Cara Mudah Mentransfer item Galeri yang tersimpan di Xiaomi Cloud

  • Android
  • Jun 28, 2023

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mengelola dan menyimpan item Galeri, seperti foto dan video, yang tersimpan di perangkat Anda? Xiaomi Cloud hadir sebagai solusi yang praktis dan andal untuk mengatasi tantangan ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan rinci tentang cara mentransfer item Galeri yang tersimpan di Xiaomi Cloud. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat mengalihkan koleksi Anda ke penyimpanan awan ini dengan mudah, sehingga memberikan aksesibilitas yang lebih baik dan menjaga keamanan data yang berharga.

Entah mengapa mimin dapat notifikasinya telat dari Xiaomi. Tetapi point intinya adalah File Foto dan Video yang tersimpan di Xiaomi Cloud akan terhapus secara permanent pada tanggal 31 Juli 2023. Berikut adalah detail yang baru mimin dapatkan beberapa jam yang lalu (email di kirim pada jam 04.51 28/06/2023)

Layanan Xiaomi Cloud

Pengguna Xiaomi Cloud yang terhormat,Kami sedang dalam proses menghentikan layanan sinkronisasi cloud untuk item Galeri. Untuk menghindari hilangnya data Anda, sebaiknya ikuti petunjuk di bawah ini untuk mentransfer atau mengunduh item Galeri Anda sesegera mungkin.

1. Mentransfer item yang disimpan di cloud ke Google FotoPertama, pastikan aplikasi Galeri Anda diperbarui ke versi terbaru (3.4.9.8). Di aplikasi, ketuk dialog di Halaman awal atau pemberitahuan di bagian atas layar untuk memulai proses transfer, lalu ikuti petunjuknya. Anda dapat mencadangkan semua foto dan video Anda ke Google Foto.

2. Mengunduh item yang disimpan di cloud ke perangkat AndaDi browser Anda, kunjungi i.mi.com, lalu ketuk ikon Galeri atau pilih menu tarik-turun di samping foto profil Anda. Ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh item Anda.Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat memilih salah satu opsi di atas.

Mulai 31 Juli 2023, kami akan berhenti menawarkan layanan transfer dan pengunduhan untuk item Galeri, dan sisa item Galeri yang disimpan di Xiaomi Cloud akan dihapus secara permanen. Untuk informasi selengkapnya tentang periode waktu penghentian layanan khusus di daerah Anda, kunjungi:

https://i.mi.com/announcement/stop_service?_locale=in_ID

Periode waktu penghentian layanan dan proses migrasi (berdasarkan daerah)

Negara dan daerah akan dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing tunduk pada periode waktu yang berbeda untuk penghentian layanan. Grup mana yang Anda ikuti bergantung pada daerah tempat Akun Xiaomi Anda terdaftar.

Grup 1:

Singapura, Indonesia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Malaysia, India

Grup 2:

Brasil, Turki, Meksiko, Kolombia, Mesir, Peru

Grup 3:

Negara dan daerah lain

*Layanan ini tidak akan dihentikan di Daratan Tiongkok untuk saat ini.

Periode waktu penghentian layananGrup 1Grup 2Grup 3
Opsi untuk menyinkronkan item Galeri ke Xiaomi Cloud tidak akan tersedia.Keanggotaan Xiaomi Cloud tidak lagi tersedia untuk pembelian. Keanggotaan yang ada akan dibatalkan dan jumlah nominal biaya keanggotaan terbaru akan dikembalikan.Opsi untuk mentransfer item ke Google Foto atau mengunduh data Anda akan tersedia di aplikasi Galeri.Sebelum 1 Desember 2022Sebelum 1 Januari 2023Sebelum 1 Februari 2023
Jendela untuk mentransfer item ke Google Foto akan ditutup, dan opsi untuk mengunduh data Anda akan dialihkan ke offline.Data Galeri yang disimpan di Xiaomi Cloud akan dihapus.31 Mei 202330 Juni 202331 Juli 2023

*Jadwal ini dapat bervariasi. Akan ada pemberitahuan di muka untuk jika ada perubahan.

*Harap diperhatikan bahwa transfer ke Google Foto tidak tersedia di beberapa negara dan daerah, untuk pelanggan beberapa penyedia layanan, dan untuk beberapa model perangkat. Dalam kasus ini, pengguna masih dapat mengunduh data mereka ke perangkat mereka.

Fase 1: 25 Oktober 2022 – 31 Juli 2023

Mulai 25 Oktober 2022 dan seterusnya, item Galeri tidak lagi dapat disinkronkan ke Xiaomi Cloud. Untuk info kapan perubahan ini akan berlaku untuk negara atau daerah Anda, lihat periode waktu penghentian Layanan di atas. Setelah waktu ini, keanggotaan yang ada akan dibatalkan dan jumlah nominal biaya keanggotaan yang terakhir kali Anda bayarkan akan dikembalikan.

Anda dapat memilih untuk mentransfer item Galeri yang disimpan di Xiaomi Cloud ke Google Foto, atau mengunduh data ini ke perangkat Xiaomi Anda. Setelah Anda mentransfer atau mengunduh data Galeri, Anda tidak dapat lagi menyinkronkan item Galeri ke Xiaomi Cloud.

Jumlah nominal biaya keanggotaan terakhir Anda akan dikembalikan sepenuhnya pada tanggal 31 Juli 2023, atau setelah Anda selesai mentransfer atau mengunduh data Anda. Anda dapat memeriksa status pengembalian dana Anda di i.mi.com.

Fase 2: 1 Agustus 2023

Pada fase kedua dari proses ini, sinkronisasi cloud untuk item Galeri akan dihentikan sepenuhnya. Anda tidak dapat lagi mentransfer item Galeri ke Google Foto atau mengunduhnya ke perangkat Anda. Semua data Galeri akan dihapus secara permanen dari Xiaomi Cloud. Namun, kami dapat menyimpan informasi jika diperlukan untuk mematuhi kewajiban hukum kami, menyelesaikan perselisihan, atau menegakkan perjanjian kami.

*Penghapusan keseluruhan data dari server Xiaomi Cloud dapat mengalami penundaan dikarenakan masalah teknis.

Mengekspor data Galeri dari Xiaomi Cloud

Kami akan memberikan dua pilihan bagi Anda untuk mengekspor data Galeri Anda dari Xiaomi Cloud.

transfer item to google foto

1. Transfer item Galeri dari Xiaomi Cloud ke Google Foto

Anda dapat dengan aman mentransfer data Galeri Anda yang disimpan di Xiaomi Cloud ke Google Foto, dan Anda dapat mengintegrasikan Galeri dengan Google Foto untuk mencadangkan foto dan video Anda langsung ke Google Foto. Setelah Anda mentransfer data ke Google Foto, Anda akan terikat oleh syarat dan ketentuan Google, termasuk namun tidak terbatas pada syarat dan ketentuan pembayaran dan perlindungan data.

Xiaomi tidak akan lagi bertanggung jawab atas data Anda setelah Anda mentransfernya ke Google Foto. Transfer data ini hanya akan didukung hingga tanggal akhir periode waktu. Google Foto menawarkan ruang penyimpanan 15 GB, yang digunakan bersama di Google Foto, Gmail, dan Google Drive. Pengguna yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan cloud dapat memanfaatkan uji coba perkenalan keanggotaan Google One.

Cara mentransfer data ke Google Foto

Anda akan menerima pemberitahuan di Galeri dan aplikasi Xiaomi Cloud mengenai penghentian layanan ini. Anda kemudian dapat memilih untuk memulai proses transfer data.

Anda juga dapat memulai proses transfer data secara manual di salah satu aplikasi ini:

  • Aplikasi Galeri: Permintaan halaman awal > Pindahkan ke Google Foto
  • Aplikasi Xiaomi Cloud: Lainnya > Transfer data

Setelah Anda memulai proses transfer, ikuti petunjuk berikut:

  1. Ketuk “Pindahkan ke Google Foto” atau “Transfer data”.
  2. Pilih Akun Google tempat Anda ingin mentransfer data.
  3. Baca Kebijakan Privasi Google dan Persyaratan Layanan Google One, lalu setujui syarat dan ketentuannya.
  4. Jika ruang penyimpanan yang disediakan cukup untuk mentransfer semua item Anda, maka transfer akan dimulai secara otomatis. Jika tidak cukup, Anda akan memiliki opsi untuk menerima uji coba perkenalan keanggotaan Google One atau meningkatkan ruang penyimpanan cloud Anda.
  5. Kembali ke aplikasi dan periksa status transfer.

Jika metode diatas tidak bisa semua atau muncul notifikasi Sync with the cloud is no longer avaliable. kalian bisa menggunakan metode selanjutnya yaitu melalui pengaturan galeri. panduannya di bawah ini :

backup is on google photos
  1. Buka Galeri (pastikan aplikasi Galeri Anda diperbarui ke versi terbaru (3.4.9.8)
  2. Masuk ke Menu (icon 3 titik di pojok kanan atas)
  3. Lanjut pilih Settings
  4. Kemudian lanjut pilih Google Photos backup
  5. Ketika muncul notifikasi Allow acces to Gallery pilih Allow
  6. Dilanjutkan dengan pilih Turn On Backup
  7. Jika ada notifikasi atau tulisan Backup is on seperti gambar diatas, maka proses backup sedang berjalan.
  8. Pastikan kamu memiliki koneksi yang stabil dan kuota yang banyak

*Harap diketahui bahwa foto dan video yang ditransfer tidak akan lagi mempertahankan struktur album dari album Galeri asli Anda (termasuk album pribadi) di Google Foto. Anda dapat mengaturnya kembali sesuai dengan kebutuhan Anda.

*Keanggotaan Google One mungkin tidak didukung bergantung pada negara/daerah, dan uji coba perkenalan tunduk pada persyaratan kelayakan dan kebutuhan transfer data pengguna (lihat persyaratan penawaran keanggotaan untuk penawaran 3 bulan 100 GB di sini). Catatan: Pengguna Xiaomi Cloud dengan kebutuhan penyimpanan yang lebih tinggi dapat menerima penawaran 1 bulan Google One dengan jumlah penyimpanan yang lebih tinggi.

2. Unduh data Xiaomi Cloud ke perangkat pribadi Anda

Anda juga dapat mengunduh data Galeri Anda yang disimpan di Xiaomi Cloud ke perangkat pribadi Anda. Unduhan data ini hanya akan tersedia hingga tanggal akhir periode waktu, setelah itu fitur ini tidak lagi didukung.

Bagaimana cara mengunduh data Xiaomi Cloud?

Kunjungi i.mi.com di browser Anda, lalu buka halaman unduhan dengan salah satu cara berikut:

  1. Ikon halaman awal Galeri
  2. Pemberitahuan halaman awal Galeri > Unduh item Galeri
  3. Menu tarik-turun foto profil > Unduh item Galeri

Setelah berada di halaman unduhan, ikuti petunjuk berikut:

  • Mulai pengunduhan. Baca pengantar yang relevan dengan cermat sebelum melakukannya.
  • Server Xiaomi Cloud kemudian akan mulai memproses permintaan pengunduhan Anda dan memproses data untuk Anda. Anda dapat keluar dari halaman ini selama periode pemrosesan.
  • Setelah pemrosesan selesai, Anda dapat mengunduh data ke perangkat pribadi Anda. Gunakan sandi yang ditampilkan pada halaman untuk membuka zip berkas yang disediakan.

*Masa berlaku untuk pengunduhan adalah 30 hari. Setelah Anda memulai proses, harap selesaikan unduhan dalam periode validitas. Pengunduhan tidak akan tersedia setelah tanggal kedaluwarsa.

Kesimpulan Mimin Droid

Jika kalian membacanya dengan seksama, mimin droid termasuk telat mendapatkan notifikasi tersebut, karena ponsel yg terdaftar di Indonesia itu masuk di Grub 1 dan grub satu paling lambat adalah di tanggal 31 Mei 2023. Dan mimin baru dapat notice hari ini pas posting artikel ini.

Untuk ponsel mimin yang masih di android 8 dan android 9. Galerinya masih di versi lama dan tidak dapat melakukan backup. Mencoba login di akun via website sudah tidak ada fitur backup. Mimin hanya bisa mengecek fitur gambar di bawah ini saja :

mi cloud via pc

Penutup

Dalam era digital yang terus berkembang, pengelolaan koleksi foto dan video menjadi semakin penting. Dengan mentransfer item Galeri yang tersimpan di Xiaomi Cloud, Anda dapat mengambil kendali penuh atas koleksi Anda. Xiaomi Cloud menyediakan penyimpanan awan yang aman dan andal, serta memungkinkan Anda mengakses koleksi Anda kapan saja dan di mana saja. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan dalam artikel ini, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Xiaomi Cloud untuk memudahkan akses dan menjaga keamanan koleksi foto dan video Anda. Jadi, jangan ragu lagi, mulailah mentransfer item Galeri Anda ke Xiaomi Cloud dan nikmati kemudahan serta keamanan yang ditawarkan oleh layanan penyimpanan awan ini.

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments