Mengatasi Mi Turbo Charge Tidak Muncul

  • Droidinside
  • Apr 05, 2022

Pengguna hp Xiaomi dan Poco sangat risau apabila Mi Turbo Charge tidak muncul. Tulisan ini ada pada saat kamu mengisi daya ponsel dengan kepala cas yang mendukung 33 Watt atau lebih. Karena ikon pengisian disertai tulisan tersebut menandakan bahwa ngecasnya lagi cepet banget alias ngebut. Kalau simbol ini tidak muncul, dipastikan ngecas akan lebih lama dari biasanya. Teknologi fast charging yang mempercepat baterai penuh ini bisa mengalami kendala karena beberapa sebab. Bagaimanakah mengatasi masalah tersebut? Simak solusinya dari Droidinside untuk kamu dibawah ini.

Cara Mengatasi Mi Turbo Charge Tidak Muncul

Sebelum pada solusi penyelesaian, kamu mungkin perlu tahu apa yang menyebabkan Mi Turbo Charge tidak muncul atau pengisian daya cuma biasa saja. Salah satu yang paling penting adalah peralatan Charger baik kepala maupun kabelnya. Jika satu atau keduanya mengalami kerusakan, atau sudah usang dimakan waktu bisa jadi pengisian menjadi tidak lancar menyebabkan pengisian Turbo MI tidak aktif.

cara mengatasi fast charging xiaomi tidak berfungsi

Suhu ponsel juga bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Pada kondisi ponsel yang panas disertai kondisi lingkungan yang suhunya tinggi juga. Pengisian daya cepat akan dihentikan sementara hingga suhu normal. Karena panas pada baterai akibat ngecas dapat menurunkan kapasitas baterai akibat kerusakan sel di dalamnya. Selain itu beberapa penyebab lain akan admin sebutkan dalam tiap paragraf solusi. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

Menggunakan Kabel Dan Charger Ori

Disarankan untuk menggunakan kabel bawaan dari ponsel Xiaomi yang didapat dari kotak pembelian. Bahkan kabel dan kepala cas harus disesuaikan dengan tipe hp. Misalkan kalau pinjam dari ponsel Xiaomi lain yang sama-sama support Turbo Charging, ada kemungkinan besar logo pengisian daya Turbo tidak muncul.

Jika kabel dan cas dari bawaan sudah usang atau diperkirakan rusak. Kamu bisa mencoba meminjam cas dan kabel ponsel temen yang tipe hp nya sama. Untuk memastikan apakah rusak atau tidak. Jika memang logo Mi Turbo Charge tidak muncul lagi, berarti ada penurunan performa atau kerusakan pada kabel atau kepala cas. Adapun kalau sudah rusak, disarankan untuk membeli originalnya di MI Service Center. Disana kamu bisa membeli cas dan kabel yang sesuai dengan tipe hp Xiaomi atau Poco yang dimiliki.

Ganti Tema Ke Bawaan

Penyebab lain mengapa Mi Turbo Charge tidak muncul adalah animasi pada tema yang kamu terapkan di hp tidak mendukung. Jadi saat menggunakan tema tertentu, animasi Mi Turbo Charge terhalang sehingga tidak muncul. Cobalah ganti tema terlebih dahulu ke Default (Klasik) atau bawaan dan cek apakah sudah fix.

Urutan animasi pengisian pada ponsel Xiaomi yaitu: tanpa tulisan sama sekali (dibawah 18 Watt), muncul Pengisian Daya Cepat (18 Watt), dan Mi Turbo Charge/ Turbo Charge (33 Watt). Kalau tema gak support, biasanya animasi hanya sampai Pengisian Daya Cepat aja. Tapi untuk memastikan hal ini kamu juga perlu memperhatikan lama ngecasnya. Kalau terlalu lama dari biasanya bisa jadi bukan masalah tema, namun disebabkan penyebab lain.

Mengembalikan Setelan Skala Menggambar Di Opsi Pengembang

Ada beberapa pengguna yang ingin ponselnya lebih cepet dengan mengubah Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animator di hp Xiaomi mereka. Menu tersebut berada di Opsi Pengembang yang sebelumnya harus diaktifkan terlebih dahulu. Ternyata kelemahan dari setelan tersebut adalah bisa membuat Mi Turbo Charge tidak muncul. Khususnya jika ketiga setelan tersebut diubah menjadi mati atau 0,5x. Untuk itu, kembalikan dahulu setelan ini menjadi 1x agar animasi pengisian daya kembali normal.

Menghidupkan Ulang Ponsel

Cara simpel selanjutnya adalah mematikan hp Xiaomi kamu lalu menghidupkannya lagi. Selain sedikit menurunkan suhu ponsel, animasi yang nge-bug tidak bisa muncul akan diperbarui lagi sehingga normal kembali.

Reset Ke Pengaturan Pabrik Setelah Update

Ada bug aneh pada beberapa versi MIUI yang menyebabkan logo Mi Turbo Charge tidak muncul. Kejadian tersebut muncul setelah update seperti halnya naik versi Android. Bug yang terjadi salah satunya kegagalan sistem membaca arus pada pengisian daya. Sehingga bisa kejadian, logo Mi Turbo Charge hilang namun pengisian dengan kecepatan maksimal masih terjadi.

Ada juga yang logo tersebut tidak muncul juga disertai pengisian daya yang makin melambat dari biasanya. Solusinya adalah melakukan reset ke pabrikan pada ponsel Xiaomi jika terjadi setelah update.

Menggunakan Charger Merk Lain

Ada beberapa merek terkenal charger dan kabelnya seperti: Ugreen, Aukey, Baseus yang bisa kamu beli. Dengan spesifikasi pengisian daya 33 Watt atau lebih sesuai dengan kemampuan ponsel Xiaomi kamu. Namun mengganti kabel dan cas merk aftermarket tidak serta merta mengatasi masalah logo Mi Turbo Charge tidak muncul. Pada beberapa hp Xiaomi, kabel dan cas nya itu khusus sehingga bisa memunculkan logo. Masalah Turbo Charging Redmi Note 9 Pro tidak berfungsi karena bukan kabel ori. Kalau diganti merk lain, meskipun kecepatan dan speknya sama. Logo tersebut tidak akan muncul.

Penutup

Itulah beberapa solusi dalam mengatasi masalah logo Mi Turbo Charge absen yang sama seperti cara mengatasi Fast Charging Xiaomi tidak berfungsi, padahal sebelumnya normal saja. Suhu ponsel dijaga agar pengisian daya cepat bisa muncul (tidak terlalu panas). Pastikan menggunakan kabel data dan charger ori ya. Supaya awet dan logo tersebut bisa muncul seperti biasanya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.