Part Catalog Yamaha Indonesia Review

  • 3 min read
  • Agu 27, 2018
Part Catalog Yamaha Indonesia Review
Droidinside.com – Part Catalog Yamaha Indonesia. Review aplikasi part yamaha untuk mengetahui kemudahan penggunaan dalam pencarian part motor yamaha.
Part Catalog Yamaha Indonesia Review

Sekilas Part Catalog Yamaha

Aplikasi Part Yamaha sebagai bagian dari purna jual/aftersales sebuah produk pabrikan khususnya Yamaha adalah salah satu hal penting yang berguna untuk kepuasan pelanggan. Tidak hanya menjual sebuah produk sepeda motor, kesediaan part setelah sebuah produk dibeli adalah penting.
YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah lama merilis aplikasi android terkait part sepeda motor yang mereka jual di Indonesia. Menurut admin sendiri sebagai pengguna sepeda motor merek ini, menganggap brand pabrikan ini cukup bagus dibagian aftersalesnya.

Aplikasi yang tersedia di Playstore ini memiliki ukuran sekitar 10 Mb dengan nama Yamaha Parts Catalogue IDN. Kalian bisa membukanya lewat link ini.

“https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.yamahaMotor.partsCatalogue”

Review Part Catalog Yamaha

Kita bahas penggunaanya, sebelum membuka aplikasi Part Catalog Yamaha ini, pastikan kalian memiliki koneksi internet yang bagus agar tampilan bisa cepat diproses. Semua gambar yang ada dalam aplikasi ini didownload dari server dan akan terhapus jika kalian keluar dari aplikasi ini.
Tampilan awalnya seperti ini.
Part Catalog Yamaha Indonesia Review
Pada menu awal Aplikasi Part Yamaha, dengan memilih tombol option disebelah pojok kiri atas kalian akan melihat fitur-fitur Part Catalog diantaranya halaman depan, informasi, daftar part yamaha yang telah disimpan dan lain sebagainya.
Klik Sepeda Motor, dan tampilan akan keluar seperti dibawah ini. Untuk mempercepat mengetahui produk sepeda motor kalian, masukkan nomor rangka kendaraan.
Apabila tidak mengetahui nomor rangka kendaraannya, bisa menggunakan cari nama model. Tentunya kalian harus tahu kapasitas mesin dan nama produk yang ingin dicari beserta model tahun berapa. Setelah itu lakukan pencarian…

 

Tampilan motor yang dipilih akan terlihat beserta dengan informasi yang dimasukkan. Tampilan warna striping juga akan terlihat. Klik pada warna motor yang sesuai dengan yang diinginkan.
Muncul daftar bagian-bagian mesin, kelistrikan, body dan lain-lainnya secara berkelompok. Misalkan ingin mengetahui harga kampas kopling produk yang diinginkan bisa dilihat dibagian Clutch (Kopling). Tentunya sebagian besar part akan dituliskan dalam bahasa inggris.
Kampas kopling ditandai dengan nomor 16. Dibagian Daftar Part (tengah) centang/pilih nomor 16. Dan setelah kembali ke Gambar, maka akan berubah warna part yang dipilih. Tekan Tambahkan part di daftar pilih.

 

 

Masuk kebagian Item Pilihan. Tekan Tampilkan stock dan harga. Apabila stock YA berarti anda bisa ke dealer yamaha terdekat untuk mencari part yang diinginkan. Aplikasi Part Yamaha ini sebenarnya belum bisa melakukan booking atau pemesanan part yamaha. Namun, untuk mengetahui ketersediaannya di bengkel resmi.
Datang ke bengkel resmi lalu tunjukkan part nya. Hal tersebut akan memudahkan front office yamaha untuk mencari part yang anda inginkan dan pesan.
Pilihan Simpan untuk menyimpan part yang telah dipilih. Gunakan nama yang sesuai dan tekan OK.
Daftar part yang telah disimpan telah muncul di daftar part yang disimpan.
Berikut diatas adalah garis besar fungsi aplikasi ini. Pastikan terdapat koneksi yang bagus, jika tidak maka akan muncul seperti ini…
Dengan adanya aplikasi ini, kalian jadi lebih mudah mengetahui keberadaan part motor untuk dijual kembali atau digunakan sendiri. Setelah mengetahui keberadaan part, kalian bisa cek ke Bengkel Resmi Yamaha terdekat di kota kalian untuk mengetahui stock part yang ada di bengkel tersebut.
Apabila tidak ada part yang diinginkan namun stock ada di aplikasi, biasanya bengkel akan menawarkan inden part. Slow moving part/fast moving maksimal akan datang dalam 2 minggu.
Selain untuk mengetahui keberadaan part motor, kita juga bisa mengecek daleman mesin yang ada di produk yamaha tersebut. Bagaimana jenis paket injektor, jenis kopling yang digunakan, daya aki yang dimiliki, ukuran gear dan lain sebagainya merupakan informasi yang sangat penting untuk memilih kendaraan sepeda motor.
Tambahan informasi, harga eceran sebuah part yang ada di aplikasi adalah harga yang direkomendasikan dijual oleh bengkel, apabila terjadi perbedaan harga yang lebih tinggi maka dapat melaporkan ke pihak Yamaha Pusat.
Sekian dari admin, semoga bermanfaat, see you next post.