Tips Aktifkan Paksa Arah Tata Letak RTL

  • Droidinside
  • Apr 29, 2022

Apakah kamu sudah pernah menemui menu paksa arah tata letak RTL ? Salah satu menu yang ada di opsi pengembang atau developer options ini memiliki fungsi yang unik. Yaitu akan mengubah posisi ikon, tulisan, menu toggle dan lain sebagainnya. Menu yang aneh ini sebenarnya akan membuat tampilan jadi kayak kebalik gitu. Lalu apa fungsi dan penjelasan menu tersebut? Droidinside berbagi untuk kamu.

Umumnya menu ini punya nama kayak gitu di ponsel Oppo dan Xiaomi. Kalau bahasa Inggris bernama Force RTL Layout Direction. Menurut admin, menu tersebut sangat mudah dipahami kalau berbahasa Inggris. Soalnya arah tata letak yang dipaksa atau istilahnya hasil terjemahan kurang enak dilihat.

Tulisan yang menjelaskan fungsi menu ini adalah “Paksa arah tata letak ke RTL untuk seluruh lokal” atau dalam bahasa Inggris “Force screen layout direction to RTL for all locales“. Dari penjelasan tersebut, admin sendiri juga belum mendapatkan maksud yang ditampilkan pada opsi pengembang tersebut.

Menurut admin sendiri, seharusnya menu tersebut bernama paksa tata letak tampilan Right To Left (kanan ke kiri). Barulah arti dan maksud menu tersebut jelas. Ternyata kata RTL itu adalah posisi dari kanan ke kiri. Posisi tata letak di ponsel android memang sih ada di kanan dan kiri.

Fungsi Menu aksa Arah Tata Letak RTL

Apa yang terjadi jika kamu mengaktifkan salah satu menu pilihan pengembang ini? Posisi ikon (baterai dan sinyal), toggle (tombol pada menu), dan tulisan akan dibalik posisinya dari kanan ke sebelah kiri. Termasuk tombol navigasi kembali yang awalnya di kanan akan menjadi di kiri maupun sebaliknya.

Jadi misalkan hp android kamu ikon notifikasi aplikasi di bagian atas layar yang umumnya di sebelah kiri. Akan berubah menjadi di kanan. Hal ini juga berlaku sebaliknya untuk ikon-ikon di sebelah kanan akan berubah menjadi di sebelah kiri. Seperti gambar ini:

cara pindah posisi baterai ke kiri

Jika kita melihat toggle/sebuah tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan menu tertentu berada di sebelah kanan. Itu akan berpindah ke sebelah kiri. Tulisan umumnya berada di posisi rata kiri, kini akan menjadi rata kanan. Perubahan ini akan dilakukan oleh sistem secara paksa (force). Cara pindah baterai ke kiri layar di ponsel android bisa dilakukan lewat mengaktifkan menu tersebut.

Manfaat Mengaktifkan Menu Paksa Arah Tata Letak RTL

Paling penting kamu akan mendapatkan tampilan tulisan dan tata letak ikon yang berbeda atau berkebalikan dari biasanya. Posisi kiri ke kanan maupun sebaliknya, mungkin akan membuat orang agak bingung mengoperasikan ponsel karena tidak biasa. Tapi bagi yang bosen dengan posisi/tampilan ikon yang biasanya bisa mencobanya. Memindah posisi sinyal dan baterai dari kanan ke kiri membutuhkan akses Root maupun Custom Firmware. Hanya dengan mengubah menu di opsi pengembang, hal tersebut tidak perlu kamu lakukan.

Bagi orang yang menggunakan kelompok bahasa Semit. Contohnya bahasa Arab dan Ibrani dimana tata letak tulisan dari kanan ke kiri. Mereka akan sangat terbantu dengan opsi paksa arah tata letak RTL tersebut. Mereka akan dimudahkan karena tulisan menjadi rata kanan sesuai dengan gaya penulisan bangsa mereka. Jika kita menemui ponsel jaman old, kayak Nokia Symbian dan Java, ketika diubah ke bahasa Arab. Maka tata letak ikon juga akan berubah menjadi rata kanan. Fungsi ini diperlebar di opsi pengembang pada ponsel android.

Opsi paksa arah tata letak RTL ini juga bisa membantu kita yang belajar bahasa Arab agar terbiasa memulai tulisan dan tata letak dari sebelah kanan. Bagi yang iseng, mungkin cara ini bisa juga buat ngeprank temen. Kayak hp nya rusak aja, supaya mau dijual murah. Hehehe. Bercanda saja.

Penutup

Apakah ada efek samping apabila menu paksa arah tata letak RTL diaktifkan? Sejauh ini admin menggunakannya pada beberapa aplikasi aman kok. Ya mungkin agak aneh aja gara-gara posisinya jadi kidal (lebih dominan posisinya di kiri). Aman untuk kegiatan sehari-hari dengan aplikasi komunikasi biasa.

Namun, pada beberapa kasus, hp akan jadi lemot (lag) saat opsi ini diaktifkan. Ditambah lagi, bisa saja paksa arah tata letak RTL membuat sebuah aplikasi Crash. Karena sistem melakukan “paksa” terhadap semua aplikasi yang dibuka oleh sistem, dipindahkan posisi-posisi ikon nya dari kanan ke kiri. Jadi apabila opsi ini diaktifkan, selalu berhati-hati karena bisa saja membuat aplikasi yang kamu buka mengalami Force Close akibat sistem melakukan pemaksaan tata letak.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.