Mengatasi Notifikasi Android Tidak Bunyi

  • Droidinside
  • Jun 11, 2022

Apakah kamu pernah mengalami notifikasi Android tidak bunyi dan tidak muncul? Biasanya kita mengandalkan notifikasi untuk mengetahui apakah ada pesan masuk atau tidak. Notifikasi biasanya memiliki tiga wujud, pertama dalam bentuk pop up berisi tulisan yang muncul dibagian atas ponsel. Kedua berwujud suara, dimana beberapa aplikasi memiliki nada yang berbeda bisa kita atur. Ketiga ada tambahan getar apabila diaktifkan. Jika notifikasi Android tidak muncul dan tidak berbunyi, maka ada yang salah dengan ponsel maupun aplikasi yang seharusnya memunculkannya. Bagaimana mengatasi masalah ini? Droidinside berikan beberapa tipsnya.

Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Bunyi Dan Muncul

Notifikasi tidak bunyi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Aplikasi yang sedang berjalan mengalami masalah, ponsel capek karena gak pernah di restart, mode diam atau tanpa suara diaktifkan, perizinan notifikasi tidak diaktifkan, aplikasi tidak aktif di latar belakang, penyimpanan terlalu penuh, hingga kesalahan software bisa terjadi. Beberapa langkah dibawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi notifikasi android tidak bunyi dan tidak muncul:

Mematikan Mode Hening/ Jangan ganggu

Cara mengatasi suara notifikasi tidak berbunyi adalah dengan membuat ponsel kembali dalam mode dering. Buka akses cepat ponsel Android kamu dengan usap layar dari atas ke tengah. Klik pada menu Hening/Diam. Sehingga menjadi tidak aktif. Karena pada saat mode diam/ senyap, hanya ada pesan tulisan, getaran, dan lampu notifikasi led. Apabila dinonaktifkan, suara notifikasi dari berbagai aplikasi maupun pesan akan kembali hidup.

notifikasi tidak bunyi

Mode Jangan Ganggu, Mode Tenang, (dengan ikon bulan sabit) juga perlu dimatikan (di klik). Karena mode ini akan mematikan notifikasi suara. Karena mode ini akan mematikan berbagai suara bahkan saat kamu mendengarkan musik.

Cek Koneksi Internet

Ketika sebuah aplikasi tidak bisa mengakses jaringan internet baik dari data seluler maupun Wifi. Notifikasi pesan tidak akan muncul dikarenakan faktor tersebut. Pastikan jaringan seluler kamu sekarang baik, bisa dicek dengan membuka Youtube. Kalau loading lama dan tidak bisa terbuka lancar, cobalah beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet. Cobalah beberapa cara lain agar internet bisa lancar.

Pastikan Perizinan Notifikasi Aktif

Buka Pengaturan atau Setelan ponsel kamu. Selanjutnya cari menu untuk pengelolaan aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak muncul notifikasinya. Cek bagian menu Notifikasi. Aktifkan semua tombol untuk notifikasi sebuah aplikasi. Misalkan notifikasi wa tidak bunyi, kamu perlu membuka Pengaturan Aplikasi Whatsapp. Selanjutnya pada menu notifikasi, pastikan semuanya hidup (enable).

suara notifikasi samsung tidak bunyi

Notifikasi Android tidak bunyi dan muncul bisa disebabkan karena tidak sengaja mematikan notifikasi pop up atau yang muncul di layar. Ketika notifikasi menampakkan dirinya, kita bisa menekan lalu menahan pesan tersebut. Akan ada pengaturan untuk mematikan notifikasi aplikasi tersebut. Ketika tidak sengaja kepencet, maka kamu harus mengaktifkan kembali di pengaturan notifikasi aplikasi.

Pastikan Nada Notifikasi Sudah Diatur

Seringkali karena kesalahan perangkat lunak/ software, suara yang muncul saat ada pesan menjadi hilang. Sehingga kamu perlu mengatur kembali untuk memilih nada notifikasi yang sesuai. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan ponsel Android kamu
  • Pilih menu pengaturan suara dan notifikasi
  • Atur nada untuk notifikasi pesan
  • Pilih nada yang singkat atau sesuai keinginan kamu

Apabila notifikasi Android tidak bunyi pada aplikasi Whatsapp, maka kita bisa mengaturnya agar bisa bersuara kembali. Langkahnya:

  • Buka Whatsapp
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Notifikasi
  • Pilih Nada Notifikasi
  • Sesuaikan dengan keinginan kamu mana nada yang dipakai

Itulah cara atur nada dering Whatsapp. Lakukan pengaturan untuk memilih notifikasi suara aplikasi lain misalkan Telegram. Aplikasi perpesanan/chat biasanya memiliki pengaturan tersendiri untuk memunculkan nada notifikasi khas milik mereka.

Matikan Penghemat Baterai Ponsel Dan Aplikasi

Salah satu penyebab mengapa notifikasi Android tidak bunyi adalah mode hemat daya, mode hemat baterai atau battery saver sedang hidup. Penghemat daya pintar yang biasanya ada di hp Android bisa kita matikan. Karena notifikasi dari berbagai aplikasi akan tertahan apabila mode ini aktif.

Kamu bisa mematikan mode ini dengan membuka akses cepat seperti mengusap layar dari atas ke tengah. Klik pada menu penghemat daya ultra/ penghemat baterai ultra/ penghemat daya super dan pilihan menu baterai lainnya. Ketika mode ini dimatikan, aplikasi akan bisa menggunakan daya baterai lebih banyak untuk bekerja di layar belakang dan memunculkan suara notifikasi kembali.

Aktifkan Data Latar Belakang

Saat sebuah aplikasi disetel untuk tidak dapat mengakses data latar belakang, maka notifikasi suara maupun pop up tidak akan muncul. Hanya ketika sebuah aplikasi tersebut dibuka oleh penggunanya, notifikasi baru masuk/muncul. Aktifkan data latar belakang sebuah aplikasi yang tidak muncul notifikasi tulisan atau suaranya. Melalui Pengaturan untuk mengelola aplikasi, kamu bisa melakukannya di hp Oppo, Xiaomi, Samsung, Infinix, Vivo, dan jenis ponsel lainnya.

Hapus Cache Aplikasi

Buka Pengaturan untuk pengelolaan daftar aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak muncul notifikasinya. Cek penyimpanan lalu hapus Cache. File sampah yang menumpuk bisa jadi menyebabkan notifikasi tidak muncul.

Instal Kembali Aplikasi

Karena kesalahan aplikasi, notifikasi Android tidak bunyi dan tidak muncul. Kamu bisa melakukan instalasi ulang. Langkahnya dengan membuka Play Store. Cari aplikasi yang ingin diuninstal. Klik Uninstal. Setelah beberapa saat, matikan ponsel lalu hidupkan lagi. Instal kembali aplikasi tersebut lewat Play Store.

Reset Atau Atur Ulang Ke Setelan Pabrik

Terjadinya bug atau kesalahan perangkat lunak menyebabkan notifikasi Android tidak bunyi dan tidak muncul pada aplikasi tertentu. Jalan terakhir apabila langkah-langkah diatas dinilai tidak menyelesaikan masalah kamu maka reset diperlukan. Hal ini akan menghapus semua data penyimpanan internal di ponsel Android kamu. Disarankan untuk Back Up data atau menyimpan file penting di penyimpanan diluar. Ini akan menghilangkan berbagai bug termasuk notifikasi Android tidak bunyi atau muncul.

Penutup

Tambahan informasi lagi, pastikan penyimpanan ponsel kamu lega. Pesan berisi tulisan penyimpanan hampir penuh, ruang penyimpanan hampir habis, tidak cukup ruang pada perangkat dan sejenisnya adalah penting untuk diperhatikan. Hapus berbagai file tidak penting agar lega dan sistem bisa berjalan dengan benar serta mengatasi notifikasi Android tidak bunyi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.