Tips Aktifkan Pencatatan Log Panjang Wifi

  • Droidinside
  • Apr 10, 2022

Sebenarnya, apa sih fungsi Pencatatan Log Panjang Wifi yang ada pada Developer Options android? Mungkin kamu penasaran dengan apa yang terjadi kalau menu tersebut diaktifkan. Lihat aja secara dari tulisan ada kata kunci Wifi, sudah pasti berhubungan dengan hal tersebut. Opsi ini aman kok, gak bikin hp jadi meledak atau gak bakal mengubah tampilan secara keseluruhan layaknya mengganti Lebar Terkecil (DPI).

Pencatatan Log Panjang Wifi di ponsel android punya beragam nama untuk diketahui. Ini sebutan untuk di hp Oppo dan bisa jadi bisa berbeda pada ponsel android lainnya. Nama resmi dalam bahasa Inggris yaitu Wifi Verbose Logging/ Enable Wifi Verbose Logging. Di ponsel lain ada yang menuliskan hidupkan Logging Verbose Wifi memiliki fungsi sama. Lalu apa pengertian dari Wifi Verbose Logging dan fungsinya? Droidinside membahasnya untuk kamu dibawah ini.

Pengertian Dan Fungsi Pencatatan Log Panjang Wifi

Menurut web resmi dari Android Developers, opsi ini memiliki pengertian “Meningkatkan level logging Wi-Fi untuk setiap jaringan nirkabel (SSID) yang Anda hubungkan sesuai dengan kekuatan sinyal relatif yang diterima (RSSI)”. Mungkin kamu akan agak kebingungan dengan penjelasan tersebut.

Jadi pencatatan log pada Wifi ini adalah sistem melakukan pengumpulan informasi berupa catatan saat terhubung dengan Wifi. Informasi didapat saat ponsel terhubung ke sebuah Wifi akan lebih detail (panjang/verbose). Terlihat jelas saat kita terhubung ke sebuah Wifi, maka informasi yang muncul cuma nama Wifi gitu aja. Kalau opsi ini diaktifkan maka yang terjadi adalah informasi Wifi akan lebih detail.

Informasi yang dicatat sistem sangat berguna bagi developer aplikasi maupun pengembang sistem android sendiri. Menciptakan sebuah software yang paling efektif pada perangkat keras tertentu adalah tujuan dari pengumpulan data ini. Jadi sudah kelihatan kan fungsinya.

Apa Yang Terjadi Jika Pencatatan Log Panjang Wifi Diaktifkan ?

Ponsel kamu tidak akan meledak kok hehehe. Malah menurut admin ini bisa sangat berguna bagi pengguna Wifi yang paham jaringan. Cocok untuk pengguna yang bekerja dalam bidang jaringan. Karena setelah diaktifkan, tampilan pada Wifi gak cuma SSID/nama jaringannya doang. Tapi akan ada tambahan informasi seperti:

  • SSID
  • Alamat IP
  • RSSI
  • Score
  • TX
  • RX
  • Alamat MAC
  • Pita frekuensi Wifi

Informasi tentang jaringan Wifi tersebut akan tersedia secara lengkap bahkan sebelum kamu terhubung. Alamat MAC menurut admin yang cukup penting sebagai tanda pengenal unik yang dimiliki setiap perangkat yang bisa terhubung dalam jaringan Wifi. Informasi ini juga bisa memunculkan siapa saja yang aktif pada jaringan Wifi saat itu. Meskipun begitu, pada android hanya akan menunjukkan alamat MAC dari perangkat yang terbaca menyebarkan Hotspot atau Wifi.

hidupkan logging verbose wifi

Nah, informasi ini penting juga untuk mengetahui mana Wifi ID yang asli. Sehingga kamu bisa login dengan benar. Soalnya, saat di Wifi Corner ada banyak orang iseng mengganti SSID Hotspot ponsel mereka sama seperti Wifi ID.

RSSI dapat digunakan untuk mengetahui jangkauan dari Wifi. didasarkan pada redaman sinyal. Biasanya, menggunakan algoritma trilateration untuk menemukan posisi atau lokasi dari jangkar atau node target. Selain itu RX TX akan memudahkan kamu menentukan kekuatan sinyal dalam satuan angka lewat besarnya data yang diterima (RX) dan dikirim (TX). Dimungkinkan, hanya pengguna yang benar memahami jaringan bisa mengetahui fungsi data yang muncul setelah menu pencatatan log panjang Wifi diaktifkan.

Hidupkan Logging Verbose Wifi akan membuat sebuah log atau catatan panjang yang tersimpan dalam sistem. File ini hanya developer yang bisa mengaksesnya (untuk saat ini). Catatan berisi AP Band jaringan yaitu 2,4 GHz atau 5 Ghz bisa terdeteksi dengan jelas.

Bagi pengembang atau developer, catatan yang didapat setelah mengaktifkan pencatatan log panjang Wifi bisa mengetahui sesuatu yang tidak beres pada koneksi. Dalam sistem terminal, dapat dipantau bagaimana koneksi internet berjalan. Jangan lupa kalau kamu menggunakannya, aktifkan dahulu opsi pengembang atau Developer Options di ponsel android. Setelah itu aktifkan verbose Wifi kemudian lakukan restart ponsel. Informasi detail Wifi akan muncul sebagai manfaat dari pencatatan log panjang Wifi (hidupkan logging verbose wifi).

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.