Fitur Nearby Share Google Untuk Berbagi Langsung Berkas | Droidinside

Fitur Nearby Share Google Untuk Berbagi Langsung Berkas

  • 3 min read
  • Okt 03, 2020
nearby share google

Nearby Share Google memungkinkan kamu berbagi file dengan perangkat android yang sama-sama menggunakan Google secara mudah.

Pernahkan kamu menggunakan Share It ? Atau pemilik ponsel Xiaomi sudah pasti tidak asing dengan MI Drop dan Share Me. Pengguna Iphone juga tidak asing dengan Airdrop. Sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk berkirim file dengan cepat tanpa kabel.

Google belum lama ini akhirnya mengeluarkan Nearby Share, sebuah aplikasi yang memiliki kesamaan fitur seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Lalu apa saja fitur ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Serba Serbi Nearby Share Google

Apa Itu Nearby Share/ Berbagi Langsung Milik Google ?

Sebuah fitur baru dari Google yang memanfaatkan Bluetooth, WIFi, atau NFC untuk berbagi atau berkirim berkas secara mudah. Fitur ini akan menyesuaikan diri dengan besarnya file yang dibagikan. Jika hanya file kecil, Bluetooth dimaksimalkan fungsinya dan untuk file besar akan menggunakan koneksi WIFI.

Menurut admin nih Google Telat ngasih ini fitur berbagi file. Meskipun di Play Store terdapat ratusan aplikasi berbagi file yang bisa didownload, namun aplikasi tersebut dimiliki oleh developer yang berbeda-beda. Dan tidak jadi satu, cenderung terpisah-pisah, meskipun kita bisa mudah menginstalnya sih.

Barulah kali ini secara resmi Google menyediakan fitur berbagi ini yang secara built-in atau satu paket dengan Google Services. Sebelumnya hanya untuk model Samsung dan Pixel High-End saja, namun sekarang bisa digunakan untuk seluruh Android yang menggunakan Google dengan Android 6.0 keatas (lewat pembaruan secara merata).

Fitur Nearby Share Google

Berbagi file bisa menjadi lebih mudah merupakan fitur yang dimiliki produk Google ini. Namun, Google mengatakan bahwa “Privasi Adalah Inti” dari fitur ini. Bahkan fitur ini tidak mengijinkan adanya pertukaran informasi kontak. Sehingga mengirim dan menerima file secara anonim bisa dipastikan aman.

Bayangkan jika kamu berada pada suatu tempat yang ramai. Orang-orang menghidupkan aplikasi Share It atau Share Me, lalu perangkatmu pasti akan kelihatan oleh banyak orang. Fitur Berbagi Langsung Google dapat menyembunyikan perangkat agar tidak terbaca oleh orang lain yang tidak dikenal jika sedang diaktifkan.

Fitur Berbagi Langsung ini juga dapat mengatur apakah selama proses pengiriman file menggunakan koneksi internet atau hanya Offline saja. Fitur ini yang tidak dimiliki oleh aplikasi berbagi file pihak ketiga lainnya.

Untuk bebeapa waktu kedepan, fitur Berbagi Langsung ini juga akan disematkan ke Google Chrome di PC. Sehingga mengirim file dari Android ke PC lebih mudah dan aman.

Cara Menggunakan Nearby Share Google

Fitur ini secara umum telah tersedia pada ponsel dengan OS Android 10. Umumnya ponsel baru keluaran tahun 2020 pertengahan sudah memiliki fitur ini. Pastikan kamu sudah login/masuk akun Google di ponsel kamu karena fitur ini menggunakan akun sebagai pengenal untuk berbagi file.

Perlu diperhatikan juga bahwa Berbagi Langsung menggunakan akses Lokasi, Bluetooth, dan Wifi (serta NFC jika ada ) untuk mendeteksi perangkat dan mengirim berkas. Jadi kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu

Mengaktifkan Nearby Share Google

  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Pilih Menu Google atau kelola akun Google kamu
  • Pilih Koneksi Perangkat
  • Pilih Berbagi Langsung
  • Aktifkan dengan Gulir pilihan paling atas
    mengaktifkan nearby sharing
  • Jika ada notifikasi untuk menghidupkan dan mengijinkan akses Lokasi, Bluetooth, Wifi/Hotspot maka berikan ijin saja

Setelah mengetahui lokasi Berbagi Langsung milik Google ini, kamu bisa mengubah akun email yang akan digunakan. Merubah nama perangkat dan mengatur apakah tersembunyi atau terlihat oleh perangkat dari nomor kontak. Lakukan Verifikasi nomor untuk penyiapan agar penggunaan Nearby Share Google bisa lancar digunakan.

Sebagai Perangkat Pengirim File

  • Buka File dari Galeri atau penyimpanan File Manajer yang akan dikirimkan. Bisa juga berasal dari aplikasi lain seperti Whatsapp, Twitter. Intinya adalah menggunakan fitur berbagi/Share
  • Klik Tombol Bagikan/Share
  • Klik Berbagi Langsung
  • Aktifkan Berbagi Langsung
    mengirim file dengan berbagi langsung

Tunggu proses berbagi langsung mendeteksi perangkat. Pilih perangkat yang akan dikirim file apabila sudah tersedia.

Sebagai Perangkat Penerima File

  • Hidupkan Nearby Share seperti langkah diatas
  • Tunggu proses pengirim memilih perangkat anda untuk dikirim file

Setelah menerima file selesai, kamu bisa menonaktifkannya. Namun dengan Nearby Share Google kamu tetap bisa menghidupkannya sambil melakukan multitasking untuk menerima file lagi. Berbeda dengan aplikasi pihak ketiga yang harus terus membuka aplikasi saat proses transfer file.

Tinggalkan Komentar!