Tips Atasi Messenger Tidak Bisa Terhubung

  • Droidinside
  • Jan 17, 2022

Droidinside berbagi cara mengatasi Messenger tidak bisa terhubung. Ditunjukkan dengan layar putih dengan tulisan “tidak terhubung” atau not connecting dalam bahasa Inggris. Terkadang pesan ini muncul tiba-tiba tanpa tahu beberapa penyebabnya. Sebagian ada yang ditunjukkan dengan gambar layar berwarna putih dengan gambar sinyal saja. Sebagian hanya tulisan yang muncul ketika akan mengirim pesan pada seseorang.

Sebagai salah satu aplikasi media sosial untuk terhubung ke orang lain, kamu mungkin membutuhkan aplikasi ini agar bisa berjalan dengan lancar. Lalu bagaimanakah tips atasi Messenger tidak bisa terhubung ini?

Cara Mengatasi Messenger Tidak Bisa Terhubung

Ada beberapa tips simpel yang mungkin bisa diterapkan oleh kamu. Sebagian masalah tersebut datang dari server sehingga mungkin kamu tidak bisa melakukan apapun karena memang eror dari sananya. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengatasi masalah Messenger yang tidak dapat terhubung:

1. Periksa Koneksi Internet

Pada saat aplikasi Messenger dibuka, aplikasi ini akan memuat data. Saat koneksi internet tidak lancar, maka masalah akan muncul. Ditandai dengan tidak dapat terhubung. Cobalah untuk mematikan koneksi internet, menghidupkannya lagi dalam beberapa saat. Atau menurunkan koneksi dari 4G menjadi 3G saja jika memang kondisi sinyal kurang mendukung.

2. Perbarui Aplikasi

Buka Play Store, kemudian pada kolom pencarian diatas ketikkan Messenger. Selanjutnya klik Update atau perbarui, ini akan memperbarui aplikasi ke versi yang paling baru. Kemudian buka lagi aplikasi Messenger, cek apakah masalah sudah terselesaikan. Salah satu cara mengatasi Messenger tidak bisa terhubung ini diebabkan oleh aplikasi yang sudah terlalu usang.

3. Hapus Data Aplikasi Messenger Dan Hidupkan Ulang Ponsel

Menghapus data sangat perlu dilakukan dalam jangka waktu beberapa bulan sekali. Penumpukan data pada aplikasi bisa saja membuat kesalahan terjadi. Misal saja kamu sering logout dan login aplikasi berkali-kali membuat sistem membaca kesalahan saat masuk akun. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan/Setelan ponsel kamu
  • Cari pengaturan Aplikasi
  • Klik pada Messenger
  • Rincian, hapus semua data atau bersihkan semua data
  • Setelah dibersihkan, jangan langsung login aplikasi Messenger
  • Hidupkan ulang ponsel terlebih dahulu
  • Barulah kembali untuk membuka aplikasi lalu login akun Messenger kamu

Salah satu masalah Messenger tidak terhubung adalah akun gagal logout/keluar ketika aplikasi dihapus datanya. Hal ini pernah dialami oleh admin. Pas selesai hapus data, eh Messenger gak mau muncul. Cuma layar putih dengan tulisan tidak ada koneksi internet dan beberapa tidak terhubung meskipun sudah di refresh (usap layar kebawah 1 kali). Maka dari itu, tunggu beberapa saat atau matikan ponsel dahulu agar sinkronisasi akun Messenger berjalan lancar.

4. Pengguna Lain Tidak Menginstal Messenger

Salah satu hal yang menyebabkan munculnya tulisan Messenger tidak bisa terhubung adalah teman Fb kamu tidak menggunakannya. Agar dapat saling mengirim pesan, kedua belah pihak harus sama-sama menggunakan Messenger. Jika lawan bicara menggunakan Facebook Lite, biasanya tulisan ini muncul juga. Tidak masalah jika memang tulisan tersebut ada, karena sekarang masih tetap bisa saling berkirim pesan.

5. Hapus Akun Facebook Lain Pada Messenger

Terkadang aplikasi Messenger mengalami galau/galat/kesalahan saat berpindah antar akun Facebook. Gagal logout dan login menyebabkan aplikasi mengalami kesalahan terhadap server. Akun kamu nyantol atau gak bisa logout sedangkan mencoba untuk berganti akun. Solusinya adalah dengan hapus data aplikasi Messenger layaknya cara diatas. Setelah itu, biarkan 1 akun saja yang login pada aplikasi Messenger. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengganda seperti App Cloner agar bisa membuka beberapa akun dalam aplikasi sama.

6. Akun Kamu Terkena Pembatasan Facebook

Banned dari Facebook adalah yang paling parah, dimana kamu tidak bisa membuka Messenger dan menggunakan media sosial tersebut layaknya biasanya. Biasanya karena akun terindikasi dibajak atau diretas oleh orang lain. Pesan Messenger tidak bisa terhubung akan ditunjukkan melalui layar putih tanda tidak ada sinyal. Untuk itu, kamu bisa coba ganti kata sandi Facebook dengan menambahkan verifikasi lainnya.

Penutup

Itulah cara mengatasi Messenger tidak bisa terhubung karena beberapa sebab yang telah dijelaskan diatas. Tambahan lagi, untuk tidak menggunakan Messenger Lite dan Messenger biasa secara bersamaan untuk satu akun. Jika ingin pindah akun, kemungkinan eror bisa terjadi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.