Mengatasi Pemutaran Video Infinix Tidak Dari Awal

  • Droidinside
  • Mar 23, 2024

Apakah kamu pernah mengalami pemutaran video Infinix tidak dari awal. Yaitu ketika ada video di galery atau Google Photos lalu kalian play/ mainkan. Waktu penyetelan tidak menunjukkan tepat dari waktu 0. Jadi video tidak dimulai dari awal namun dari tengah-tengah alias dari menit tertentu.

Kasus pemutaran video yang gak dari awal ini terjadi pada ponsel Infinix yang biasanya menyimpan video lalu diputar berkali-kali. Ada yang waktu video dibuka lalu dihentikan pada menit tertentu, lalu ketika dibuka lagi maka akan menunjukkan menit yang sama ketika dihentikan. Pemutaran video dilanjutkan. Terkadang hal ini mungkin kurang menguntungkan bagi beberapa orang yang ingin memutar video sejak awal. Bagaimana cara biar pemutaran video Infinix tidak dari awal bisa diatasi? Droidinside berikan informasinya untuk kamu termasuk penyebab kenapa masalah ini terjadi.

Penyebab Pemutaran Video Infinix Tidak Dari Awal

Ada yang mengalami kasus video pasti diputar langsung pada menit ke 7. Semua video yang diputar langsung berada di menit ke 7 atau selesai dan harus diklik play lagi supaya bisa dimainkan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal yang intinya bikin jengkel karena pemutaran video terganggu.

Utamanya ada pada bug atau kesalahan perangkat lunak/ software ponsel Infinix ini. Membuat ada data tersimpan di aplikasi pemutar video bawaan hp Infinix yang bakal keluar lagi saat memutar video. Video dikembalikan ke posisi saat pemutaran berakhir. Cache maupun data aplikasi pada pemutar video bisa jadi dalang yang menyebabkan hal ini terjadi. Sehingga diperlukan berbagai langkah untuk mengatasi masalah pemutaran video Infinix tidak dari awal.

Cara Mengatasi Pemutaran Video Infinix Tidak Dari Awal

Dari berbagai penyebab masalah yang telah diuraikan tersebut, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan agar video playar pada ponsel Infinix bisa normal kembali. Diantaranya yaitu:

Restart Ponsel

Salah satu cara untuk membersihkan sampah yang tersimpan pada aplikasi pemutar video dan file manajer adalah menghidupkan ulang ponsel. Dengan menekan tombol power, lalu menggeser tombol Mulai Ulang ke sebelah kiri. Atau tekan tombol mulai ulang.

Setelah ponsel dihidupkan kembali, pemutar musik bawaan yang dimiliki ponsel Infinix akan kembali seperti layaknya biasa. Mencoba kembali memutar sebuah video akan membuatnya balik lagi ke awal sebelum error. Jadi mungkin kita perlu mematikan ponsel secara rutin apabila sering digunakan untuk banyak hal.

Menghapus Data Aplikasi Video Player

Infinix memiliki aplikasi pemutar video bawaan untuk jenis ponsel yang gak pake Android Go. Karena kalau Android Go, maka pemutar videonya itu bawaan dari Google seperti Google Photos. Kalau yang biasa menggunakan Video Player atau pemutar video. Kamu perlu menghapus data aplikasi tersebut agar pemutaran video Infinix tidak dari awal itu bisa diatasi. Langkahnya yaitu:

  • Usap layar dari bawah ke atas (untuk membuka App Drawer yang menunjukkan semua aplikasi)
  • Tekan dan tahan aplikasi Video Player atau Pemutar Video
  • Klik Detail Aplikasi
  • Klik Penyimpanan Dan Cache
  • Hapus Semua Data lalu Oke
  • Pemutar video akan dikembalikan ke pengaturan awal seperti layaknya ponsel baru

Menghapus Data Aplikasi Video Player

Anda juga bisa melakukan menghapus data di aplikasi galeri, caranya sangatlah mudah yaitu dengan beberapa panduan cepat seperti dibawah ini :

Mengatasi Pemutaran Video Infinix Tidak Dari Awal droidinside
  1. Tahan Aplikasi Galeri
  2. Tap Detail Aplikasi
  3. Pilih Penyimpanan dan cache
  4. Kemudian pilih Hapus penyimpanan
  5. Pilih OK

* Kemudian Buka Aplikasi galeri lanjut cari video kemudian jalankan

Mengurangi Kapasitas Internal Ponsel

Cobalah cek kapasitas internal ponsel kamu, jika dirasa sudah hampir habis cobalah untuk melonggarkan kapasitasnya dengan :

  • Menghapus file yang sudah tidak penting
  • Uninstall aplikasi yang jarang terpakai
  • Membersihkan file-file yang ada di chat seperti gambar, gif dan video yang terdownload otomatis melalui aplikasi chat yang kamu gunakan.

Update Sistem

Mengatasi adanya bug pemutaran video Infinix yang langsung loncat di tengah-tengah, adalah dengan melakukan update sistem secara berkala. Brand ponsel akan memberikan solusi yaitu bug fix atau penyelesaian masalah terkait hal ini salah satunya. Dengan kamu melakukan update sistem apalagi yang cukup besar ukurannya. Bisa jadi pemutar video bawaan telah diupdate ke versi baru yang meninggalkan masalah pemutaran video sebelumnya.

Karena aplikasi pemutar video bawaan pada setiap ponsel itu bergantung dengan update sistem juga. Dengan sistem yang baru, fitur pada video player akan lebih banyak dan mengatasi masalah dari versi sebelumnya.

Menggunakan Pemutar Video Lain

Banyak pemutar video di Play Store yang bertebaran. Kamu bisa mencarinya disana yang paling pas dan kalo bisa gak ada iklannya. Seperti MX Player, Video Player No Ads dan lain sebagainya via Play Store bisa menggantikan pemutar video bawaan di ponsel Infinix yang bermasalah.

Aplikasi pemutar video dari penyedia lain yang dicari di Google bisa juga bisa jadi alternatif. Aplikasi sejenis Galery bawaan Google yang ada sejak Android KitKat itu direkomendasikan. Pemutar video bawaan Asus yang lama juga. Karena selain jadi alternatif aplikasi yang gak ada iklannya, aplikasi ini bisa mengatasi masalah pemutaran video Infinix tidak dari awal.

Semoga bermanfaat 😀

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments