Menyembunyikan Status Bar Xiaomi Saat Terkunci Mudah | Droidinside

Menyembunyikan Status Bar Xiaomi Saat Terkunci Mudah

  • 3 min read
  • Nov 13, 2020
menyembunyikan status bar xiaomi saat terkunci

Kamu perlu tahu cara menyembunyikan status bar Xiaomi, karena bisa diakses dengan mudah bahkan pada saat ponsel terkunci. Ini seringkali dijadikan kesempatan anak-anak, untuk membuka Hotspot HP dari orang tua. Sehingga tanpa ketahuan, anak bisa Wifi an dari kuota orang tua.

Manfaat Status Bar Xiaomi

Bar notifikasi dan status bar Xiaomi biasanya dapat diakses dengan mengusap layar dari ujung atas ke bawah (bagian tengah). Bisa juga disebut Quick Access (akses cepat), kamu bisa mengubah berbagai pengaturan cepat pada ponsel ini.

Akses cepat biasanya berisi ikon-ikon yang merupakan tombol fungsi. Tombol-tombol berasal dari pengaturan, dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan cepat. Misalnya Wifi, Hotspot, Mode Hening, Senter, Kecerahan dan lain sebagainnya.

Fitur akses cepat membuat kamu lebih mudah membuka segala hal. Mengaktifkan Wifi atau Hotspot dapat dilakukan hanya dengan 1 kali ketuk tanpa perlu membuka pengaturan. Untuk mengubah pengaturan yang terkait ikon pada Quick Access biasanya dapat dilakukan dengan menekan dan tahan.

Biasanya langsung terbuka pengaturan yang terkait, semisal ingin mengubah Wifi. Menekan ikon Wifi dan menahannya beberapa saat akan membuka pengaturan Wifi dan kamu bisa ubah sesuai keinginan. Cara ini mungkin hanya berlaku pada MIUI 8 keatas.

Secara Default pada Xiaomi, akses cepat yang dibuka biasanya juga diikuti notifikasi dari berbagai aplikasi di bawahnya. Bisa berupa notifikasi pesan atau Whatsapp.

Namun, ada sedikit masalah privasi yang bisa menyerang kamu. Status bar milik Xiaomi ini dapat dibuka bahkan pada saat ponsel dikunci menggunakan pola/pin. Ini mungkin dapat berbahaya, karena seseorang dapat membuka akses cepat/status bar secara mudah hanya dengan mengusap layar dari atas.

Semisal ada orang iseng, ingin menghidupkan Hotspot ponsel kamu. Biar bisa Wifian gratis tanpa sepengetahuanmu. Bisa juga mematikan data, atau mengubah ponsel kamu menjadi mode pesawat. Bisa juga, karena ponsel kamu masukkan ke saku, bar notifikasi terbuka dan tidak sengaja tertekan sehingga mematikan fungsi penting pada ponsel Xiaomi.

Lalu bagaimanakah cara menyembunyikan Status Bar Xiaomi saat terkunci agar aman?

Cara Menyembunyikan Status Bar Xiaomi Saat Terkunci

Kamu perlu tahu dahulu versi berapa MIUI di Xiaomi kamu. Karena Xiaomi memiliki antarmuka yang berbeda-beda, seperti layaknya MIUI 7 sampai yang paling baru MIUI 12. Maka untuk caranya akan sedikit berbeda untuk menyembunyikan status bar Xiaomi tersebut:

Menyembunyikan Status Bar Xiaomi MIUI 10 Kebawah

Untuk mengamankan status bar Xiaomi pada MIUI 7 sampai 10 tidak ada pengaturan yang bisa digunakan untuk melakukannya. Cara paling simpel adalah dengan mengganti Tema Xiaomi kamu. Pada beberapa MIUI kamu diharuskan Log In akun MI terlebih dahulu untuk bisa akses aplikasi Tema. Jika bisa diakses tanpa harus masuk akun, kamu bisa langsung buka Tema.

Tentunya bukan sembarang Tema bisa kamu gunakan. Tema yang dapat mengamankan status bar Xiaomi MIUI 10 kebawah adalah disertai dengan Layar Kunci yang tidak biasa seperti gambar ini.

 tema sembunyikan status bar xiaomi miui 9

Kamu harus mencari jenis tema yang menggunakan model layar kunci yang tidak biasa (tidak hanya swipe/geser layar ke atas) untuk menyembunyikan status bar Xiaomi. Bisa dengan model buka dengan Tap(ketuk) atau geser ke kanan. Seperti Tema yang admin gunakan pada Redmi 4X dengan MIUI 9:

  • Run Away
  • Pro Light v.2
  • Starry Night
  • Chill
  • Note
  • Arum TT
  • Bloedroe TT
  • Kakek’ane ReDesign
  • Space And Dark dan lain sebagainya

Contoh-contoh tema tersebut bisa kamu cari pada pencarian Tema, unduh dan instal. Mungkin saja tema-tema tersebut tidak tersedia selain di MIUI 9. Sehingga kamu bisa mencari tema lain yang sejenis.

Tema harus punya mekanisme pembuka kunci yang berbeda dari biasanya. Pada MIUI 9 ke atas, kamu bisa ubah tema dengan meng custom sesuai keinginan kamu. Jadi bisa pakai pengunci layarnya saja, tapi ikon sistem sesuai keinginan kamu. Lagipula tema dengan pengunci ini cukup keren kok.

Menyembunyikan Status Bar Xiaomi MIUI 11 Keatas

Barulah pada versi MIUI ini ada sebuah pilihan dalam Setelan dimana kamu bisa mengamankan status bar Xiaomi. Sehingga tidak bisa lagi diakses meskipun dalam keadaan terkunci. Langkahnya buka:

  • Setelan
  • Notifikasi
  • Klik Notifikasi Layar Kunci
  • Klik untuk mematikan “Buka Bar Notifikasi Di Layar Kunci”
    saat terkunci akses cepat Xiaomi masih bisa

Dibawah pengaturan ini juga terdapat daftar aplikasi yang memiliki notifikasi. Kamu bisa memilih apakah aplikasi ini bisa memunculkan notifikasi pada layar kunci. Menyembunyikan status bar Xiaomi MIUI 11 keatas tampaknya lebih mudah ya.

Penutup

Dengan 2 cara di atas, kamu bisa menyembunyikan bar notifikasi Xiaomi saat terkunci. Sehingga kamu dapat mengamankan status bar Xiaomi dari kegiatan yang dapat mengubah fungsi ponsel secara sengaja maupun tidak. Meskipun layar sudah dikunci, Quick Access tidak akan dapat diakses.

Sayangnya, kamu tidak dapat menyembunyikan bar notifikasi Xiaomi saat terkunci. Di Android Pure seperti ponsel Xiaomi MI A1 atau MI A2 hal ini tidak bisa dilakukan. Mungkin update ke Android 10 dapat menyelesaikannya.

Tinggalkan Komentar!