Cara Mudah Menonaktifkan Google Asisten Hp Realme

  • 2 min read
  • Sep 21, 2021
menonaktifkan google asisten hp realme

Droidinside berbagi cara menonaktifkan Google Asisten hp Realme, karena ponsel ini punya fitur khusus yang mengganggu. Kamu yang pertama kali memiliki ponsel Realme pasti akan kaget, ketika tombol power ditekan untuk mematikan ponsel. Malah membuka Asisten Google yang berfungsi untuk mencari apa yang kamu katakan.

Karena fitur yang dimiliki ponsel ini memang memudahkan penggunannya untuk membuka asisten Google. Tapi sebenarnya malah bikin ribet sih, karena sedikit berbeda dengan ponsel biasanya. Makanya muncul tutorial menonaktifkannya di ponsel Realme. Sebenarnya yang bikin masalah itu apa?

Fitur Tombol Power Untuk Membuka Asisten Google

Ketahuilah bahwa sejak ponsel Realme dapet update an ColorOS 7, ada fitur yang disematkan sampai sekarang. Yaitu mengaktifkan asisten Google seperti mengucap OK Google, sehingga Google Assistant terbuka. Ini membuat pengguna jadi agak bingung, soalnya ketika mau mematikan ponsel atau layar menjadi mode Sleep. Tidak sengaja malah membuka pencarian Google via suara tersebut.

Ini yang kemudian membuat pengguna kadang jengkel, sehingga perlu mengetahui cara menonaktifkan Google Asisten hp Realme. Fitur ini cenderung memudahkan, karena dengan menekan tombol power selama 0,5 detik asisten suara muncul di layar.

Tapi jika tidak sengaja tertekan, membuat pengguna merasa terganggu. Tujuannya ingin mematikan ponsel, keluar asisten tersebut membuat ponsel bergerak sendiri. Untuk itu diperlukan cara mematikan fungsi tombol power yang memunculkan asisten suara dari Google tersebut. Lalu bagaimana caranya?

Cara Menonaktifkan Google Asisten Hp Realme

Ponsel Realme sejak kedatangan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7 sampai yang paling baru menyematkan fitur alat serba guna. Fitur cerdas dan nyaman ini secara default mengaktifkan buka Google Assistant dengan tombol daya. Sehingga tombol daya berubah fungsi yang seharusnya untuk mematikan layar atau Shutdown, tapi berubah ke asisten suara.

Berikut ini cara untuk mengembalikan fungsi Tombol Power ponsel Realme, agar tidak membuka Google Asisten lagi:

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Pilih menu Alat Serba Guna. Sebagian ponsel Realme ada yang bernama Cerdas & Nyaman (Smart & Convenient)
  • Ketuk untuk menonaktifkan Buka Google Assistant Dengan Tombol Daya (Press And Hold The Power Button)
  • Atau pilihan menu nonaktifkan Tekan Terus Tombol Daya Selama 0,5 Detik
    google asisten muncul sendiri tombol power realme

Setelah kamu menonaktifkan Google Asisten hp Realme yang muncul dari tombol power tersebut, semuanya akan kembali normal. Tekan tombol power agak lama untuk mematikan daya ponsel. Dan 0,5 detik akan mematikan layar saja (mode Sleep) tanpa mengaktifkan Google Asisten.

Jika menu tersebut kamu aktifkan, asisten Google akan muncul ketika kamu menekan power sekitar setengah detik. Dan dibutuhkan tekan tombol daya selama 3 detik agar muncul pilihan Hidupkan Ulang dan Matikan Daya. Jika kamu kurang cepat menekan tombol daya (tujuannya buat Sleep) asisten Google akan muncul. Maka dari itu pengaturan ini seringkali menggangu pengguna.

Penutup

Itulah cara untuk menonaktifkan Google Asisten hp Realme yang muncul dari tombol daya. Google asisten bisa tetap kamu akses dengan menekan dan tahan tombol Home sampai muncul. Sekarang tidak perlu terganggu ketika tombol power tidak sengaja tertekan cukup lama, ponsel akan tetap sleep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *