Aktifkan Penambah RAM Hp Oppo Seri A74

  • 3 min read
  • Jul 07, 2021
penambah ram hp oppo

Kamu harus tahu, ada fitur penambah RAM Hp Oppo yang hadir pertama kali di Oppo A74 versi biasa maupun versi 5G. Sebut saja jumlah RAM pada ponsel ini bisa ditambah hingga menjadi 11 GB. Bagaimanakah cara melakukan penambahan RAM di ponsel Oppo dan bagaimana dengan teknologi yang dimilikinya? Droidinside akan berikan informasinya.

Fitur Penambah RAM Hp Oppo

Hadir bersamaan dengan versi Android 11, antarmuka ponsel Oppo disematkan fitur yang bisa menambah RAM. RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi menyimpan sejumlah data aplikasi yang sedang dibuka dalam waktu bersamaan. Jadi semakin tinggi atau besar RAM, semakin banyak aplikasi yang bisa dibuka secara bersama-sama.

Ketika kita membuka beberapa aplikasi, saat kembali ke aplikasi sebelumnya maka akan refresh atau kembali seperti saat dibuka lagi. Hal ini disebabkan karena jumlah RAM yang kecil. Dengan fitur penambah RAM Hp Oppo, kejadian ini tidak akan terulang meskipun hanya membuka beberapa aplikasi saja.

Oppo A74 yang hadir dengan versi 5G telah disematkan teknologi RAM Expansion atau penambah RAM. Hadir bersamaan dengan antarmuka ColorOS 11.1 kemungkinan besar fitur ini juga akan disematkan ke ponsel baru Oppo selanjutnya.

Cara kerja teknologi penambah RAM Hp Oppo ini adalah dengan mengambil penyimpanan internal yang dimiliki oleh ponsel. Menambah RAM 3GB misalnya, ini akan mengambil sejumlah ukuran tersebut dari penyimpanan internal. Jadi 3 GB dalam memori internal tidak dapat digunakan semestinya dan berkurang menjadi RAM.

Akan lebih banyak aplikasi yang bisa dibuka secara bersamaan, lebih mulus dalam penggunaan dan tentunya tidak bisa multitasking tanpa khawatir aplikasi terbuka/refresh kembali seperti awal. Namun perlu diingat, untuk kecepatan akses atau mulus tidaknya dipengaruhi oleh Prosesor yang dimiliki.

Cara Menggunakan Fitur Penambah RAM Hp Oppo

Penambahan RAM pada ponsel Oppo A74 misalnya bisa langsung dilakukan karena ponselnya sejak lahir sudah mendukung hal ini. Untuk ponsel kamu yang mendukung pembaruan ColorOS 11 yang bisa dicek di Software Update, bisa di update terlebih dahulu. Namun pastikan juga pembaruan sampai pada versi Android 11 dengan ColorOS 11.1, selanjutnya untuk melakukan penambahan RAM langkahnya:

  • Buka Pengaturan ponsel Oppo kamu
  • Pilih Tentang Ponsel
  • Klik pada RAM (spesifikasi ponsel)
  • Aktifkan Penambahan RAM
  • Pilih 2, 3, atau 5 GB RAM yang akan ditambahkan di bagian bawah Toggle tersebut
    cara menambah ram hp oppo
  • Setelah itu, Restart/Hidupkan ulang ponsel Oppo kamu dengan tombol power
  • Setelah dicek Tentang Ponsel maka jumlah RAM akan memiliki + dari yang ditambahkan

Untuk menonaktifkan fitur ini melalui menu yang sama diatas, langsung mematikan Toggle Penambahan RAM. Setelah itu Restart Ponsel agar kembali seperti semula. Restart atau menghidupkan ulang ponsel dibutuhkan untuk membantu proses penambahan RAM di ponsel agar berjalan dengan lancar.

Apakah Penambah RAM Hp Oppo Cuma Gimmick Belaka ?

Pernyataan bahwa fitur tersebut hanya Gimmick memang mungkin ada benarnya. Penambahan RAM yang dimaksud memang tidak serta merta secara fisik menambahkan RAM. Akan tetapi ada poin tertentu yang bisa dibilang bahwa meningkatkan kinerja RAM. Ada yang mengatakan bahwa penambahan tersebut hanya Gimmick belaka dan tidak terlalu mempengaruhi performa ponsel secara umum.

ram expansion oppo
Soalnya ketika dicek pada aplikasi Diskinfo, sebuah aplikasi untuk melihat besaran RAM yang digunakan ponsel. Muncul bahwa bukan memori RAM yang ditambah, namun hanya pada bagian SWAP saja. Perlu diketahui bahwa SWAP adalah bagian dari Virtual Memory yang mengambil penyimpanan ponsel untuk dijadikan memori pembacaan.

Kenapa bisa dibilang Gimmick? Karena sejak android Lollipop sekalipun, fungsi SWAP RAM sudah digunakan. Bahkan biasanya ponsel android dengan RAM 4 GB sudah memiliki SWAP sebesar 2GB. Ini berguna untuk membuka aplikasi yang lebih banyak. Dan sudah sangat cukup digunakan untuk ponsel tanpa perlu ada penambah RAM Hp Oppo seperti dijelaskan diatas. Istilahnya malah jadi mubazir karena bakalan tidak dipakai banyak untuk pengguna atau user biasa. Apalagi buat Oppo A74 yang RAM nya udah gede 8GB kayaknya penambahan jadi 11GB malah Gimmick doang yang gak dipake alias gak kerasa efek penggunaanya.

2 thoughts on “Aktifkan Penambah RAM Hp Oppo Seri A74

  1. wah ada swap nya yah 😀
    jadi inget linux
    VPS ku juga aku pakein swap 2 GB, RAM bawaan 1 GB
    lumayan kerasa sih bedanya, ga gampang down

    1. Iya kakak. Tapi sebagian user Android mengatakan fitur ini cuma Gimmick. Ya memang sangat cocok untuk menonjolkan segi Sales (Product Knowledge). Apalagi harus didukung prosesor yang kenceng juga. Kalau RAM nya besar, prosesor kentang. Sama saja bohong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *