Alasan Pencadangan Whatsapp Lama Dan Tips Atasinya

  • 3 min read
  • Mei 16, 2021
pencadangan whatsapp lama

Pernahkah kamu mengalami waktu pencadangan Whatsapp lama ? Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut terjadi. Infonya buat kamu dari Droidinside.

Penyebab Pencadangan Whatsapp Lama

Begitu banyak data penting dalam Chat Whatsapp yang kita miliki sehingga kita perlu melakukan Back Up. Pencadangan ini bisa kita lakukan secara online pada Google Drive melalui akun Google.

Namun seringkali saat melakukan pencadangan butuh waktu lama. Ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

Jumlah Chat Dan Media

Kita bisa menyertakan Video saat melakukan Back Up. Jenis file ini adalah yang mungkin menyumbang besarnya cadangan. Karena prosesnya diupload ke Google Drive, semakin besar file chat dan media yang kamu miliki maka prosesnya akan semakin lama.

Ukuran yang dicadangkan ini juga muncul pada menu sebelum kita melakukan Back Up. Memang ada maksimal file yang bisa diupload dalam Whatsapp, namun jika jumlahnya tidak sedikit bisa memakan proses yang lama.

Koneksi Internet

Selain jumlah file yang besar dan banyak, koneksi internet turut andil dalam proses pencadangan. Semakin besar kecepatan internet maka pencadangan Whatsapp lama tidak akan terjadi.

Ada beberapa provider yang mungkin memberi batas kecepatan akses pada website/server tertentu. Jadi meskipun cukup lancar untuk menonton Youtube atau berselancar menggunakan Browser, belum tentu bisa cepat untuk mengupload file pencadangan oleh Whatsapp. Apalagi server Drive sering diberi limit oleh provider atau pemilik koneksi Wifi (jika menggunakan Wifi). Karena situs/server tersebut memang kencang, karena itu banyak pengguna bisa mengunduh film yang ukurannya besar. Ini bisa mengganggu pengguna lain karena tidak kebagian bandwidth koneksi internet.

Jumlah file atau chat yang begitu banyak juga sangat berpengaruh pada pencadangan Whatsapp lama. Meskipun koneksi lancar, mengunggah file banyak tetapi kecil-kecil akan lebih lama ketimbang 1 tapi besar. Logika ini sama seperti ketika menyalin file di komputer. File dalam jumlah kecil tapi ukurannya besar akan lebih cepat di copy daripada file dengan jumlah banyak tapi ukurannya kecil-kecil.

Mengingat file gambar di Whatsapp memang kecil-kecil karena sudah terkompresi oleh aplikasi namun jika jumlahnya banyak akan memperlama proses Back Up. Agar foto yang dikirim di Whatsapp tidak dikompres ada tipsnya.

Penyimpanan Internal Rendah

Jika proses pencadangan Whatsapp lama dan cenderung berhenti (stuck) bisa jadi ruang penyimpanan ponsel kamu rendah. Sebelum melakukan pencadangan secara online, pastikan ada setidaknya sisa ruang sebesar file pencadangan yang terlihat di Whatsapp. Pastikan juga kamu tidak menghapus file Database Whatsapp sebelum maupun proses pencadangan dilakukan.

Terlalu Ramai Notifikasi

Terlalu banyak pesan Whatsapp yang masuk mungkin menyebabkan proses pencadangan menjadi cukup lama. Whatsapp akan membuat pencadangan ketika di klik atau otomatis terjadi. Padahal seharusnya ada pesan terakhir yang akan dicadangkan namun masih tetap ada pesan yang masuk Sehingga ada masalah dan cara mengatasinya adalah cadangkan di malam hari saja.

Masalah Di Google Drive

File dan folder pencadangan Whatsapp sebenarnya tidak menyatu dengan file yang kamu punya di penyimpanan Drive. Namun seringkali sinkronisasi mengalami masalah sehingga ada lebih dari satu pencadangan yang diupload pada Drive. Ini bisa mengalami file ganda atau crash karena ada lebih dari satu. Mungkin perlu menghapus file pencadangan Whatsapp yang sebelumnya ada kemudian mulai mencadangkan lagi.

Ada juga masalah dalam Sign In akun menyebabkan pencadangan Whatsapp lama terjadi. Sehingga perlu keluar akun terlebih dahulu pada ponsel kemudian masuk kembali. Bisa juga server Google sedang error sehingga pencadangan terhenti/lama.

Penutup

Itulah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pencadangan Whatsapp lama. Pastikan kamu punya kuota data internet yang banyak jika file banyak dan waktu yang cukup lama sebanding jumlah data yang kau miliki. Dan juga beberapa tips diatas bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal ini.

Menyertakan video dapat mempelama proses pencadangan Whatsapp. Lebih baik kamu simpan video dari Whatsapp pada penyimpanan Offline. Selain mempercepat prosesnya, dengan memindahkannya ke penyimpanan eksternal misalnya akan melegakan penyimpanan internal ponsel. Jangan lupa, file video yang kamu terima dan kamu kirim ke orang lain akan membuat file menjadi dobel meskipun tersimpan dalam nama file yang berbeda pada folder Sent media Whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *