2 Cara Menyembunyikan Aplikasi Dengan Mudah | Droidinside

2 Cara Menyembunyikan Aplikasi Dengan Mudah

  • 3 min read
  • Okt 25, 2020
menyembunyikan aplikasi dengan mudah

Apakah menyembunyikan aplikasi dengan mudah dapat dilakukan ? Mudah jika ponsel kamu dibekali antarmuka bawaan yang menyediakan fitur ini. Kalau tidak menggunakan UI ini bagaimana ?

Alasan Menyembunyikan Aplikasi

Manusia memang memerlukan privasi dalam hidup mereka dalam berbagai hal yang tentunya perlu kita hormati dan hargai karana hal tersebut merupakan hak yang dimiliki setiap manusia.

Ada berbagai alasan tentunya yang perlu dihormati yang membuat seseorang menyembunyikan aplikasi yang ada pada hp mereka, misalnya seperti demi keamanan data, urusan pribadi, atau hal lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dengan Mudah

Berikut langkah atau cara menyembunyikan aplikasi dengan mudah pada semua jenis merek hp yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Hp

Umumnya hp keluaran baru saat ini sudah memiliki fitur default atau bawaan untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara menggunakannya. Pada berbagai merek hp tentunya pengaturan bawaan untuk menyembunyikan aplikasi ini berbeda-beda namun pada dasarnya pengaturan tersebut kurang lebih sama.

Cara ini akan lebih gampang untuk ponsel yang menggunakan antarmuka/UI, dimana pasti selalu ada fitur untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah agar hanya dapat diakses oleh pengguna asli.

  • Cara menggunakan fitur bawaan hp untuk menyembunyikan aplikasi ini umumnya yakni dengan menekan lama pada layar homescreen hp
  • Kemudian akan muncul menu seperti wallpaper, tema, widget dan pengaturan layar depan
  • Pilih pada opsi pengaturan layar depan dengan ikon roda gigi atau gear tersebut
  • Nantinya kamu akan diarahkan pada pengaturan layar yang berisi berbagai hal untuk mengatur berbagai hal, dan biasanya pada menu tersebut kamu bisa menemukan pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi
  • Pilih opsi menyembunyikan aplikasi yang ada
  • Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, setelah itu pilih oke jika sudah memilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Keluar dari menu pengaturan dan cari aplikasi yang kamu sembunyikan tadi, pastinya aplikasi tersebut tidak bisa kamu temukan
  • Untuk menemukannya kamu harus menonaktifkan pengaturan hide aplikasi pada aplikasi tersebut terlebih dahulu dengan cara yang sama.

Dari blog ini kamu bisa belajar untuk tutorial menyembunyikan aplikasi pada ponsel Realme dan ponsel Xiaomi. Pada kedua ponsel ini, kamu akan diminta membuat sandi untuk akses aplikasi. Karena berhubungan dengan privasi, kamu akan diminta membuat kode sandi atau pola. Umumnya pada ponsel android, kode akses ini dibutuhkan. Berkenaan hanya pemilik yang mengetahuinya dan cara untuk membuka serta mengembalikan aplikasi yang tersembunyi.

2. Menggunakan Aplikasi Hide App

Berbeda dengan ponsel android yang menggunakan antarmuka bawaan. Pengguna ponsel dengan Android Stock/Pure/One akan kesulitan menyembunyikan aplikasi. Oleh karena itu, bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara selanjutnya ini yakni berguna apabila hp kamu tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga kamu tetap bisa menyembunyikan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi Hide App pada playstore kamu
  • Kemudian setelah terdownload dan terinstal, buka aplikasi tersebut
  • Jika muncul pop up menu Check ROOT Available, klik saja later karena kamu tidak memerlukan akses root untuk menyembunyikan aplikasi
  • Setelah itu pada bagian pojok kanan bawah kamu bisa menemukan menu dengan ikon tanda tambah, pilih ikon tersebut
  • Kemudian kamu akan diarahkan pada halaman yang memuat semua aplikasi yang terinstall pada hp
  • Centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, lalu pilih menu hide yang ada dibawah
  • Dengan begitu aplikasi yang kamu pilih tadi akan tersembunyi dari halaman menu hp kamu, dan untuk memunculkannya kembali kamu perlu menonaktifkannya terlebih dahulu pada aplikasi Hide App tadi agar aplikasi yang kamu sembunyikan tadi muncul kembali dan bisa kamu gunakan.\

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti App Hider, Hide Apps yang bisa dicari di Play Store untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Kamu juga harus mengerti versi android berapa yang kamu punya sehingga jangan kaget apabila aplikasi-aplikasi ini tidak bisa/kompatibel pada ponsel kamu. Lihat dahulu review pada aplikasi tersebut untuk mengetahuinya.

Tinggalkan Komentar!