charger.

Baterai pada android merupakan sumber daya bagi smartphone android kita yang membuatnya bisa dipergunakan. Dalam penggunaanya sendiri masih banyak hal-hal yang membuat daya baterai menjadi lebih cepat terkuras, hal tersebut tentu bukan menjadi kendala apabila kita berada dekat dengan pengisi daya, namun akan berbeda apabila kita berada ditempat yang tidak memungkinkan kita untuk mengisi daya android kita.

Penyebab Baterai Android Cepat Habis

Oleh karena itu untuk menghindari pemakaian daya baterai cepat terkuras anda harus mengenali dulu penyebab baterai android cepat habis dan cara mengatasinya agar bisa mengaplikasikannya pada android nya.

1. Wifi Terus Menyala

Kadang kala ada momen dimana kita menghubungkan android dengan wifi, namun ketika kita pergi dari sumber wifi dan membuat wifi terputus dan beralih menjadi data seluler kita lupa mematikan wifi nya. Alhasil pemindai wifi terus bekerja mencari sumber wifi yang bisa dihubungkan, proses tersebut akan memakan banyak daya. Oleh karena itu penting adanya untuk mematikan wifi apabila sudah tidak digunakan lagi.

2. Tingkat Kecerahan Layar

Penyebab baterai adroid cepat habis lainnya yakni tingkat kecerahan layar, banyak dari kita yang mengabaikan hal ini. Alasannya beragam mungkin karena sudah terbiasa dengan kecerahan tinggi atau karena lupa mengatur kecerahan agar sesuai kondisi dan lain sebagainya. Tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat menyebabkan baterai android cepat habis, hal tersebut karena diperlukan daya yang lebih untuk membuat layar memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yakni dengan mengatur kecerahan layar agar sesuai dan tidak berlebih atau pada beberapa android terdapat pengaturan kecerahan layar otomatis yang bisa kamu aktifkan.

3. GPS Aktif

Hal lainnya yang juga kadang menjadi penyebab mengapa baterai android cepat habis yakni karena GPS yang aktif. Terlebih lagi ketika kamu menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses GPS seperti ojek online, kadang setelah tidak menggunakan lagi kamu lupa mematikan GPS nya, alhasil android atau smartphone akan lebih terkuras dayanya.

4. Penggunaan Animasi Pada Wallpaper

Penggunaan animasi atau tema pada beranda android juga dapat menjadi penyebab baterai android cepat habis. Hal itu karena animas atau thema yang berlebihan bekerja dengan menggunakan kinerja dari RAM android yang otomatis apabila kinerja RAM semakin besar akan membuat daya yang diperlukan juga semakin banyak. Cara mengatasinya yakni dengan menggunakan tema atau wallpaper biasa saja.

Itulah beberapa penyebab mengapa baterai android cepat habis yang paling sering terjadi. Walapun daya baterai android sekarang sudah semakin besar namun tetap saja dengan melakukan beberapa cara diatas kamu bisa membuat android kamu bisa bertahan lebih lama lagi, terlebih lagi ketika saat-saat yang diperlukan.

Kamu juga harus tahu sudah berapa lama sih android kamu sejak pertama kali beli. Jika sudah beberapa tahun tentunya perlu diganti karena sel dalam baterai telah mengalami banyak kerusakan. Sehingga tidak bisa menyimpan lebih banyak daya lagi.

Jika mengganti baterai android lawas, kamu mungkin akan sangat sulit mencari yang orisinil. Jadi kamu harus jeli jika ingin membeli baterai dari merek lain, rekomendasi baterai harus selalu kamu perhatikan juga untuk benar-benar bisa mengatasi baterai android cepat habis. Dengan menggantinya sesuai rekomendasi, kamu akan mendapatkan manfaat kembalinya daya tahan baterai ponsel kamu.

Tinggalkan Komentar!