Solusi Mobile Legend Di MIUI 12 Lag Macet

  • 3 min read
  • Mar 27, 2021
mobile legend di MIUI 12

Apakah kamu merasakan game Mobile Legend di MIUI 12 (alias habis kamu update) malah gak bisa dimainkan dengan lancar ? Mungkin banyak pengguna ponsel Xiaomi yang merasakan hal ini terjadi pada game jebolan Moonton ini. Lalu apa saja yang menyebabkan dan bagaimana mengatasi masalah game Mobile Legend di MIUI 12 yang error ?

Penyebab Mobile Legends Error Di MIUI 12

Pembaruan perangkat lunak sebenarnya tujuannya adalah meningkatkan keamanan dan memberikan berbagai fitur baru. Akan tetapi mungkin pembaruan ini tidak begitu kompatibel dengan versi lawas sebuah aplikasi atau game.

Sebut saja dulu waktu awal Android 10 diluncurkan oleh Android dan disusul disematkan pada tiap brand ponsel. Pembaruan membawa dampak yang cukup signifikan, seperti penggunaan aplikasi Mobile Banking mengalami error/galat. Ternyata dari Bank penyedia aplikasi yang memang belum memperbarui aplikasinya sehingga tidak cocok di Android 10.

Hal ini juga bisa terjadi pada Game pada kasus ini adalah Mobile Legend. Beberapa survey yang admin lakukan pada pengguna, banyak diantara mereka pengguna Xiaomi seri di bawah 9. Seperti Redmi 8, 7, yang Note juga mengalami hal ini.

Beberapa masalah yang dialami pada game Mobile Legend (ML) diantaranya:

  • Tidak bisa buka game Mobile Legend setelah diinstal dari Play Store
  • Game Ngefreeze atau macet saat di Lobby atau saat ditengah permainan
  • Tampilan sering Ngeframe alias penurunan FPS (patah-patah) dan ngelag
  • Loading macet saat membuka game
  • Menghubungkan ulang terus menerus untuk beberapa waktu saat bermain
  • Frame mentok di 50 Fps

Apakah kamu merasakannya juga setelah Xiaomi kamu update ke MIUI 12 ? Dan terjadi di game Mobile Legend kamu ?

Cara Mengatasi Masalah Mobile Legend Di MIUI 12

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai masalah Mobile Legend diatas. Berikut beberapa solusi tersebut.

Unduh Mobile Legend Dari GetApps (Atau Pihak Ketiga Lain)

Karena versi dari Play Store sering bermasalah, beberapa pengguna berinisiatif untuk mencari alternatif download. Yaitu dengan menggunakan penyedia aplikasi pihak ketiga bawaan ponsel Xiaomi. Langkahnya:

  • Uninstal/hapus dulu aplikasi Mobile Legend kamu. Bisa dari Play Store atau dari layar, tekan dan tahan logo game ML. Klik Uninstal
  • Buka aplikasi GetApps dari ponsel Xiaomi kamu
  • Tekan di kolom pencarian di bagian atas
  • Ketik Mobile Legend
  • Klik pada Mobile Legends
  • Klik Dapatkan
  • Tunggu proses unduhan, instalasi dan mulai lah bermain game Mobile Legends
    atasi ml macet di miui 12

Kamu juga bisa mengunduh game Mobile Legend dari penyedia aplikasi lain. Bisa melalui QooApp, APKMirror, ApkPure dan lain sebagainnya. Pastikan pilih versi yang terbaru sesuai Play Store dan penyedia tersebut terpercaya. Ditandai dengan tanda centang atau Verified.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Perpindahan dari versi MIUI sebelumnya ke versi yang lebih baru memungkinkan adanya komponen aplikasi atau sistem mengalami Crash yang tidak terlihat. Hal ini dapat mempengaruhi performa bermain game sehingga membuat Lag dan masalah lainnya yang terjadi pada Mobile Legend di MIUI 12.

  • Buka Pengaturan
  • Cari Hapus Semua Data
  • Pilih untuk Reset Ke Pabrikan
  • Semua Berkas Telepon
  • Konfirmasi

Ponsel Xiaomi kamu akan dikembalikan ke pengaturan awal. Beberapa pengguna mereka telah mencoba dan hal ini dapat mengatasi masalah Mobile Legend Di MIUI 12.

Downgrade Ke Versi MIUI Sebelumnya

Untuk melakukan hal ini kamu bisa langsung membawa ponsel Xiaomi ke pelayanan MI Authorized Service di kota terdekat. Gratis apabila ponsel kamu masih dalam masa garansi, dan mungkin akan dipungut biaya 50-100k untuk diluar garansi.

Jika kamu sudah mengerti atau tahu proses downgrade. Lakukan atas dasar resiko sendiri. Versi MIUI yang tidak terlalu jauh dapat di downgrade. Misal dari MIUI 12.0.4 ke versi 12.0.3 dapat dilakukan tanpa proses Flashing dan Unlock Bootloader. Dan berhasil di beberapa ponsel saja (tidak semua).

Unduh versi firmware downgrade dari situs resmi. Setelah itu lakukan proses Downgrade dengan metode OTA atau melalui MI Assistant.

Penutup

Beberapa masalah Mobile Legend di MIUI 12 dapat diatasi dengan cara pertama. Tanpa harus cara yang lebih ribet seperti cara-cara selanjutnya.

Mengapa harus reset ke pengaturan pabrik, karena untuk membersihkan semua termasuk komponen game yang mungkin mengganggu proses sistem. Ini sering juga dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem seperti boros, atau ngelag setelah update.

Sampai saat artikel ini dirilis, mereka yang berganti ke Mobile Legends VNG atau versi Vietnam lancar-lancar saja bermainnya. Masalah Mobile Legend di MIUI 12 dapat dimungkinkan bermasalah dari Game nya yang belum kompatibel dengan MIUI 12. Atau memang MIUI nya yang tidak teroptimisasi untuk game ML.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *