Aktifkan Mode Sinar Matahari Xiaomi Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Des 29, 2020
mode sinar matahari xiaomi

Mode sinar matahari Xiaomi dirancang khusus untuk memaksimalkan kecerahan layar. Untuk menggunakan ponsel ini di bawah pancaran sinar matahari yang cukup terang kamu bisa menggunakannya. Bagaimana cara mengaktifkannya dan serba serbinya?

Biasanya kita mengenal Mode Gelap sebagai tampilan yang kekinian bisa digunakan pada semua ponsel yang tergolong baru. Ada juga mode kecerahan otomatis, yang akan berubah sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar. Namun pernahkah kamu mendengar mode sinar matahari Xiaomi ?

Fitur ini tersedia pada ponsel Xiaomi dengan MIUI 11 keatas. Namun tidak semua yang mendapat MIUI 11 dapat mengakses fitur ini. Menurut admin, fitur ini adalah untuk mengatasi jawaban masalah layar pada Xiaomi yang seringkali memiliki spesifikasi kecerahan layar yang kurang baik dibanding produk kompetitor.

Sebut saja seri Redmi 9 (9A, 9C) dan Redmi 8 (8A, 8A Pro) yang memiliki spesifikasi kecerahan layar 400 nit saja. Diikuti dengan rasio kontras yang hanya sedikit menyebabkan ponsel Xiaomi yang tergolong low end kurang cerah di bawah sinar matahari. Makanya mode sinar matahari Xiaomi benarbenar di rancang tahun-tahun sebelumnya untuk digunakan.

Untuk dapat menggunakan ponsel dengan baik dibawah sinar matahari, setidaknya kamu membutuhkan 800 nit untuk hasil yang jelas. Seperti pada Oppo Find X2 dan Mi 10 Ultra yang memang dikategorikan ponsel high end. Hal ini sebanding dengan Contrast Ratio yang dihasilkan. Kedua ponsel tersebut memiliki rasio kontras 5 juta : 1. Tidak seperti redmi Note 9 Pro yang hanya 1500:1 sehingga mungkin kurang baik digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Sebelum ada mode ini, beberapa ponsel Xiaomi yang admin temukan memang kurang baik jika digunakan pada outdoor kondisi panas. Untuk dapat menggunakan ponsel di kondisi panas matahari mode ini bisa kamu gunakan.

Cara Menggunakan Mode Sinar Matahari Xiaomi

Ponsel Xiaomi yang lahir dengan MIUI 12 umumnya sudah tersematkan fitur ini. Beberapa dengan MIUI 11 juga sudah dapat menggunakannya. Langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Tampilan
  • Tingkat Kecerahan
  • Matikan dahulu Kecerahan Otomatis
  • Klik Mode Sinar Matahari untuk mengaktifkannya (atau mematikan)
    mode sinar matahari

Kecerahan otomatis harus dimatikan terlebih dahulu. Saat mode yang dalam bahasa inggris bernama “Sunlight Mode” ini diaktifkan, kecerahan ponsel akan disetel paling tinggi. Jadi sangat cocok untuk kegiatan luar ruangan. Otomatis kecerahan akan menjadi maksimal tanpa harus mengotak atik bar kecerahan.

Lebih detailnya, disaat kondisi pencahayaan luar ruangan melewati 12000 Lux dalam 5 detik, kecerahan paling tinggi akan digunakan oleh sistem. Saat dibawah itu, kecerahan layar akan dikembalikan ke posisi dimana kecerahan manual diterapkan. Fitur ini menggunakan Ambient Light Sensor atau sensor cahaya untuk mendeteksi lingkungan sekitar.

Penutup

Beberapa pengguna mengalami masalah ketika mengaktifkan mode sinar matahari Xiaomi. Seperti layar menjadi kurang jelas atau tulisan menjadi abu-abu. Bisa saja ini merupakan Bug pada sistem. Meskipun begitu, tidak ada masalah pada penggunaan layar sendiri.

Hal ini bisa diatasi dengan mengubah skema warna menjadi standar, pada : Setelan – Tampilan – Skema Warna.

Sebagai tambahan, penggunaan kecerahan sangat tinggi untuk waktu yang lama tidak baik untuk layar ponsel. Seperti kasus Realme 6 yang mengalami Screen Bleeding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *