Tips Aktifkan Fungsi Mode Demo Di Android

  • 3 min read
  • Jul 29, 2021
mode demo di android

Droidinside memberikan informasi maksud dari Mode Demo di Android. Sebuah opsi atau pilihan menu yang muncul pada Developer Option atau Mode Pengembang.

Demo Mode jika dalam bahasa inggris ini juga merupakan salah satu fitur opsi pengembang selain Ukuran Log Buffer, Paksa GNSS Penuh, dan sejenisnya yang pernah dibahas oleh admin. Perlu kamu ingat, memang tidak semua opsi pengembang didalamnya memiliki fungsi signifikan untuk ponsel.

Tidak semua orang juga paham berbagai pilihan menu disana. Dan tidak boleh sembarangan klik atau mengaktifkan. Perlu informasi yang mendalam untuk menggunakan berbagai opsi pada ponsel Android tersebut. Lalu apa fungsi dari Mode Demo di Android ?

Arti Mode Demo Di Android

Pengembang perangkat lunak ponsel pintar atau Android memunculkan fungsi Mode Demo. Menurut sumber dari Developer Android, Demo Mode masuk dalam setelan umum pada opsi pengembang. Mode ini mempermudah buat mereka dalam melakukan Screenshot atau pengambilan gambar layar. Bisa juga cukup mampu membuat perekaman layar ponsel android berjalan layaknya ponsel tidak sedang digunakan.

Fitur ini hadir sejak versi Android 8.0 (Oreo). Bagi ponsel yang lebih jadul/lama dari versi ini gak bisa nyobain salah satu Opsi Pengembang yang tergolong unik.

Fungsi Mode Demo Di Android

Karena ketika mode ini diaktifkan, tampilan layar akan lebih bersih khususnya bagian notifikasi. Ponsel tidak akan memunculkan ikon-ikon kecil yang memuat pesan dari berbagai aplikasi. Yang bakal muncul hanyalah ikon sinyal, wifi, dan baterai serta jam.

Seluruh aktivitas yang memunculkan notifikasi di bagian atas layar ponsel akan dimatikan. Ketika Mode Demo diaktifkan, ikon notifikasi yang muncul hanya terdiam saja. Jam akan terhenti dan menunjukkan pukul 02.36 (pada beberapa ponsel bisa berbeda). Maka dari itu, semua tangkapan layar akan lebih bersih dari notifikasi bahkan peringatan baterai lemah.

Fitur ini digunakan untuk mereka yang sedang mencoba sebuah aplikasi, atau komponen pada android. Tanpa gangguan perubahan tata letak notifikasi, untuk hasil yang lebih baik. Sejalan juga buat kamu yang pengen merekam layar atau Screenshot layar (tangkapan layar). Gak ada lagi notifikasi mengganggu sehingga layar lebih bersih untuk membuat sebuah tutorial.

Hampir mirip seperti mode Jangan Ganggu, yang mematikan seluruh notifikasi kecuali yang diizinkan. Namun, perbedaannya Mode Demo di Android ikon status bar-nya nge-freeze atau diem aja. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang udah dijelasin admin diatas.

Cara Mengaktifkan Mode Demo Di Android

Tertarik buat nyoba fitur dari Opsi Pengembang ini? Itung-itung buat nyoba doang juga boleh. Cuma ya, bar notifikasi jadi diem aja. Perlu kamu ketahui bahwa untuk mengaktifkan Mode Demo ini, ponsel kamu harus bersistem android 8.0 (Oreo). Langkahnya:

  • Buka Settings/Pengaturan/Setelan ponsel kamu
  • Selanjutnya, cari pada Info/Tentang Telepon
  • Ketuk 7 kali pada Nomor Bentukan (atau Versi MIUI kalo pake Xiaomi) untuk mengaktifkan opsi pengembang
  • Cari di Pengaturan ponsel dengan kata kunci Demo (klik pada tombol pencarian di bagian atas)
  • Ketuk untuk mengaktifkan Mode Demo (Demo Mode)
  • Untuk mematikannya tinggal klik aja lagi toggle nya

Setelah diaktifkan, seluruh notifikasi ponsel akan jadi bersih. Tinggal jam, baterai, sinyal dan wifi saja. Itupun cenderung gak bergerak atau diam saja.

aktifkan mode demo android

Mengaktifkan opsi ini meskipun membersihkan seluruh notifikasi namun tidak benar-benar menghapusnya. Saat Mode Demo dinonaktifkan, semua di bar status akan kembali seperti semula kok. Cara lain untuk mengembalikan atau mematikan Demo ini adalah Hidupkan Ulang/Restart ponsel android milikmu.

Penutup

Selain dari pengaturan Opsi Pengembang yang Droidinside jelaskan jangan di utak-atik ya. Takutnya ponsel kamu malah jadi gak karuan, termasuk jangan sampai salah pencet.

Jangan coba-coba ke Hp temenmu juga lho. Nanti Hp nya dikira rusak karena gak ada notifikasi aplikasi sama sekali. Jangan dibuat usil heheh.

Mengaktifkan Demo Mode ini juga bisa dilakukan melalui Adb Installer dari komputer. Memang opsi-opsi ini dikhususkan mereka yang benar-benar mengerti seluk beluk sistem operasi Android. Tapi kita user biasa sudah pasti memaksimalkan penggunaannya tanpa banyak ribet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *